LKS SMP KELAS VII(TUJUH) SEMESTER GANJIL

LEMBAR KERJA SISWA SMP SWASTA TELADAN  KELAS VII (TUJUH) 

OLEH : SAHAT SILVEIUS SIJABAT, S.Pd

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang maha Esa  karena atas rahmat-Nyalah saya dapat menyelesaikan lembar kerja siswa kelas VII (Tujuh) SMP ini dengan baik , terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu penulis dan terkhusus kepada bapak Liston Simangunsong, S.Pd, S.kom selaku Staff Khusus Perhimpunan Teladan Sumatera Utara  dan  Bapak Rolando Situmeang, S.Pd  selaku Kepala Sekolah SMP Swasta Teladan PTSU yang telah memberikan evaluating dan masukan pemikiran dan tata letak penulisan  yang sangat membangun agar hasil karya ini lebih baik lagi .
Tidak ada gading yang tak retak , demikian juga dengan penulisan lembar kerja siswa ini jauh dari kesempurnaan , oleh sebabnya penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar terbitan berikutnya dapat lebih baik lagi dan untuk kepentingan pendidikan  Bangsa Indonesia umumnya dan SMP Swasta Teladan  Pada khususnya.
Atas perhatian , dukungan , dan partisipasi berbagai pihak saya mengucapkan terimakasih semoga Lembar kerja  Siswa ini dapat bermanfaat buat kita semua.
Medan,      April 2017
Hormat Saya ,
Penulis


Sahat Silverius Sijabat, S.Pd








DAFTAR ISI
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………..
Bab 1. Geografi ………………………………………………………………………………
Bab 2. Sejarah ……………………………………………………………………………….
Bab 3 Sosiologi/ antropologi……………………………………………………....................
Bab 4. Ekonomi ………………………………………………………………………..…….
Daftar pustaka …………………………………………………………………………….…





BAB  1
(GEOGRAFI)
MEMAHAMI  LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA
Standar Kompetensi             : 1.       Memahami lingkunngan kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar               : 1.1.    Mendeskripsikan bentuk muka bumi, proses      pembentukan,dan dampak terhadap kehidupan
Indikator Pencapaian        :
1.1.1. Mengidentifikasikan bentuk bentuk muka bumi, daratandan dasar laut
1.1.2. Mendeskripsikanproses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk bentuk      muka bumi
1.1.3. Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung berapi.
1.1.3.Mendeskripsikan factor factor penyebabterjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan
1.1.4.Mendeskripsikan proses pelapukan
1.1.5.Mendeskripkanproses erosi dan factor factor penyebabnya dan dampaknya
1.1.6.Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
1.1.7. Mengidentifikasikan dampak positif dan negative dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta penaggulangannya.

Pertemuan 1
1.      Tenaga dari dalam bumi yang bersifat membentuk muka bumi disebut ....
a.       Tenaga  eksogen
b.      Tenaga  endogen
c.       Tenaga  biologis
d.      Tenaga  hidrologis
2.      Dataran rendah merupakan daerah dengan ketinggian ....
a.       0 - 200 meter
b.      100 - 500 meter
c.       500 - 1000 meter
d.      lebih dari 1000 meter
3.      Dasar laut yang menonjol yang memisahkan dua bagian yang lebih dalam disebut ....
a.       ambang laut
b.      palung laut
c.       paparan
d.      gunung laut
4.      Dasar laut yang dalam, sempit, berbentuk corong dan memanjang dengan kedalaman lebih dari 5000 meter disebut ....
a.       Ambang  laut
b.      Gunung  laut
c.       Palung  laut
d.      Lubuk  laut
5.      Bentuk permukaan bumi Indonesia terdiri atas perairan yang sangat luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi berupa ....
a.       jasa angkutan laut
b.      kehutanan
c.       perikanan
d.      pariwisata
6.      Permukaan bumi yang beragam dibentuk oleh dua kekuatan yaitu tenaga ....
a.       induktif dan deduktif
b.      dalam dan luar
c.       tektonik dan vulkanik
d.      endogen dan eksogen
7.      Bentuk muka bumi dipengaruhi tenaga endogen yang meliputi  ....
a.       tektonisme, vulkanisme, erosi
b.      tektonisme, seisme, vulkanisme
c.       sedimentasi, gempa bumi, erosi
d.      pelapukan, erosi, tektonisme
8.      Perhatikan keterangan berikut.
(1)   Tektonisme 
(2)   Sedimentasi 
(3)  Vulkanisme 
(4)   Erosi 
(5)   Seisme
(6)   Masswasting
(7)  Pelapukan
(8)  Gempa bumi
Tenaga alam terdiri atas tenaga endogen dan eksogen. Tenaga alam yang termasuk ke dalam tenaga eksogen adalah ....
a.       (1), (2), (3), (4)    
b.      (2), (4), (6), (7)    
c.       (3), (4), (5), (6)
d.      (4), (5), (6), (8)

9.      Keragaman bentuk muka bumi di pesisir pantai berupa daratan yang menjorok ke arah laut lepas disebut ....
a.       Cliff   
b.      Tombolo     
c.       Tanjung
d.      Teluk
10.  Kota-kota besar di Indonesia umumnya berada di ....
a.       dataran tinggi
b.      dataran rendah
c.       daerah perbukitan
d.      daerah pertambangan

Pertemuan ke 2

1.      Berdasarkan arah patahnya, patahan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu ....
a.       Patahan  divergen dan konvergen
b.      Patahan  vertikal dan patahan horizontal
c.       Pasifik dan Mediterania
d.      patahan heksagonal dan patahan diagonal
2.      Epirogenesis adalah pengangkatan jalur kerak bumi sehingga membentuk pegunungan yang berlangsung sangat............dan meliputi daerah yang sangat ..........
a.       cepat dan pendek
b.      cepat dan luas
c.       lambat dan pendek
d.      lambat dan luas
3.      Tenaga geologi yang bekerja di wilayah yang relatif sempit dan berlangsung relatif cepat adalah ....
a.       epirogenesis
b.      esterogenesis
c.       orogenesis
d.      ostoforosis
4.      Akibat lipatan terbentuk perbukitan yang disebut . . . .
a.       sinklinal
b.      antiklinal
c.       perenial
d.      fumarol
5.      Ilmu yang mempelajari gunung berapi disebut ....
a.       Vulkanologi
b.      Ekologi
c.       Seismologi
d.      Aksiologi
6.      Gunung api yang lerengnya landai sehingga menutupi satu daerah yang sangat luas disebut ....
a.       tipe gunung api perisai
b.      tipe gunung api kerucut
c.       tipe gunung api maar
d.      tipe gunung api strato
7.      Aktivitas vulkanisme menghasilkan bentukan berupa ....
a.       kerucut
b.      persegi
c.       bujur sangkar
d.      segitiga
8.      Gunung api perisai atau aspit, yaitu gunung api hasil erupsi efusif atau erupsi berupa ....
a.       coran
b.      cairan
c.       aliran
d.      batangan
9.      Bahan silikat pijar yang terkandung di dalam lapisan batuan (litosfer) dalam perut bumi disebut ....
a.       Lava     
b.      Lahar     
c.       Efflata
d.      Magma
10.  Gunungapi dapat dibedakan berdasarkan erupsinya. Sebagian besar pegunungan di Indonesia termasuk ke dalam tipe gunungapi ....
a.       Strato     
b.      Maar     
c.       Perisai 
d.      Rekahan 

Pertemuan ke 3

1.      Gejala alam vulkanisme yang termasuk ke dalam gejala alam pascavulkanik di antaranya adalah ....
a.       suhu udara di sekitar gunungapi  meningkat
b.      adanya sumber mata air panas
c.       peningkatan bau belerang
d.      terjadinya gempa-gempa kecil
2.      Letusan gunungapi dalam jangka waktu lama dapat memberikan dampak positif, di antaranya, yaitu ....
a.       mengurangi kesuburan lahan
b.      menelan korban jiwa
c.       menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana
d.      terbentuknya tenaga panas bumi (geothermal)
3.      perhatikan pernyataan berikut di bawah ini :
         Bentuk kerucut berlereng curam dan luas.
         Terdiri atas banyak lapisan.
         Letusan berganti-ganti antara lava asam, abu,dan lava pijar.
Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri dari gunung . . .
b.      perisai
c.       api kubah
d.      strato
e.       lava pijar
4.      Pergerakan magma memasuki celah-celah kulit bumi, namun tidak sampai naik ke permukaan bumi disebut ....
a.       intrusi magma
b.      erupsi magma
c.       ekstrusi magma
d.      diatrema
5.      Peristiwa keluarnya magma dari lapisan litosfer sampai ke permukaan bumi disebut ....
a.       Tektonisme
b.      Vulkanisme
c.       Erosi
d.      Gempa
6.      Daerah ini rawan gempa bumi, kecuali ....
a.       Kalimantan  
b.      Papua   
c.       Jawa
d.      Bali
7.      Pusat timbulnya gempa di permukaan bumi dinamakan ....
a.       Seismogram
b.      Tsunami
c.       Episentrum 
d.      Hiposentrum
8.      Alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa disebut ....
a.       Kartograf
b.      Seismograf
c.       Seismologi
d.      Vulkanologi
9.      Pusat timbulnya gempa di dalam lapisan bumi dinamakan ....
a.       Seismogram
b.      Episentrum
c.       Tsunami
d.      Hiposentrum
10.  Kekuatan gempa dapat dapat ditentukan dengan menggunakan skala ....
a.       Fahrenheit
b.      Richter  
c.       Celcius
d.      Newton






Pertemuan Ke 4

1.      Orang yang ahli dalam gempa bumi disebut ....
a.       kartografer  
b.      geografer    
c.       seismolog
d.      sosiolog
2.      Gempa yang bersifat  damaging earth quake ada pada kisaran ....
a.       6-7
b.      4-5      
c.       5-6
d.      3-4
3.      Gempa yang ditimbulkan akibat tumbukan lempeng-lempeng di litosfer kulit bumi oleh tanaga tektonik disebut ….
a.       gempa tektonik
b.      gempa vulkanik
c.       gempa bumi dalam
d.      gempa runtuhan
4.      Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan adanya gelombang air laut dalam volume besar yang dikenal dengan istilah ....
a.       gelombang tsunami
b.      gelombang badai
c.       gelombang pasang
d.      gelombang surut
5.      Batuan sediment yang susunan kimianya sama dengan batuan asli disebut ....
a.       batuan sedimen organik
b.      batuan sedimen fisik
c.       batuan sedimen klastis
d.      batuan sediment malihan
6.      Batuan beku yang berasal dari resapan magma di antara dua lapisan litosfer dan membentuk bentukan seperti lensa cembung adalah ....
a.       aposia
b.      diatrema
c.       batolit
d.      lakolit
7.      Pembentukan batu jamur (mushroom) di kawasan gurun terjadi akibat adanya proses ....
a.       sedimentasi    
b.      pelapukan     
c.       erosi
d.      masswasting
8.      Jenis batuan terdiri atas batuan beku, batuan sedimen, dan metamorf. Batuan di alam yang terbentuk karena perubahan suhu dan tekanan disebut batuan ....
a.       igneous rock   
b.      metamorf  
c.       beku
d.      sedimen
9.      Jenis batuan yang termasuk ke dalam kelompok batuan sedimen adalah ....
a.       Obsidian 
b.      Felsit   
c.       Andesit
d.      Sand  dunes
10.  Batuan sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari ....
a.       batuan beku atau zat padat yang mengalami erosi di tempat tertentu
b.      batuan cair atau zat cair yang mengalami abrasi di tempat tertentu
c.       batuan beku atau zat padat yang mengalami erupsi di tempat tertentu
d.      batuan beku atau zat padat yang tidak mengalami erosi di tempat tertentu


Pertemuan Ke 5

1.      Proses penghancuran batuan dengan bantuan makhluk hidup disebut ....
a.       Pelapukan  mekanis
b.      Pelapukan  kimia
c.       Pelapukan  fisika
d.      Pelapukan  biologis
2.      Bentuk endapan yang dihasilkan dari tenaga erosi organisme adalah ....
a.       Sand  dunes
b.      Karang  koral
c.       Kipas  aluvial
d.      Morena
3.      Tenaga eksogen berasal luar bumi yang secara umum bersifat merusak atau menghancurkan yaitu tenaga ....
a.       tektonik
b.      endogen
c.       vulkanik
d.      eksogen
4.      Tenaga eksogen yang mengubah bentuk muka bumi dipengaruhi oleh tiga proses, kecuali ....
a.       sedimentasi
b.      erosi
c.       banjir
d.      pelapukan
5.      Proses pembentukan delta di muara sungai dipengaruhi adanya ....
a.       Pelapukan   
b.      Gempa  bumi  
c.       Tektonisme
d.      Sedimentasi
6.      Erosi ditandai pengikisan lapisan tanah paling atas sehingga mengurangi tingkat kesuburan lahan disebut ....
a.       erosi percik    
b.      erosi lembar    
c.       erosi alur
d.      erosi parit
7.      Endapan lumpur akibat sedimentasi yang ada di sekitar muara sungai yang mendekati ke arah laut disebut ....
a.       beach 
b.      delta      
c.       tombolo
d.      cliff
8.      Perhatikan keterangan berikut.
         Pengikisan batuan menjadi ukuran yang lebih kecil.
         Susunan kimia batuan yang tidak mengalami perubahan.
         Adanya penyinaran matahari.
         Komposisi dari batuan tidak mengalami perubahan
Ciri-ciri tersebut termasuk ke dalam pelapukan secara ....
a.       biologis  
b.      fisik      
c.       kimiawi
d.      organis
9.      Akar tanaman dapat menerobos ke lapisan batuan. Akibatnya, batuan menjadi retak dan rapuh. Proses pelapukan seperti ini disebut pelapukan . . . .
a.       fisik
b.      organis
c.       kimia
d.      biokimia
10.  Yang  bukan  jenis sedimentasi berdasarkan penyebabnya ialah ....
a.       sedimentasi fluvial
b.      sedimentasi aeolis
c.       sedimentasi marine
d.      sedimentasi elips

1. Bagaimana pengaruh bentuk muka bumi terhadap kehidupan?
Jawab ; ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Berdasarkan proses keluarnya magma ada tiga macam erupsi magma.
    Sebutkan dan jelaskan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Tuliskan jenis jenis gunung berapi menurut bentuknya !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa yang dimaksud dengan sand dunes ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


5. Tuliskan minimal 5 dampak positif dan dampak negative dari letusan gunung berapi !
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6 .Apa yang dimaksud dengan Pelapukan ?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..




BAB 2
(SEJARAH)
MEMAHAMI  LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA
Standar Kompetensi             : 1.       Memahami lingkunngan kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                : 2.1.    Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
Indikator Pencapaian        :
2.1.1. Pengertian dan kurun waktu pra-aksara
2.1.2. Jenis jenis manusiaIndonesia yang Hidup pada Masa Pra-Aksara
2.1.3. Perkembangan kehidupan pada Masa pra-aksara
2.1.4. Peningalan –peningalan kebudayaan pada masa Pra-aksara
2.1.5. Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara

Pertemuan 6
11.  Ciri-ciri masyarakat pra aksara adalah, kecuali:
a.       Tidak mengenal tulisan
b.      Hidup secara nomaden
c.       Tidak memiliki kebudayaan
d.      Hidup bergantung pada alam
12.  Fosil adalah:
a.       Peninggalan sejarah yang telah membatu
b.      Sisa tengkorak manusia purba
c.       Sisa-sisa kebudayaan masyarakat pra aksara
d.      Tanda-tanda kehidupan masyarakat pra aksara
13.  Zaman batu dibagi menjadi beberapa zaman. Zaman batu yang tertua disebut:
a.       Megalithcum
b.      Mesolithicum
c.       Neolithicum
d.      Palaelithicum
14.  Pithecanthropus Erectus merupakan salah satu jenis manusia purba yang ditemukan di:
a.       Ngandong
b.      Wajak
c.       Trinil
d.      Sangiran
15.  Kebudayaan Bascon-Hoabin ditemukan di gua-gua di Asia Tenggara. Peninggalan kebudayaan ini ditemukan di daerah Indonesia, yaitu:
a.       Kalimantan Barat
b.      Sumatera Timur
c.       Sulawesi Selatan     
d.      Nusa Tenggara Timur
16.  Dolmen dan menhir merupakan peninggalan kebudayaan dari zaman:
a.       Batu tua
b.      Batu tengah 
c.       Batu muda            
d.      Batu besar
17.  Zaman logam di Indonesia dimulai pada:
a.       Zaman Tembaga
b.      Zaman Perunggu                         
c.       Zaman Besi
d.      Zaman Megalitikum   
18.  Masyarakat pra aksara hidup secara nomaden. Nomaden artinya:
a.       Bergantung pada alam
b.      Berpindah dari satu tempat ke tempat lain
c.       Mengumpulkan bahan makanan
d.      Berburu binatang
19.  Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari ....
a.       Yunan.
b.      Kamboja.
c.       Vietnam.
d.      India.
20.  Manusia purba yang ditemukan oleh  E. Dubois dinamakan ....
a.       Homo Wajakensis.
b.      Megantrhopus Paleojavanicus.
c.       Pithecanthropus Erectus
d.      Homo Solensis.
21.  Jenis manusia purba yang sudah mencapai tingkat kesempurnaan disebut ....
a.       Homo Soloensis.
b.      Homo Wajakensis.
c.       Homo Sapiens.
d.      Pithecantrhopus Erectus.
22.  Ciri utama kehidupan sosial manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan adalah ....
a.       Bersawah.
b.      Berpindah-pindah.
c.       Menangkap ikan.
d.      Menetap.
23.  Gambar di bawah ini disebut ....
a.       Kapak genggam.
b.      Kapak persegi.
c.       Kapak lonjong.
d.      Kapak corong.
24.  Pada masa lalu manusia purba memakan siput dan kerang yang kemudian kulitnya dibuang dan menumpuk kemudian membentuk bukit dalam waktu ratusan tahun. Bukit tersebut disebut ....
a.       Abris sous rosche.
b.      Dolmen.
c.       Menhir.
d.      Kjokkenmoddinger.
25.  Gambar dibawah ini  yang didirikan untuk menghormati roh nenek moyang disebut ....
a.       Menhir.
b.      Punden berundak-undak.
c.       Dolmen.
d.      Sarkofagus.

Pertemuan 7
1.      Berikut ini adalah alat dari batu yang berfungsi sebagai peti mayat yaitu ....
a.       Waruga.
b.      Sarkofagus.
c.       Arca.
d.      Menhir.
2.      Ciri utama alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian yaitu ....
a.       Terbuat dari bahan logam.
b.      Berfungsi sebagai pemujaan.
c.       Terbuat dari batu.
d.      Berfungsi sebagai hiasan.
3.      Zaman sebelum manusia mengenal tulisan (aksara) disebut....
a.       zaman palaeolithikum
b.      prasejarah atau pra-aksara
c.       prasasti
d.      fosil
4.      Berdasarkan benda-benda peninggalan zaman manusia purba, pembabakan zaman pra-aksara dibagi menjadi ....
a.       zaman sejarah dan zaman pra-aksara
b.      zaman perunggu dan zaman logam
c.       zaman batu dan zaman logam
d.      zaman plestosin dan zaman holosen
5.      Pada zaman batu muda, manusia sudah mengenal cara bercocok tanam. Cara hidup manusia purba tersebut disebut ....
a.       nomaden
b.      food producing
c.       food gathering
d.      Palaeolithikum
6.      Hasil peradaban manusia purba yang menjadikan gua-gua sebagai tempat tinggal disebut ....
a.       nomaden
b.      food producing
c.       food gathering
d.      abris sous roche
7.      Zaman kebudayaan batu besar pada pembabakan kehidupan manusia purba disebut ....
a.       Mesolithikum
b.      Megalithikum
c.       Mongoloid
d.      Neolithikum
8.      Gambar berikut merupakan alat peninggalan zaman Neolithikum yang disebut ....
a.       kapak corong
b.      kapak lonjong
c.       kapak persegi
d.      kapak genggam
9.      Fosil Pithecanthropus Erectus ditemukan pada 1890 di daerah ....
a.       Solo  
b.      Sangiran
c.       Trinil
d.      Ngandong
10.  Fosil Homo Soloensis ditemukan oleh ....
a.       E. Dubois,  von Reitschoten, dan  Ter Haar
b.      von Koenigswald, E. Dubois, dan  Ter Haar
c.       Oppenoorth, Dubois, dan  von Koenigswald
d.      Oppenoorth,  von Koenigswald, dan  Ter Haar

Pertemuan 8
1.      Pada zaman besi, manusia telah berhasil membuat benda-benda dari besi yang  membutuhkan teknik tertentu. Teknik yang dimaksud adalah ..., yaitu teknik peleburan dengan cara membuat model terlebih dahulu dari bahan sejenis lilin sebelum dituangi cairan logam.
a.       abris sous roche
b.      pengecoran
c.       a cire perdue
d.      food gathering
2.      Ilmu yang  mempelajari fosil tumbuhan, binatang, dan manusia disebut ....
a.       antropologi
b.      palaeoantropologi
c.       palaeoantologi
d.      biologi
3.      Dari sekian banyak suku bangsa Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, suku bangsa yang tergolong Proto Melayu ini, yaitu ....
a.       Suku Batak pedalaman, Suku Dayak, Suku Toraja, dan Suku Papua.
b.      Suku Tengger, Suku Banjar, dan Suku Toraja.
c.       Suku Sunda, Suku Jawa, Suku Bali, dan Timor.
d.      Suku Nias, Suku Dayak, dan Suku Papua.
4.      Gelombang kedua kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia yang berasal dari Yunan sekitar tahun 500 SM termasuk kelompok ....
a.       Mesolithikum
b.      Proto Melayu
c.       Deutro Melayu
d.      Austronesia
5.      Manusia purba yang rahangnya melebihi rahang gorila laki-laki adalah . . . .
a.       Homo sapiens
b.      Homo erectus
c.       Pithecanthropus erectus
d.      Meganthropus palaeojavanicus
6.      Nenek moyang bangsa Indonesia yang datang sekitar 1500 SM adalah . . . .
a.       Proto Melayu
b.      Deutero Melayu
c.       Melayu austronesia
d.      Australomelanesoid
7.      Menurut Teuku Jacob, manusia Ngandong merupakan keturunan langsung dari Pithecanthropus erectus yang kemudian dikenal dengan Homo . . . .
a.       sapiens
b.      soloensis
c.       wajakensis
d.      erectus
8.      Ilmu yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala untuk menyusun kembali kehidupan manusia dan masyarakat masa lampau ialah ….
a.       Paleontologi
b.      Antropolog i
c.       Geologi
d.      Arkeologi
9.      Kepercayaan bahwa segala suatu benda mempunyai kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup disebut ....
a.       Animinisme
b.      Totemisme
c.       Dinamisme
d.      Sosialisme
10.  Kepercayaan terhadap roh nenek moyang disebut ....
a.       Animisme 
b.      Toteisme
c.       Dinamisme
d.      Sosialisme
11.  Berikut ini yang tidak termasuk ciri kehidupan manusia purba masa berburu dan mengumpulkan makanan adalah ....
a.       hidup sudah menetap
b.      food gatering
c.       hidupnya berpindah-pindah
d.      hidupnya bergantung pada alam
12.  Alat yang digunakan manusia purba untuk menguliti hasil berburu,merimbas kayu, dan memecah tulang ialah ....
a.       kapak perimbas
b.      alat serpih
c.       kapak genggam
d.      kapak lonjong
13.  Kebudayaan logam di Indonesia berasal dari daerah ....
a.       Papua
b.      Jawa
c.       Dongson
d.      Yunan
14.  Berikut bukan merupakan pembabakan zaman prasejarah Indonesia, yaitu ....
a.       zaman berburu dan meramu
b.      bercocok tanam
c.       bertani dan berlayar
d.      perundagian
15.  Evolusi lingkungan purba dipengaruhi oleh ....
a.       perubahan kebudayaan dan iklim
b.      perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi
c.       perubahan iklim dan geologis
d.      perubahan permukaan laut

Pertemuan 9
1.      Sumber yang dapat menjadi petunjuk keadaan budaya manusia pada masa pra-aksara adalah ....
a.       prasasti
b.      dokumen
c.       perkakas dari batu
d.      keterangan dari pelaku
2.      Para ahli sejarah meneliti kehidupan manusia  zaman prasejarah melalui ... .
a.       tulisan-tulisan
b.      piagam-piagam
c.       fosil-fosil
d.      prasasti-prasasti
3.      Manusia besar tertua di Pulau Jawa disebut juga  ... .
a.       Pithecantrhropus Erectus
b.      Pithecanthropus Robustus
c.       Meganthropus Paleojavanicus
d.      Pithecanthropus Mojokertensis
4.      Jenis fosil berikut, yang tidak ditemukan di Pulau Jawa adalah ... .
a.       Homo Wajakensis
b.      Homo Soloensis
c.       Homo Pekingensis
d.      Meganthropus
5.      Pembuatan benda-benda megalith dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ... .
a.       sarana berburu
b.      sarana pertanian
c.       sarana pertukangan
d.      sarana pemujaan roh
6.      Yang bukan merupakan ciri-ciri kehidupan manusia prasejarah zaman neolithikum, yakni ...
a.       hidup menetap
b.      alat-alat terbuat dari batu dan kasar kasar
c.       mengenal pembagian kerja
d.      hidup bergotong-royong
7.      Pendukung kebudayaan neolithik di Indonesia adalah penduduk Nusantara, yakni orang ... .
a.       Melayu Tua
b.      Melayu Muda
c.       Melayu Melanesia (orang Papua)
d.      Orang Semang













8.      Bangunan di bawah ini adalah bangunan  ... .
a.       Arca
b.      Menhir
c.       Punden berundak
d.      Sarkofagus



9.      Alat ini  berfungsi sebagai sebagai alat upacara adat, alat ini disebut.......
a.       Bejana dan Moko
b.      Nekara dan bejana
c.       Nekara dan Moko
d.      Bejana dan Candrasa
10.  Yang  bukan merupakan ciri-ciri kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia menjelang zaman sejarah adalah ... .
a.       hidup menetap
b.      sudah mengenal perdagangan langsung
c.       masyarakatnya dipimpin seorang raja
d.      sudah mengenal teknologi

Pertemuan 10
1. Sebutkan tiga alat penghidupan zaman berburu dan mengumpulkan
makanan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2. Jelaskan tiga jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......
3. llmu yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala
untuk menyusun kembali kehidupan manusia dan masyarakat masa
lampau ialah ….
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai kekuatan yang dapat
memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam
mempertahankan hidup disebut ....
jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….



5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan dolmen, menhir, pudan berundak ?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....................




BAB  3
(SOSIOLOGI/ANTROPOLOGI)
MEMAHAMI  KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA
Standar Kompetensi             : 2.       Memahami kehidupan  Sosial Manusia
Kompetensi Dasar                : 2.1.     Mendeskripsikan Interaksi sebagai proses social
                                                  2.2.    Mendeskripsikan sosilisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
                                                  2.3    Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi social
                                                  2.4.   Menguraikan Proses Interaksi Sosial
Indikator Pencapaian        :
2.1.1. Pengertian Interaksi Sosial
2.1.2. Kaitan Intraksi social dengan proses social
2.1.3. Pengaruh interaksi social terhadap keselarasan social
2.2.1. Pengertian Sosialisasi
2.2.2. Faktor yang memmengaruhi soialisasi
2.2.3. Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
2.3.1. Syarat syarat terjadinya interaksi social
2.3.2. Bentuk bentuk Interaksi Sosial
2.4.1. proses social asosiatif
2.4.2. Proses Sosial Disosiatif
Pertemuan 11
26.  Manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Pernyataan ini menunjukkan bahwa manusia adalah ;
a.       mahluk sosial
b.      mahluk bergantung
c.       mahluk berkelompok
d.      mahluk tidak mandiri
27.  Proses di mana orang-orang yang menjalin kontak dan berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi dalam pikiran dan  tindakandinamakan
a.       Komunikasi
b.      Pertemuan
c.       Interaksi  sosial
d.      Komunikasi  sosial
28.  Agar interaksi dapat berlangsung dibutuhkan dua syarat yaitu:
a.       adanya kontak sosial dan komunikasi. 
b.      Adanya individu dengan individu
c.       Antara individu dengan kelompok
d.      Antara kelompok dengan kelompok
29.  Yang termasuk kontak sosial secara tidak langsung adalah
a.       berkenalan di depan kelas
b.      bersalaman ketika saling bertemu
c.       surat menyurrat
d.      bersapaan ketika bertemu
30.  Komunikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa isyarat disebut  dengan
a.       komunikasi non-verbal.
b.      komunikasi verbal
c.       komunikasi tidak langsung
d.      komunikasi isyarat
31.  Kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok atau masyarakat disebut
a.       Kedudukan
b.       Status 
c.       Posisi
d.       harga diri
32.  Suatu proses mempelajari kebiasaan dan tata kelakukan untuk menjadi bagian dari suatu masyarakat, disebut
a.       belajar hidup
b.      sosialisasi
c.       interaksi sosial
d.      belajar sosial
33.  Yang menjadi media sosialisasi adalah………
a.       Orang  tua
b.       Keluarga
c.       Lingkungan
d.      tempat tinggal
34.  Ciri atau watak yang khas dan konsisten sebagai identitas seorang individu, disebut
a.       Karakter
b.       ciri khas
c.       Kepribadian
d.       identitas
35.  Proses sosial di mana suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan lain tanpa Menyebabkan hilangnya bentuk kepribadian sendiri dinamakan
a.       Akulturasi
b.       akomodasi
c.       Kontroversi
d.      Interaks

Pertemuan 12

1.      Setiap orang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari karena ….
a.       manusia sebagai makhluk sosial
b.      manusia sebagai makhluk individu
c.       manusia saling membutuhkan
d.      manusia itu harus hidup bersama
2.      Suatu interaksi timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia disebut ….
a.       interaksi social
b.       proses sosial
c.       kontak social
d.       komunikasi
3.      Berikut ini merupakan contoh dari terjadinya proses interaksi sosial …
a.       dua orang anak saling bersalaman  dan saling berbicara
b.      orang Indonesia bertemu dengan orang Arab
c.       seorang laki-laki memperhatikan seorang gadis
d.      seorang anak sedang menelpon temannya
4.      Yang tidak termasuk faktor-faktor berlangsungnya proses interaksi sosial adalah ….
a.       Sugesti           
b.      Simpati
c.       Asimilasi
d.      Imitasi
5.      Jika seorang anak kecil melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya, kemudian anak tersebut mencoba melakukan apa yang telah ia lihat. Tindakan anak tersebut dinamakan ….
a.       Imitasi
b.      sugesti
c.       identifikasi
d.      simpati
6.      Proses sugesti akan terjadi dalam hal-hal berikut ini, kecuali ….
a.       kemampuan berpikir seseorang terhambat
b.      keadaan pikiran yang terpecah belah (bingung)
c.       ada orang yang berwibawa
d.      ketika anak melihat perilaku orang tuanya
7.      Keterlibatan seseorang dalam kehidupan masyarakat disebut ….
a.       interaksi social
b.      proses sosial
c.       peran social    
d.       status sosial
8.      Seorang anak mendapatkan pelajaran dari orang tuanya tentang sopan santun. Hal itu masuk dalam proses ….
a.       Demokrasi
b.      Nasionalisasi
c.       Sosialisasi
d.      Normalisasi
9.      Bagi orang tua dan masyarakat sosialisasi memiliki arti penting yaitu sebagai ….
a.       alat untuk memaksakan kehendaknya
b.      upaya untuk membatasi kebebasan
c.       sarana penciptaan norma baru
d.      untuk melestarikan nilai dan norma
10.  Dalam proses sosialisasi, yang memegang peranan paling penting adalah ….
a.       Keluarga
b.      Guru
c.       Teman
d.      diri sendiri

Pertemuan 13
1.      Tujuan dari proses sosialisasi adalah ….
a.       agar manusia tergantung pada yang lainnya
b.      membuat anak manja
c.       untuk membantu orang lain
d.      menjadi pribadi yang utuh
2.      Suatu proses sosialisasi akan dialami setiap orang ….
a.       selama bersekolah
b.      ketika memasuki remaja
c.       seumur hidup
d.      setelah lulus sekolah
3.      Bentuk interaksi sosial disebut asosiatif apabila ….
a.       menimbulkan perpecahan
b.      menuju pada perbedaan pandangan
c.       mengarah kepada kesatuan
d.      tidak terjadi kesamaan
4.      Bentuk kerjasama di dalam masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan nama ….
a.       Kooperasi
b.      Asimilasi
c.       Gotong royong
d.      Kontak sosial
5.      Suatu bentuk penyelesaian pertentangan oleh pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak disebut ….
a.       Arbitrasi
b.      kompromi
c.       Konsiliasi
d.      ajudikasi
6.      Dua orang yang bertemu kemudian terjadi interaksi sosial di antara mereka, berarti ....
a.       belum terjadi interaksi sosial sepanjang mereka belum berbicara
b.      belum terjadi interaksi social sepanjang mereka belum saling berkenalan
c.       sudah terjadi interaksi sosial
d.      hampir terjadi interaksi sosial
7.      Remaja yang meniru gaya berpakaian idolanya merupakan proses interaksi sosial dalam bentuk ....
a.       Sugesti           
b.      simpati
c.       Identifikasi
d.       imitasi
8.      Permasalahan dalam masyarakat dapat diselesaikan dengan mempelajari bentuk-bentuk ....
a.       interaksi social
b.      proses sosial
c.       kepribadian
d.      kehidupan sosial
9.      Seseorang yang semakin dewasa berusaha lebih aktif mengembangkan kemampuannya. Upaya-upaya untuk mengembangkan kemampuannya ini dilakukan melalui ....
a.       proses pendidikan
b.       proses sosialisasi
c.       tindakan komunikasi
d.       tindakan social

10.  Termasuk dalam proses disosiatif adalah ....
a.       kerjasama dan persaingan
b.      kerjasama dan akomodasi
c.       kerjasama dan kontravensi
d.      kontravensi dan persaingan

Pertemuan 14
1.      Proses belajar seorang anggota kelompok untuk mengenal, menghayati,dan berpartisipasi dalam kelompok di lingkungannya sehingga akan merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut disebut . . .
a.       Sosialisasi
b.      akomodasi
c.       asimilasi
d.      kontrovensi
2.      Status seseorang yang diperoleh secara otomatis berdasarkan kelahiran/turun-menurun ialah . . . .
a.       achieved status
b.       assigned status
c.       ascribed status
d.      signed status
3.      Usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan disebut . . . .
a.       kerja sama
b.      akomodasi
c.       asimilasi
d.      kontrovensi
4.      Bentuk proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan di antara orang-orang atau kelompok-kelompok manusia disebut . . . .
a.       kerja sama
b.      akomodasi
c.       asimilasi
d.      kontrovensi
5.      Proses sosial yang timbul apabila terjadi percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi disebut . . . .
a.       kerja sama
b.      akulturasi
c.       asimilasi
d.      kontrovensi
6.      Tindakan seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan,dan gaya hidup bahkan apa saja yang dimiliki orang lain disebut . . . .
a.       kerja sama
b.      akomodasi
c.       asimilasi
d.      imitasi
7.      Pengaruh, pandangan, atau sikap yang diberikan seorang individu terhadap individu lain kemudian diterima, dituruti, dilaksanakan tanpa berpikir lagi secara rasional disebut . . . .
a.       simpati atau empati
b.      akomodasi
c.       indentifikasi
d.      sugesti
8.      Berikut adalah faktor-faktor yang mempermudah proses asimilasi,kecuali . . . .
a.       toleransi
b.      sikap menghargai
c.       adanya musuh bersama dari luar
d.      sikap tertutup dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
9.      Tujuan akomodasi adalah seperti berikut, kecuali . . . .
a.       mengurangi pertentangan antarorang perorangan atau kelompok-kelompok manusia akibat perbedaan paham
b.      mencegah pertentangan
c.       mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah
d.      menimbulkan perbedaan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah



10.  Keikutsertaan merasakan apa  yang dirasakan orang lain disebut . . . .
a.       Simpati  atau empati  
b.       Akomodasi 
c.       Indentifikasi
d.       Sugesti

Pertemuan 15
1. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempermudah berlangsungnya
asimilasi?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Sebutkan tujuan dari proses akomodasi!
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



3. Proses asimilasi juga dapat terhambat karena sejumlah faktor. Sebutkanlah
faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat proses asimilasi!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempermudah berlangsungnya suatu
kerja sama?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Sebutkan dan jelaskan faktor pendorong terjadinya interaksi social dan sosialisasi secara kompleks !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………






BAB  4
(EKONOMI)
MEMAHAMI  USAHA MANUSIA MEMENUHI KEBUTUHAN
Standar Kompetensi             : 3.       Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhannya
Kompetensi Dasar                : 3.1.    Mendeskripsikan manusia sebagai mahlik social ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
                                                  3.2.    Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari hari
Indikator Pencapaian        :
3.1.1. Makna manusia sebagai mahlik social dan ekonomi
3.1.2. Ciri ciri manusia sebagai mahluk social dan mahluk ekonomi
3.1.3. Menerapkan atau mengaplikasiakan hubungan yang harmonis antara manusia sebagai mahluk social dan ekonomi yang bermoral
3.2.1. Tindakan ekonomi manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi
3.2.2. Tindakan ekonomi yang rasional
3.2.3. Pengertian motif dan prinsip ekonomi
3.2.4. Macam macam  motif dan prinsip ekonomi
3.2.5.  Penerapan/Aplikasi Kegiatan /Tindakan ekonomi sehari hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi.

Pertemuan 16
36.  Makhluk ekonomis artinya ….
a.       hemat
b.      pelit
c.       murah hati
d.      rasional
37.  Kata ekonomi berasal dari kata oikonomia yang berasal dari bahasa ....
a.       Inggris
b.      Latin
c.       Yunani
d.      Sansekerta
38.  Arti sempit dari ilmu ekonomi adalah ....
a.       Aturan     
b.      Rumah Tangga
c.       Aturan Rumah Tangga
d.      Ilmu tentang Aturan Rumah Tangga
39.  Contoh tindakan ekonomi yang rasional adalah . . . .
a.       menyumbang agar mendapat pujian
b.      belanja besar-besaran ketika ada diskon
c.       menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan
d.      menuntut kenaikan uang jajan kepada orang tua
40.  Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial (homo socious) adalah .....
a.       Menaati aturan
b.      Suka berkelompok
c.       Mencari kesejahteraan
d.      Suka menolong
41.  Ciri manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) adalah .....
a.       Menaati aturan
b.      Suka berkelompok
c.       Mencari kesejahteraan
d.      Suka menolong
42.  Berikut ini yang bukan merupakan ciri manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral adalah ....
a.       suka menghargai prestasi orang lain.
b.      menghargai hak-hak orang/kelompok lain.
c.       menganiaya  orang yang dianggap melanggar hukum.
d.      menghindarkan diri dari pergaulan bebas yang tak terbatas.
43.  Berikut ini yang bukan merupakan ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral adalah ...
a.       mencari nafkah dengan jalan yang khalal.
b.      memperdagangkan lukisan hewan yang dilindungi pemerintah.
c.       membudidayakan  hutan lindung  untuk kepentingan penelitian.
d.      melakukan penebangan kayu hutan secara illegal untuk menghidupi keluarga
44.  Sebagai makhluk hidup, manusia selalu membutuhkan orang lain. Keadaan manusia seperti ini disebut ....
a.       homo erectus
b.      homo economicus
c.       homo sapiens
d.      homo socius

45.  Jika kemampuan untuk memenuhi beberapa kebutuhan sekaligus terbatas,sesuai dengan prinsip  ekonomi, perlu diambil tindakan ....
a.       minta bantuan orang lain
b.      menunda pemenuhan kebutuhan
c.       menentukan prioritas pemenuhan kebutuhan
d.      tidak memenuhi kebutuhan



Pertemuan 17

1.      Untuk  mengatasi masalah keuangan, tindakan ekonomi yang paling baik ialah ....
a.       minta bantuan orang lain
b.      ikut judi
c.       pinjam rentenir
d.      bekerja untuk mendapat upah/gaji
2.      Ratna merupakan salah satu murid klas VII sebuah SMP. Selain pandai, ia juga anak yang soleh dan sukan membantu temannya yang membutuhkan. Menurutmu tindakan yang dilakukan Ratna adalah sebagai mahluk….
a.       religius
b.      ekonomi
c.       individu
d.      sosial
3.      Salah satu ciri manusia sebagai homo economicus yaitu manusia selalu….
a.       mementingkan kepentingan pribadi
b.      menolong kepentingan orang lain
c.       berbuat untuk mencari keuntungan
d.      melakukan kegiatan sosial
4.      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam mencapai ….
a.       kekayaan
b.      kehidupan
c.       kemakmuran
d.      kemiskinan
5.      Cara yang harus dilakukan manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada yaitu dengan ….
a.       menggunakan secara terus menerus
b.      menjual hasil sumber daya ke luar negeri
c.       menggunakan dengan efektif dan efisien
d.      menyisakan untuk kepentingan anak cucu
6.      Secara etimologis, ekonomi berarti...
a.       ilmu tentang rumah tangga
b.      ilmu tentang pemenuhan kebutuhan
c.       ilmu berdagang
d.      ilmu tentang jual beli
7.      Permasalahan ekonomi paling mendasar yang dihadapi oleh manusia adalah ....
a.       kebutuhan yang tidak terbatas dan alat pemuasnya terbatas
b.      kemiskinan
c.       ketidaktahuan
d.      kebutuhan yang  terbatas dan alat pemuasnya yang terbatas
8.      Kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut ….
a.       tindakan ekonomi
b.      prinsip ekonomi
c.       motif ekonomi
d.      usaha ekonomi
9.      Setiap orang yang melakukan tindakan ekonomi tentu memiliki alasan atau tujuan tertentu. Alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi disebut ....
a.       tindakan ekonomi
b.      tujuan ekonomi
c.       motif ekonomi
d.      asas ekonomi
10.  Manusia disebut mahluk sosial karena ….
a.       tidak dapat hidup sendiri
b.      tidak  pandai bergaul
c.       ingin memenuhi kebutuhan
d.      ingin kontak sosial dengan orang lain

Pertemuan 18

1.      Hakikat manusia sebagai mahluk ekonomi adalah manusia ingin ….
a.       melakukan kegiatan sosialnya
b.      memenuhi kebutuhannya
c.       melakukan kegiatan ekonomi
d.      berhubungan ekonomi dengan orang lain
2.      Kegiatan manusia dengan mendahulukan kepentingan masyarakat  dan menunda kepentingan pribadi, ini merupakan salah satu contoh tindakan ….
a.       ekonomi
b.      sosial
c.       pilihan
d.      kelompok
3.      Pernyataan yang tidak termasuk motif ekonomi ialah  ....
a.       keinginan menjadi juara kelas
b.      keinginan meningkatkan kesejahteraan sesama
c.       keinginan menimbun harta
d.      keinginan memenuhi kebutuhan keluarga
4.      Pak Deden membeli kepemilikan saham perusahaan-perusahaan kecil di daerahnya.
Motif Pak Deden adalah . . . .
a.       memperoleh kekuasaan ekonomi
b.      mencari keuntungan
c.       mencari laba
d.      sosial
5.      Perhatikan kegiatan konsumen di bawah ini!
1)      Seorang artis mengoleksi seratus pasangsepatu.
2)      Deni makan tiga kali sehari.
3)      Pak Ahmad menunaikan ibadah haji.
4)      Rini mendengarkan musik.
5)      Erwin menyumbang panti asuhan.
Yang memiliki motif untuk memperoleh kepuasan adalah . . . .
a.       1), 2), dan 3)
b.      3), 4), dan 5)
c.       2), 3), dan 4)
d.      1), 3), dan 5)
6.      Bu Nela adalah seorang pengusaha kosmetik. Produk kecantikannya diperoleh dari tanaman asli Indonesia. Oleh karena itu, Bu Nela membuka perusahaan baru yang bergerak di bidang perkebunan yang menanam bahan baku produk kosmetiknya.                                               Motif Bu Nela termasuk motif. . . .
a.       sosial
b.      mencari penghargaan
c.       memperluas kekuasaan
d.      mencari laba
7.      Pak Hadi bekerja dengan keras sehingga menjadi orang yang terpandang dan disegani banyak orang di kampungnya. Motif yang dimiliki Pak Hadi adalah ....
a.       keuntungan
b.      kekuasaan
c.       penghargaan
d.      kedudukan
8.      Pak Burhan berusaha membuka ”bengkel sepeda motor” di rumahnya   Kegiatan Pak Burhan tersebut didorong oleh keinginannya untuk menambah penghasilan/pendapatan keluarganya. Di samping itu, ia juga ingin mendidik anaknya agar mampu mengelola usaha secara mandiri. Pak Burhan juga ingin membantu menciptakan lapangan kerja bagi warga masyarakat di sekitarnya; serta ingin memakmurkan keluarga dan familinya. Motif apa saja yang dimiliki Pak Burhan?
a.       ekonomi, penghargaan, kekuasaan
b.      ekonomi, sosial, kedamaian
c.       sosial, kedamaian, pendidikan
d.      ekonomi, sosial, pendidikan
9.      Pak Agus seorang pengusaha meubel. Ia terus melakukan kegiatan promosi agar barang hasil produksinya laku di pasar. Tindakan pak agus ini merupakan kegiata manusia sebagai mahluk ekonomi yang dilakukan oleh….
a.       konsumen
b.      distributor
c.       produsen
d.      produksi
10.  Pak Agung membeli sebidang tanah untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang tinggi dari harga pembelian. Motif ekonomi yang mendasari pak Agung adalah untuk memperoleh ....
a.       keuntungan
b.      penghargaan
c.       kekayaan
d.      kekuasaan


Pertemuan 19

1.      Agus menyumbangkan baju yang tidak terpakai di Panti Asuhan dekat rumahnya. Motif ekonomi yang mendasari agus adalah memperoleh ....
a.       keuntungan
b.      penghargaan
c.       kekuasaan
2.      sosial Walaupun Pak Guntur sudah memiliki perusahaan yang banyak, beliau tetap berusaha mengembangkan usahanya menjadi perusahaan raksasa, hal tersebut didorong oleh motif ....
a.       memperoleh penghargaan
b.      mendapatkan kekuasaan
c.       memenuhi kebutuhan
d.      kepentingan sosial
3.      Kegiatan ekonomi yang yang didukung oleh motif ekonomi, salah satunya adalah ....
a.       hidup hemat
b.      berusaha mencari nafkah
c.       bekerja dengan tekun
d.      melakukan bakti sosial
4.      Seseorang yang yang bekerja mencari harta karena ingin dipandang masyarakat didorong oleh motif ....
a.       kemakmuran
b.      kekuasaan
c.       penghargaan
d.      berbuat  sosial
5.      Berikut ini yang tidak termasuk motif ekonomi adalah...
a.       menerima apa adanya
b.      ingin berkuasa di bidang ekonomi
c.       ingin mendapat penghargaan
d.      keinginan untuk berbuat sosial
6.      Pak Somad menjual ayamnya di pasar untuk memperoleh uang belanja bagi kehidupan keluarganya. Alasan yang menggerakkan Pak Somad menjual ayamnya disebut ....
a.       kegiatan ekonomi
b.      motif ekonomi
c.       prinsip ekonomi
d.      hukum ekonomi
7.      Motif yang mendorong seseorang dengan kesadarannya sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi disebut ....
a.       motif mencukupi kebutuhan hidup
b.      motif memperoleh penghargaan
c.       motif intrinsik
d.      motif ekstrinsik
8.      Contoh motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
a.       menawarkan barang dengan semurah mungkin
b.      keinginan untuk mendapatkan kemakmuran
c.       menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan
d.      menyusun skala prioritas kebutuhan
9.      Karakteristik orang yang melakukan prinsip ekonomi sebagai berikut,kecuali ....
a.       bertindak ekonomis
b.      memperhitungkan manfaat yang diterima
c.       mengikuti perkembangan jaman
d.      membuat urutan pemenuhan kebutuhan
10.  Dalam melakukan tindakan ekonomi, manusia selalu berpedoman pada  ....
a.       motif ekonomi
b.      motif nonekonomi
c.       prinsip ekonomi
d.      hukum ekonomi

Pertemuan 20
1.      Pernyataan yang bukan berdasarkan prinsip ekonomi ialah   ....
a.       memenuhi kebutuhan sesuai dengan kemampuan
b.      dengan pengorbanan yang minimal mendapatkan hasil maksimal
c.       mendapatkan hasil maksimal dengan berbagai cara
d.      dengan pengorbanan tertentu mendapatkan hasil maksimal
2.      Intan, seorang pelajar SMP, setiap hari ke sekolah harus menggunakan angkot karena rumahnya jauh dari sekolah. Dia pun harus makan di sekolah. Pada hari ini, dia mempunyai kebutuhan seperti berikut.
§  Majalah           Rp. 12.000,00
§  kaos kaki         Rp.   7.000,00
§  makan siang    Rp.   5.000,00
§  ongkos             Rp.   5.000,00
Uang Intan hanya Rp. 20.000,00. Rencana pembelian Intan yang baik adalah ....
a.       majalah,  kaos kaki
b.      makan siang, ongkos, kaos kaki
c.       makan siang, majalah, kaos kaki
d.      majalah, kaos kaki, ongkos
3.      Prinsip ekonomi muncul karena . . . .
a.       orang malas berusaha
b.      kemampuan terbatas, kebutuhan tidak terbatas
c.       orang ingin cepat kaya
d.      didorong oleh motif ekonomi
4.      Prinsip ekonomi produsen dilakukan dengan . . . .
a.       menguasai pasar
b.      menggaji karyawan serendah mungkin
c.       mengurangi bahan baku
d.      meningkatkan produktivitas
5.      Agar Boby dapat memenuhi kebutuhannya berdasarkan prinsip ekonomi, ketika membeli ia harus mengetahui dua hal penting yaitu . . . .
a.       harga dan produsen barang
b.      jumlah dan harga barang
c.       prioritas kebutuhan dan dana yang dimiliki
d.      citra produk dan harganya
6.      Berikut ini daftar kebutuhan Dewi:
1)      Buku tulisRp10.000,00
2)      AgendaRp  3.000,00
3)      CokelatRp  2.500,00
4)      Tugas kerajinanRp  5.000,00
Jumlah uang yang dimiliki Dewi Rp15.000,00. Rencana pembelian yang baik adalah . . . .
a.       tugas kerajinan, buku tulis, agenda, dan cokelat
b.      buku tulis, agenda, cokelat, dan tugas kerajinan
c.       buku tulis, agenda, tugas kerajinan, dan cokelat
d.      agenda, cokelat, tugas kerajinan, dan buku tulis
7.      Pernyataan ini sesuai dengan prinsip ekonomi, kecuali
a.       dengan korban sekecil-kecilnya, diperoleh hasil sebesar-besarnya.
b.      dengan korban tertentu, diperoleh hasil sebesarnya.
c.       untuk hasil tertentu, diupayakan korban sekecil-kecilnya.
d.      dengan korban tertentu, dicapai kepuasan maksimal.
8.      Dengan berprinsip-ekonomi, kegiatan manusia akan menjadi ...
a.       efisien.
b.      efektif.
c.       ekonomis.
d.      produktif.
9.      Pernyataan yang bukan merupakan contoh penerapan prinsip ekonomi bagi konsumen diantaranya adalah …..
a.       mencari informasi adanya promosi yang benar
b.      menyusun skala prioritas kebutuhan
c.       mengetahui jumlah barang serupa yang beredar
d.      membandingkan harga barang di beberapa tempat
10.  Menekan biaya bahan dan tenaga kerja merupakan penerapan prinsip ekonomi bagi .....
a.       Produsen
b.      Konsumen
c.       Distributor
d.      Pedagang
Pertemuan 21

1.      Melakukan suatu tindakan berdasarkan prinsip ekonomi bukanlah masalah yang ringan, karena ....
a.       menentukan suatu pilihan biasanya orang bingung
b.      tindakan itu mempunyai tujuan yang tidak jelas
c.       tindakan itu membutuhkan pengorbanan
d.      tindakan itu perlu dipikirkan baik-baik
2.      Meningkatkan kualitas barang merupakan salah satu tujuan penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan...
a.       pemasaran
b.      distribusi
c.       produksi
d.      konsumsi
3.      Tujuan penerapan prinsip ekonomi yang dilakukan oleh konsumen adalah...
a.       memproduksi barang dengan biaya produksi yang paling rendah
b.      memperoleh keuntungan sebesar-besarnya
c.       menentukan pilihan dengan skala prioritas
d.      memperoleh kepuasan yang setinggi-tingginya dari pendapatan yang dimilikinya
4.      Berusaha dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya disebut
a.       motif ekonomi
b.      tujuan ekonomi
c.       prinsip ekonomi
d.      tindakan ekonomi
5.      Tindakan ekonomi yang didasari prinsip ekonomi akan menghasilkan ...
a.       pemborosan
b.      efisiensi
c.       efektifitas
d.      ekonomis
6.      Dari berbagai kegiatan dibawah ini yang termasuk penerapan prinsip ekonomi adalah ,....
a.       menawar 
b.      tidak berbelanja
c.       memasak
d.      berolahraga
7.      Tindakan  Distributor berikut yang sesuai dengan prinsip ekonomi adalah ....
a.       menyalurkan barang ke tempat yang kekurangan barang
b.      menyalurkan barang ke daerah yang kelebihan barang
c.       menjual barang yang tahan lama
d.      menyimpan barang terlebih dahulu
8.      Orang yang bertindak ekonomis akan berusaha menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran. Sikap tersebut didasarkan pada ....
a.       motif ekonomi
b.      tujuan ekonomi
c.       prinsip ekonomi
d.      tindakan ekonomi
9.      Kegiatan perusahaan di bawah ini yang didasarkan pada prinsip ekonomi adalah ....
a.       menyebarkan brosur kepada konsumen
b.      memberikan hadiah undian kepada konsumen
c.       memproduksi barang dengan biaya murah
d.      menyalurkan barang ke konsumen
10.  Setiap berbelanja ke pasar Tuti selalu memilih barang yang kualitasnya bagus dan menawar harga barang, berarti Tuti telah melaksanakan ....
a.       prinsip ekonomi
b.      motif ekonomi
c.       tujuan ekonomi
d.      hukum ekonomi

Pertemuan 22
1. Apa saja kebutuhan manusia?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Mengapa tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3. Apa arti manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Apa pula arti manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apakah suatu kegiatan ekonomi tertentu selalu didasari motif ekonomi yang sama bagi setiap orang? Jelaskan.
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


6. Berikan lima contoh tindakan ekonomi yang kamu lakukan di rumah!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........

7. Mengapa kita harus menggunakan prinsip ekonomi?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
8. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari di rumah!
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..







9. Berikan contoh tindakan ekonomi yang memiliki lebih dari dua motif ekonomi!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10. Apakah prinsip ekonomi hanya dapat digunakan dalam kegiatan ekonomi? Jelaskan!
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………......................................................


Pertemuan 23
  1. Jelaskan perbedaan kebutuhan dan keinginan? Berikan contohnya!
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Sebutkan ciri-ciri tindakan ekonomi yang dilandasi oleh prinsip ekonomi?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Kemukakan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari- hari di rumah!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  1. Apa saja motif ekonomi? Sebutkan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  1. Berikanlah salah satu contoh dari motif ekonomi yang berupa motif membantu sesama manusia!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Berikan contoh tindakan ekonomi yang memiliki lebih dari dua motif ekonomi!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Daftar Pustaka
Sukirno,sadono. 1994 . Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta : Raja Grafindo
Mushlih,Ahmad, dkk.2014. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP KELAS VII. Jakarta  :  KEMENDIKBUD








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

Peta