LKS SMP KELAS VII(TUJUH) SEMESTER GANJIL
LEMBAR KERJA SISWA SMP SWASTA TELADAN KELAS VII (TUJUH)
OLEH : SAHAT SILVEIUS SIJABAT, S.Pd
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang maha Esa karena atas rahmat-Nyalah saya dapat
menyelesaikan lembar kerja siswa kelas VII (Tujuh) SMP ini dengan baik ,
terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu penulis dan terkhusus
kepada bapak Liston Simangunsong, S.Pd, S.kom selaku Staff Khusus Perhimpunan
Teladan Sumatera Utara dan Bapak Rolando Situmeang, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Swasta Teladan PTSU
yang telah memberikan evaluating dan
masukan pemikiran dan tata letak penulisan
yang sangat membangun agar hasil karya ini lebih baik lagi .
Tidak
ada gading yang tak retak , demikian juga dengan penulisan lembar kerja siswa
ini jauh dari kesempurnaan , oleh sebabnya penulis mengharapkan kritik dan
saran yang membangun agar terbitan berikutnya dapat lebih baik lagi dan untuk
kepentingan pendidikan Bangsa Indonesia
umumnya dan SMP Swasta Teladan Pada
khususnya.
Atas
perhatian , dukungan , dan partisipasi berbagai pihak saya mengucapkan
terimakasih semoga Lembar kerja Siswa
ini dapat bermanfaat buat kita semua.
Medan, April 2017
Hormat Saya ,
Penulis
Sahat
Silverius Sijabat, S.Pd
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………..
Bab 1. Geografi ………………………………………………………………………………
Bab 2. Sejarah
……………………………………………………………………………….
Bab 3 Sosiologi/
antropologi……………………………………………………....................
Bab 4. Ekonomi
………………………………………………………………………..…….
Daftar pustaka
…………………………………………………………………………….…
BAB 1
(GEOGRAFI)
MEMAHAMI LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA
Standar
Kompetensi : 1. Memahami lingkunngan kehidupan Manusia
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendeskripsikan bentuk muka bumi,
proses pembentukan,dan dampak
terhadap kehidupan
Indikator
Pencapaian :
1.1.1.
Mengidentifikasikan bentuk bentuk muka bumi, daratandan dasar laut
1.1.2.
Mendeskripsikanproses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk
bentuk muka bumi
1.1.3. Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung berapi.
1.1.3.Mendeskripsikan
factor factor penyebabterjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan
1.1.4.Mendeskripsikan
proses pelapukan
1.1.5.Mendeskripkanproses
erosi dan factor factor penyebabnya dan dampaknya
1.1.6.Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
1.1.7.
Mengidentifikasikan dampak positif dan negative dari tenaga endogen dan eksogen
bagi kehidupan serta penaggulangannya.
Pertemuan 1
1. Tenaga
dari dalam bumi yang bersifat membentuk muka bumi disebut ....
a. Tenaga eksogen
b. Tenaga endogen
c. Tenaga biologis
d. Tenaga hidrologis
2. Dataran
rendah merupakan daerah dengan ketinggian ....
a. 0
- 200 meter
b. 100
- 500 meter
c. 500
- 1000 meter
d. lebih
dari 1000 meter
3. Dasar
laut yang menonjol yang memisahkan dua bagian yang lebih dalam disebut ....
a. ambang
laut
b. palung
laut
c. paparan
d. gunung
laut
4. Dasar
laut yang dalam, sempit, berbentuk corong dan memanjang dengan kedalaman lebih
dari 5000 meter disebut ....
a. Ambang laut
b. Gunung laut
c. Palung laut
d. Lubuk laut
5. Bentuk
permukaan bumi Indonesia terdiri atas perairan yang sangat luas sehingga dapat
dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi berupa ....
a. jasa
angkutan laut
b. kehutanan
c. perikanan
d. pariwisata
6. Permukaan
bumi yang beragam dibentuk oleh dua kekuatan yaitu tenaga ....
a. induktif
dan deduktif
b. dalam
dan luar
c. tektonik
dan vulkanik
d. endogen
dan eksogen
7. Bentuk
muka bumi dipengaruhi tenaga endogen yang meliputi ....
a. tektonisme,
vulkanisme, erosi
b. tektonisme,
seisme, vulkanisme
c. sedimentasi,
gempa bumi, erosi
d. pelapukan,
erosi, tektonisme
8. Perhatikan
keterangan berikut.
(1) Tektonisme
(2) Sedimentasi
(3) Vulkanisme
(4) Erosi
(5) Seisme
(6) Masswasting
(7) Pelapukan
(8) Gempa bumi
Tenaga alam terdiri atas tenaga
endogen dan eksogen. Tenaga alam yang termasuk ke dalam tenaga eksogen adalah
....
a. (1),
(2), (3), (4)
b. (2),
(4), (6), (7)
c. (3),
(4), (5), (6)
d. (4),
(5), (6), (8)
9. Keragaman
bentuk muka bumi di pesisir pantai berupa daratan yang menjorok ke arah laut
lepas disebut ....
a. Cliff
b. Tombolo
c. Tanjung
d. Teluk
10. Kota-kota
besar di Indonesia umumnya berada di ....
a. dataran
tinggi
b. dataran
rendah
c. daerah
perbukitan
d. daerah
pertambangan
Pertemuan ke 2
1. Berdasarkan
arah patahnya, patahan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu ....
a. Patahan divergen dan konvergen
b. Patahan vertikal dan patahan horizontal
c. Pasifik
dan Mediterania
d. patahan
heksagonal dan patahan diagonal
2. Epirogenesis
adalah pengangkatan jalur kerak bumi sehingga membentuk pegunungan yang
berlangsung sangat............dan meliputi daerah yang sangat ..........
a. cepat
dan pendek
b. cepat
dan luas
c. lambat
dan pendek
d. lambat
dan luas
3. Tenaga
geologi yang bekerja di wilayah yang relatif sempit dan berlangsung relatif
cepat adalah ....
a. epirogenesis
b. esterogenesis
c. orogenesis
d. ostoforosis
4. Akibat
lipatan terbentuk perbukitan yang disebut . . . .
a. sinklinal
b. antiklinal
c. perenial
d. fumarol
5. Ilmu
yang mempelajari gunung berapi disebut ....
a. Vulkanologi
b. Ekologi
c. Seismologi
d. Aksiologi
6. Gunung
api yang lerengnya landai sehingga menutupi satu daerah yang sangat luas disebut
....
a. tipe
gunung api perisai
b. tipe
gunung api kerucut
c. tipe
gunung api maar
d. tipe
gunung api strato
7. Aktivitas
vulkanisme menghasilkan bentukan berupa ....
a. kerucut
b. persegi
c. bujur
sangkar
d. segitiga
8. Gunung
api perisai atau aspit, yaitu gunung api hasil erupsi efusif atau erupsi berupa
....
a. coran
b. cairan
c. aliran
d. batangan
9. Bahan
silikat pijar yang terkandung di dalam lapisan batuan (litosfer) dalam perut
bumi disebut ....
a. Lava
b. Lahar
c. Efflata
d. Magma
10. Gunungapi
dapat dibedakan berdasarkan erupsinya. Sebagian besar pegunungan di Indonesia
termasuk ke dalam tipe gunungapi ....
a. Strato
b. Maar
c. Perisai
d. Rekahan
Pertemuan ke 3
1. Gejala
alam vulkanisme yang termasuk ke dalam gejala alam pascavulkanik di antaranya
adalah ....
a. suhu
udara di sekitar gunungapi meningkat
b. adanya
sumber mata air panas
c. peningkatan
bau belerang
d. terjadinya
gempa-gempa kecil
2. Letusan
gunungapi dalam jangka waktu lama dapat memberikan dampak positif, di
antaranya, yaitu ....
a. mengurangi
kesuburan lahan
b. menelan
korban jiwa
c. menimbulkan
kerusakan sarana dan prasarana
d. terbentuknya
tenaga panas bumi (geothermal)
3. perhatikan
pernyataan berikut di bawah ini :
•
Bentuk kerucut berlereng curam dan
luas.
•
Terdiri atas banyak lapisan.
•
Letusan berganti-ganti antara lava
asam, abu,dan lava pijar.
Pernyataan di atas merupakan
ciri-ciri dari gunung . . .
b. perisai
c. api
kubah
d. strato
e. lava
pijar
4. Pergerakan
magma memasuki celah-celah kulit bumi, namun tidak sampai naik ke permukaan
bumi disebut ....
a. intrusi
magma
b. erupsi
magma
c. ekstrusi
magma
d. diatrema
5. Peristiwa
keluarnya magma dari lapisan litosfer sampai ke permukaan bumi disebut ....
a. Tektonisme
b. Vulkanisme
c. Erosi
d. Gempa
6. Daerah
ini rawan gempa bumi, kecuali ....
a. Kalimantan
b. Papua
c. Jawa
d. Bali
7. Pusat
timbulnya gempa di permukaan bumi dinamakan ....
a. Seismogram
b. Tsunami
c. Episentrum
d. Hiposentrum
8. Alat
yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa disebut ....
a. Kartograf
b. Seismograf
c. Seismologi
d. Vulkanologi
9. Pusat
timbulnya gempa di dalam lapisan bumi dinamakan ....
a. Seismogram
b. Episentrum
c. Tsunami
d. Hiposentrum
10. Kekuatan
gempa dapat dapat ditentukan dengan menggunakan skala ....
a. Fahrenheit
b. Richter
c. Celcius
d. Newton
Pertemuan Ke 4
1. Orang
yang ahli dalam gempa bumi disebut ....
a. kartografer
b. geografer
c. seismolog
d. sosiolog
2. Gempa
yang bersifat damaging earth quake ada
pada kisaran ....
a. 6-7
b. 4-5
c. 5-6
d. 3-4
3. Gempa
yang ditimbulkan akibat tumbukan lempeng-lempeng di litosfer kulit bumi oleh
tanaga tektonik disebut ….
a. gempa
tektonik
b. gempa
vulkanik
c. gempa
bumi dalam
d. gempa
runtuhan
4. Gempa
yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan adanya gelombang air laut dalam
volume besar yang dikenal dengan istilah ....
a. gelombang
tsunami
b. gelombang
badai
c. gelombang
pasang
d. gelombang
surut
5. Batuan
sediment yang susunan kimianya sama dengan batuan asli disebut ....
a. batuan
sedimen organik
b. batuan
sedimen fisik
c. batuan
sedimen klastis
d. batuan
sediment malihan
6. Batuan
beku yang berasal dari resapan magma di antara dua lapisan litosfer dan
membentuk bentukan seperti lensa cembung adalah ....
a. aposia
b. diatrema
c. batolit
d. lakolit
7. Pembentukan
batu jamur (mushroom) di kawasan gurun terjadi akibat adanya proses ....
a. sedimentasi
b. pelapukan
c. erosi
d. masswasting
8. Jenis
batuan terdiri atas batuan beku, batuan sedimen, dan metamorf. Batuan di alam
yang terbentuk karena perubahan suhu dan tekanan disebut batuan ....
a. igneous
rock
b. metamorf
c. beku
d. sedimen
9. Jenis
batuan yang termasuk ke dalam kelompok batuan sedimen adalah ....
a. Obsidian
b. Felsit
c. Andesit
d. Sand dunes
10. Batuan
sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari ....
a. batuan
beku atau zat padat yang mengalami erosi di tempat tertentu
b. batuan
cair atau zat cair yang mengalami abrasi di tempat tertentu
c. batuan
beku atau zat padat yang mengalami erupsi di tempat tertentu
d. batuan
beku atau zat padat yang tidak mengalami erosi di tempat tertentu
Pertemuan Ke 5
1. Proses
penghancuran batuan dengan bantuan makhluk hidup disebut ....
a. Pelapukan mekanis
b. Pelapukan kimia
c. Pelapukan fisika
d. Pelapukan biologis
2. Bentuk
endapan yang dihasilkan dari tenaga erosi organisme adalah ....
a. Sand
dunes
b. Karang koral
c. Kipas aluvial
d. Morena
3. Tenaga
eksogen berasal luar bumi yang secara umum bersifat merusak atau menghancurkan
yaitu tenaga ....
a. tektonik
b. endogen
c. vulkanik
d. eksogen
4. Tenaga
eksogen yang mengubah bentuk muka bumi dipengaruhi oleh tiga proses, kecuali
....
a. sedimentasi
b. erosi
c. banjir
d. pelapukan
5. Proses
pembentukan delta di muara sungai dipengaruhi adanya ....
a. Pelapukan
b. Gempa bumi
c. Tektonisme
d. Sedimentasi
6. Erosi
ditandai pengikisan lapisan tanah paling atas sehingga mengurangi tingkat
kesuburan lahan disebut ....
a. erosi
percik
b. erosi
lembar
c. erosi
alur
d. erosi
parit
7. Endapan
lumpur akibat sedimentasi yang ada di sekitar muara sungai yang mendekati ke
arah laut disebut ....
a. beach
b. delta
c. tombolo
d. cliff
8. Perhatikan
keterangan berikut.
•
Pengikisan batuan menjadi ukuran yang
lebih kecil.
•
Susunan kimia batuan yang tidak
mengalami perubahan.
•
Adanya penyinaran matahari.
•
Komposisi dari batuan tidak mengalami
perubahan
Ciri-ciri tersebut termasuk ke
dalam pelapukan secara ....
a. biologis
b. fisik
c. kimiawi
d. organis
9. Akar
tanaman dapat menerobos ke lapisan batuan. Akibatnya, batuan menjadi retak dan
rapuh. Proses pelapukan seperti ini disebut pelapukan . . . .
a. fisik
b. organis
c. kimia
d. biokimia
10. Yang bukan
jenis sedimentasi berdasarkan penyebabnya ialah ....
a. sedimentasi
fluvial
b. sedimentasi
aeolis
c. sedimentasi
marine
d. sedimentasi
elips
1. Bagaimana pengaruh
bentuk muka bumi terhadap kehidupan?
Jawab ; ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Berdasarkan proses keluarnya magma
ada tiga macam erupsi magma.
Sebutkan dan
jelaskan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Tuliskan jenis jenis gunung berapi menurut bentuknya !
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa
yang dimaksud dengan sand dunes ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Tuliskan minimal 5 dampak positif dan dampak negative dari letusan gunung
berapi !
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6 .Apa
yang dimaksud dengan Pelapukan ?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
BAB
2
(SEJARAH)
MEMAHAMI LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA
Standar
Kompetensi : 1. Memahami lingkunngan kehidupan Manusia
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mendeskripsikan kehidupan pada masa
pra-aksara di Indonesia
Indikator
Pencapaian :
2.1.1.
Pengertian dan kurun waktu pra-aksara
2.1.2.
Jenis jenis manusiaIndonesia yang Hidup pada Masa Pra-Aksara
2.1.3.
Perkembangan kehidupan pada Masa pra-aksara
2.1.4.
Peningalan –peningalan kebudayaan pada masa Pra-aksara
2.1.5.
Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara
Pertemuan
6
11. Ciri-ciri
masyarakat pra aksara adalah, kecuali:
a.
Tidak
mengenal tulisan
b.
Hidup
secara nomaden
c.
Tidak
memiliki kebudayaan
d.
Hidup
bergantung pada alam
12. Fosil adalah:
a.
Peninggalan
sejarah yang telah membatu
b.
Sisa
tengkorak manusia purba
c.
Sisa-sisa
kebudayaan masyarakat pra aksara
d.
Tanda-tanda
kehidupan masyarakat pra aksara
13. Zaman batu
dibagi menjadi beberapa zaman. Zaman batu yang tertua disebut:
a.
Megalithcum
b.
Mesolithicum
c.
Neolithicum
d.
Palaelithicum
14. Pithecanthropus
Erectus merupakan salah satu jenis manusia purba yang ditemukan di:
a.
Ngandong
b.
Wajak
c.
Trinil
d.
Sangiran
15. Kebudayaan
Bascon-Hoabin ditemukan di gua-gua di Asia Tenggara. Peninggalan kebudayaan ini
ditemukan di daerah Indonesia, yaitu:
a.
Kalimantan
Barat
b.
Sumatera
Timur
c.
Sulawesi
Selatan
d.
Nusa
Tenggara Timur
16. Dolmen dan
menhir merupakan peninggalan kebudayaan dari zaman:
a.
Batu
tua
b.
Batu
tengah
c.
Batu
muda
d.
Batu
besar
17. Zaman logam di
Indonesia dimulai pada:
a.
Zaman
Tembaga
b.
Zaman
Perunggu
c.
Zaman
Besi
d.
Zaman
Megalitikum
18. Masyarakat pra
aksara hidup secara nomaden. Nomaden artinya:
a.
Bergantung
pada alam
b.
Berpindah
dari satu tempat ke tempat lain
c.
Mengumpulkan
bahan makanan
d.
Berburu
binatang
19. Nenek moyang
bangsa Indonesia berasal dari ....
a.
Yunan.
b.
Kamboja.
c.
Vietnam.
d.
India.
20. Manusia purba
yang ditemukan oleh E. Dubois dinamakan
....
a.
Homo
Wajakensis.
b.
Megantrhopus
Paleojavanicus.
c.
Pithecanthropus
Erectus
d.
Homo
Solensis.
21. Jenis manusia
purba yang sudah mencapai tingkat kesempurnaan disebut ....
a.
Homo
Soloensis.
b.
Homo
Wajakensis.
c.
Homo
Sapiens.
d.
Pithecantrhopus
Erectus.
22. Ciri utama
kehidupan sosial manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan
adalah ....
a.
Bersawah.
b.
Berpindah-pindah.
c.
Menangkap
ikan.
d.
Menetap.
23. Gambar di bawah
ini disebut ....
a.
Kapak
genggam.
b.
Kapak
persegi.
c.
Kapak
lonjong.
d.
Kapak
corong.
24. Pada masa lalu
manusia purba memakan siput dan kerang yang kemudian kulitnya dibuang dan
menumpuk kemudian membentuk bukit dalam waktu ratusan tahun. Bukit tersebut
disebut ....
a.
Abris
sous rosche.
b.
Dolmen.
c.
Menhir.
d.
Kjokkenmoddinger.
25. Gambar dibawah
ini yang didirikan untuk menghormati roh
nenek moyang disebut ....
a.
Menhir.
b.
Punden
berundak-undak.
c.
Dolmen.
d.
Sarkofagus.
Pertemuan 7
1.
Berikut
ini adalah alat dari batu yang berfungsi sebagai peti mayat yaitu ....
a.
Waruga.
b.
Sarkofagus.
c.
Arca.
d.
Menhir.
2.
Ciri
utama alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian yaitu ....
a.
Terbuat
dari bahan logam.
b.
Berfungsi
sebagai pemujaan.
c.
Terbuat
dari batu.
d.
Berfungsi
sebagai hiasan.
3.
Zaman
sebelum manusia mengenal tulisan (aksara) disebut....
a.
zaman
palaeolithikum
b.
prasejarah
atau pra-aksara
c.
prasasti
d.
fosil
4.
Berdasarkan
benda-benda peninggalan zaman manusia purba, pembabakan zaman pra-aksara dibagi
menjadi ....
a.
zaman
sejarah dan zaman pra-aksara
b.
zaman
perunggu dan zaman logam
c.
zaman
batu dan zaman logam
d.
zaman
plestosin dan zaman holosen
5.
Pada
zaman batu muda, manusia sudah mengenal cara bercocok tanam. Cara hidup manusia
purba tersebut disebut ....
a.
nomaden
b.
food
producing
c.
food
gathering
d.
Palaeolithikum
6.
Hasil
peradaban manusia purba yang menjadikan gua-gua sebagai tempat tinggal disebut
....
a.
nomaden
b.
food
producing
c.
food
gathering
d.
abris
sous roche
7.
Zaman
kebudayaan batu besar pada pembabakan kehidupan manusia purba disebut ....
a.
Mesolithikum
b.
Megalithikum
c.
Mongoloid
d.
Neolithikum
8.
Gambar
berikut merupakan alat peninggalan zaman Neolithikum yang disebut ....
a.
kapak
corong
b.
kapak
lonjong
c.
kapak
persegi
d.
kapak
genggam
9.
Fosil
Pithecanthropus Erectus ditemukan pada 1890 di daerah ....
a.
Solo
b.
Sangiran
c.
Trinil
d.
Ngandong
10. Fosil Homo
Soloensis ditemukan oleh ....
a.
E.
Dubois, von Reitschoten, dan Ter Haar
b.
von
Koenigswald, E. Dubois, dan Ter Haar
c.
Oppenoorth,
Dubois, dan von Koenigswald
d.
Oppenoorth, von Koenigswald, dan Ter Haar
Pertemuan
8
1.
Pada
zaman besi, manusia telah berhasil membuat benda-benda dari besi yang membutuhkan teknik tertentu. Teknik yang
dimaksud adalah ..., yaitu teknik peleburan dengan cara membuat model terlebih
dahulu dari bahan sejenis lilin sebelum dituangi cairan logam.
a.
abris
sous roche
b.
pengecoran
c.
a
cire perdue
d.
food
gathering
2.
Ilmu
yang mempelajari fosil tumbuhan,
binatang, dan manusia disebut ....
a.
antropologi
b.
palaeoantropologi
c.
palaeoantologi
d.
biologi
3.
Dari
sekian banyak suku bangsa Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,
suku bangsa yang tergolong Proto Melayu ini, yaitu ....
a.
Suku
Batak pedalaman, Suku Dayak, Suku Toraja, dan Suku Papua.
b.
Suku
Tengger, Suku Banjar, dan Suku Toraja.
c.
Suku
Sunda, Suku Jawa, Suku Bali, dan Timor.
d.
Suku
Nias, Suku Dayak, dan Suku Papua.
4.
Gelombang
kedua kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia yang berasal dari Yunan sekitar
tahun 500 SM termasuk kelompok ....
a.
Mesolithikum
b.
Proto
Melayu
c.
Deutro
Melayu
d.
Austronesia
5.
Manusia
purba yang rahangnya melebihi rahang gorila laki-laki adalah . . . .
a.
Homo
sapiens
b.
Homo
erectus
c.
Pithecanthropus
erectus
d.
Meganthropus
palaeojavanicus
6.
Nenek
moyang bangsa Indonesia yang datang sekitar 1500 SM adalah . . . .
a.
Proto
Melayu
b.
Deutero
Melayu
c.
Melayu
austronesia
d.
Australomelanesoid
7.
Menurut
Teuku Jacob, manusia Ngandong merupakan keturunan langsung dari Pithecanthropus
erectus yang kemudian dikenal dengan Homo . . . .
a.
sapiens
b.
soloensis
c.
wajakensis
d.
erectus
8.
Ilmu
yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala untuk menyusun
kembali kehidupan manusia dan masyarakat masa lampau ialah ….
a.
Paleontologi
b.
Antropolog
i
c.
Geologi
d.
Arkeologi
9.
Kepercayaan
bahwa segala suatu benda mempunyai kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan
atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup disebut ....
a.
Animinisme
b.
Totemisme
c.
Dinamisme
d.
Sosialisme
10. Kepercayaan
terhadap roh nenek moyang disebut ....
a.
Animisme
b.
Toteisme
c.
Dinamisme
d.
Sosialisme
11. Berikut ini yang
tidak termasuk ciri kehidupan manusia purba masa berburu dan mengumpulkan
makanan adalah ....
a.
hidup
sudah menetap
b.
food
gatering
c.
hidupnya
berpindah-pindah
d.
hidupnya
bergantung pada alam
12. Alat yang
digunakan manusia purba untuk menguliti hasil berburu,merimbas kayu, dan
memecah tulang ialah ....
a.
kapak
perimbas
b.
alat
serpih
c.
kapak
genggam
d.
kapak
lonjong
13. Kebudayaan logam
di Indonesia berasal dari daerah ....
a.
Papua
b.
Jawa
c.
Dongson
d.
Yunan
14. Berikut bukan
merupakan pembabakan zaman prasejarah Indonesia, yaitu ....
a.
zaman
berburu dan meramu
b.
bercocok
tanam
c.
bertani
dan berlayar
d.
perundagian
15. Evolusi
lingkungan purba dipengaruhi oleh ....
a.
perubahan
kebudayaan dan iklim
b.
perubahan
ilmu pengetahuan dan teknologi
c.
perubahan
iklim dan geologis
d.
perubahan
permukaan laut
Pertemuan
9
1.
Sumber
yang dapat menjadi petunjuk keadaan budaya manusia pada masa pra-aksara adalah
....
a.
prasasti
b.
dokumen
c.
perkakas
dari batu
d.
keterangan
dari pelaku
2.
Para
ahli sejarah meneliti kehidupan manusia
zaman prasejarah melalui ... .
a.
tulisan-tulisan
b.
piagam-piagam
c.
fosil-fosil
d.
prasasti-prasasti
3.
Manusia
besar tertua di Pulau Jawa disebut juga
... .
a.
Pithecantrhropus
Erectus
b.
Pithecanthropus
Robustus
c.
Meganthropus
Paleojavanicus
d.
Pithecanthropus
Mojokertensis
4.
Jenis
fosil berikut, yang tidak ditemukan di Pulau Jawa adalah ... .
a.
Homo
Wajakensis
b.
Homo
Soloensis
c.
Homo
Pekingensis
d.
Meganthropus
5.
Pembuatan
benda-benda megalith dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ... .
a.
sarana
berburu
b.
sarana
pertanian
c.
sarana
pertukangan
d.
sarana
pemujaan roh
6.
Yang
bukan merupakan ciri-ciri kehidupan manusia prasejarah zaman neolithikum, yakni
...
a.
hidup
menetap
b.
alat-alat
terbuat dari batu dan kasar kasar
c.
mengenal
pembagian kerja
d.
hidup
bergotong-royong
7.
Pendukung
kebudayaan neolithik di Indonesia adalah penduduk Nusantara, yakni orang ... .
a.
Melayu
Tua
b.
Melayu
Muda
c.
Melayu
Melanesia (orang Papua)
d.
Orang
Semang
8.
Bangunan
di bawah ini adalah bangunan ... .
a.
Arca
b.
Menhir
c.
Punden
berundak
d.
Sarkofagus
9.
Alat
ini berfungsi sebagai sebagai alat
upacara adat, alat ini disebut.......
a.
Bejana
dan Moko
b.
Nekara
dan bejana
c.
Nekara
dan Moko
d.
Bejana
dan Candrasa
10. Yang bukan merupakan ciri-ciri kehidupan nenek
moyang bangsa Indonesia menjelang zaman sejarah adalah ... .
a.
hidup
menetap
b.
sudah
mengenal perdagangan langsung
c.
masyarakatnya
dipimpin seorang raja
d.
sudah
mengenal teknologi
Pertemuan
10
1. Sebutkan tiga alat penghidupan zaman berburu dan
mengumpulkan
makanan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2. Jelaskan tiga jenis manusia purba yang ditemukan
di Indonesia!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......
3. llmu yang mempelajari peninggalan-peninggalan
sejarah dan purbakala
untuk menyusun kembali kehidupan manusia dan
masyarakat masa
lampau ialah ….
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai kekuatan
yang dapat
memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha
manusia dalam
mempertahankan hidup disebut ....
jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan dolmen, menhir,
pudan berundak ?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....................
BAB 3
(SOSIOLOGI/ANTROPOLOGI)
MEMAHAMI
KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA
Standar
Kompetensi : 2. Memahami kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mendeskripsikan Interaksi sebagai proses
social
2.2. Mendeskripsikan
sosilisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi social
2.4. Menguraikan
Proses Interaksi Sosial
Indikator
Pencapaian :
2.1.1.
Pengertian Interaksi Sosial
2.1.2.
Kaitan Intraksi social dengan proses social
2.1.3.
Pengaruh interaksi social terhadap keselarasan social
2.2.1.
Pengertian Sosialisasi
2.2.2.
Faktor yang memmengaruhi soialisasi
2.2.3.
Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
2.3.1.
Syarat syarat terjadinya interaksi social
2.3.2.
Bentuk bentuk Interaksi Sosial
2.4.1.
proses social asosiatif
2.4.2.
Proses Sosial Disosiatif
Pertemuan 11
26. Manusia
tidak bisa hidup tanpa orang lain. Pernyataan ini menunjukkan bahwa manusia
adalah ;
a.
mahluk
sosial
b.
mahluk
bergantung
c.
mahluk
berkelompok
d.
mahluk
tidak mandiri
27. Proses di mana
orang-orang yang menjalin kontak dan berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi
dalam pikiran dan tindakandinamakan
a.
Komunikasi
b.
Pertemuan
c.
Interaksi sosial
d.
Komunikasi sosial
28. Agar interaksi
dapat berlangsung dibutuhkan dua syarat yaitu:
a.
adanya
kontak sosial dan komunikasi.
b.
Adanya
individu dengan individu
c.
Antara
individu dengan kelompok
d.
Antara
kelompok dengan kelompok
29. Yang termasuk
kontak sosial secara tidak langsung adalah
a.
berkenalan
di depan kelas
b.
bersalaman
ketika saling bertemu
c.
surat
menyurrat
d.
bersapaan
ketika bertemu
30. Komunikasi
dengan menggunakan bahasa-bahasa isyarat disebut dengan
a.
komunikasi
non-verbal.
b.
komunikasi
verbal
c.
komunikasi
tidak langsung
d.
komunikasi
isyarat
31. Kedudukan atau
posisi seseorang dalam kelompok atau masyarakat disebut
a.
Kedudukan
b.
Status
c.
Posisi
d.
harga diri
32. Suatu proses
mempelajari kebiasaan dan tata kelakukan untuk menjadi bagian dari suatu
masyarakat, disebut
a.
belajar
hidup
b.
sosialisasi
c.
interaksi
sosial
d.
belajar
sosial
33. Yang menjadi
media sosialisasi adalah………
a.
Orang tua
b.
Keluarga
c.
Lingkungan
d.
tempat
tinggal
34. Ciri atau watak
yang khas dan konsisten sebagai identitas seorang individu, disebut
a.
Karakter
b.
ciri khas
c.
Kepribadian
d.
identitas
35. Proses sosial di
mana suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan lain tanpa
Menyebabkan hilangnya bentuk kepribadian sendiri dinamakan
a.
Akulturasi
b.
akomodasi
c.
Kontroversi
d.
Interaks
Pertemuan 12
1.
Setiap
orang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari karena ….
a.
manusia
sebagai makhluk sosial
b.
manusia
sebagai makhluk individu
c.
manusia
saling membutuhkan
d.
manusia
itu harus hidup bersama
2.
Suatu
interaksi timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia disebut ….
a.
interaksi
social
b.
proses sosial
c.
kontak
social
d.
komunikasi
3.
Berikut
ini merupakan contoh dari terjadinya proses interaksi sosial …
a.
dua
orang anak saling bersalaman dan saling
berbicara
b.
orang
Indonesia bertemu dengan orang Arab
c.
seorang
laki-laki memperhatikan seorang gadis
d.
seorang
anak sedang menelpon temannya
4.
Yang
tidak termasuk faktor-faktor berlangsungnya proses interaksi sosial adalah ….
a.
Sugesti
b.
Simpati
c.
Asimilasi
d.
Imitasi
5.
Jika
seorang anak kecil melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya, kemudian anak
tersebut mencoba melakukan apa yang telah ia lihat. Tindakan anak tersebut
dinamakan ….
a.
Imitasi
b.
sugesti
c.
identifikasi
d.
simpati
6.
Proses
sugesti akan terjadi dalam hal-hal berikut ini, kecuali ….
a.
kemampuan
berpikir seseorang terhambat
b.
keadaan
pikiran yang terpecah belah (bingung)
c.
ada
orang yang berwibawa
d.
ketika
anak melihat perilaku orang tuanya
7.
Keterlibatan
seseorang dalam kehidupan masyarakat disebut ….
a.
interaksi
social
b.
proses
sosial
c.
peran
social
d.
status sosial
8.
Seorang
anak mendapatkan pelajaran dari orang tuanya tentang sopan santun. Hal itu
masuk dalam proses ….
a.
Demokrasi
b.
Nasionalisasi
c.
Sosialisasi
d.
Normalisasi
9.
Bagi
orang tua dan masyarakat sosialisasi memiliki arti penting yaitu sebagai ….
a.
alat
untuk memaksakan kehendaknya
b.
upaya
untuk membatasi kebebasan
c.
sarana
penciptaan norma baru
d.
untuk
melestarikan nilai dan norma
10. Dalam proses
sosialisasi, yang memegang peranan paling penting adalah ….
a.
Keluarga
b.
Guru
c.
Teman
d.
diri
sendiri
Pertemuan 13
1.
Tujuan
dari proses sosialisasi adalah ….
a.
agar
manusia tergantung pada yang lainnya
b.
membuat
anak manja
c.
untuk
membantu orang lain
d.
menjadi
pribadi yang utuh
2.
Suatu
proses sosialisasi akan dialami setiap orang ….
a.
selama
bersekolah
b.
ketika
memasuki remaja
c.
seumur
hidup
d.
setelah
lulus sekolah
3.
Bentuk
interaksi sosial disebut asosiatif apabila ….
a.
menimbulkan
perpecahan
b.
menuju
pada perbedaan pandangan
c.
mengarah
kepada kesatuan
d.
tidak
terjadi kesamaan
4.
Bentuk
kerjasama di dalam masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan nama ….
a.
Kooperasi
b.
Asimilasi
c.
Gotong
royong
d.
Kontak
sosial
5.
Suatu
bentuk penyelesaian pertentangan oleh pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah
pihak disebut ….
a.
Arbitrasi
b.
kompromi
c.
Konsiliasi
d.
ajudikasi
6.
Dua
orang yang bertemu kemudian terjadi interaksi sosial di antara mereka, berarti
....
a.
belum
terjadi interaksi sosial sepanjang mereka belum berbicara
b.
belum
terjadi interaksi social sepanjang mereka belum saling berkenalan
c.
sudah
terjadi interaksi sosial
d.
hampir
terjadi interaksi sosial
7.
Remaja
yang meniru gaya berpakaian idolanya merupakan proses interaksi sosial dalam
bentuk ....
a.
Sugesti
b.
simpati
c.
Identifikasi
d.
imitasi
8.
Permasalahan
dalam masyarakat dapat diselesaikan dengan mempelajari bentuk-bentuk ....
a.
interaksi
social
b.
proses
sosial
c.
kepribadian
d.
kehidupan
sosial
9.
Seseorang
yang semakin dewasa berusaha lebih aktif mengembangkan kemampuannya.
Upaya-upaya untuk mengembangkan kemampuannya ini dilakukan melalui ....
a.
proses
pendidikan
b.
proses sosialisasi
c.
tindakan
komunikasi
d.
tindakan social
10. Termasuk dalam
proses disosiatif adalah ....
a.
kerjasama
dan persaingan
b.
kerjasama
dan akomodasi
c.
kerjasama
dan kontravensi
d.
kontravensi
dan persaingan
Pertemuan 14
1.
Proses
belajar seorang anggota kelompok untuk mengenal, menghayati,dan berpartisipasi
dalam kelompok di lingkungannya sehingga akan merasa menjadi bagian dari
kelompok tersebut disebut . . .
a.
Sosialisasi
b.
akomodasi
c.
asimilasi
d.
kontrovensi
2.
Status
seseorang yang diperoleh secara otomatis berdasarkan kelahiran/turun-menurun
ialah . . . .
a.
achieved
status
b.
assigned status
c.
ascribed
status
d.
signed
status
3.
Usaha
manusia untuk meredakan suatu pertentangan disebut . . . .
a.
kerja
sama
b.
akomodasi
c.
asimilasi
d.
kontrovensi
4.
Bentuk
proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi
perbedaan-perbedaan di antara orang-orang atau kelompok-kelompok manusia
disebut . . . .
a.
kerja
sama
b.
akomodasi
c.
asimilasi
d.
kontrovensi
5.
Proses
sosial yang timbul apabila terjadi percampuran dua kebudayaan atau lebih yang
saling bertemu dan saling memengaruhi disebut . . . .
a.
kerja
sama
b.
akulturasi
c.
asimilasi
d.
kontrovensi
6.
Tindakan
seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan,dan gaya hidup
bahkan apa saja yang dimiliki orang lain disebut . . . .
a.
kerja
sama
b.
akomodasi
c.
asimilasi
d.
imitasi
7.
Pengaruh,
pandangan, atau sikap yang diberikan seorang individu terhadap individu lain
kemudian diterima, dituruti, dilaksanakan tanpa berpikir lagi secara rasional
disebut . . . .
a.
simpati
atau empati
b.
akomodasi
c.
indentifikasi
d.
sugesti
8.
Berikut
adalah faktor-faktor yang mempermudah proses asimilasi,kecuali . . . .
a.
toleransi
b.
sikap
menghargai
c.
adanya
musuh bersama dari luar
d.
sikap
tertutup dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
9.
Tujuan
akomodasi adalah seperti berikut, kecuali . . . .
a.
mengurangi
pertentangan antarorang perorangan atau kelompok-kelompok manusia akibat
perbedaan paham
b.
mencegah
pertentangan
c.
mengusahakan
peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah
d.
menimbulkan
perbedaan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah
10. Keikutsertaan
merasakan apa yang dirasakan orang lain
disebut . . . .
a.
Simpati atau empati
b.
Akomodasi
c.
Indentifikasi
d.
Sugesti
Pertemuan 15
1. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempermudah
berlangsungnya
asimilasi?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Sebutkan tujuan dari proses akomodasi!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Proses asimilasi juga dapat terhambat karena
sejumlah faktor. Sebutkanlah
faktor-faktor apa saja
yang dapat menghambat proses asimilasi!
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Faktor-faktor apa saja yang dapat mempermudah
berlangsungnya suatu
kerja sama?
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Sebutkan dan jelaskan faktor pendorong terjadinya interaksi social dan
sosialisasi secara kompleks !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BAB 4
(EKONOMI)
MEMAHAMI USAHA MANUSIA MEMENUHI KEBUTUHAN
Standar
Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi
kebutuhannya
Kompetensi
Dasar : 3.1. Mendeskripsikan manusia sebagai mahlik
social ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi
berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari hari
Indikator
Pencapaian :
3.1.1.
Makna manusia sebagai mahlik social dan ekonomi
3.1.2.
Ciri ciri manusia sebagai mahluk social dan mahluk ekonomi
3.1.3. Menerapkan atau
mengaplikasiakan hubungan yang harmonis antara manusia sebagai mahluk social
dan ekonomi yang bermoral
3.2.1. Tindakan ekonomi manusia
dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi
3.2.2. Tindakan ekonomi yang
rasional
3.2.3. Pengertian motif dan prinsip
ekonomi
3.2.4. Macam macam motif dan prinsip ekonomi
3.2.5. Penerapan/Aplikasi Kegiatan /Tindakan ekonomi
sehari hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi.
Pertemuan 16
36. Makhluk
ekonomis artinya ….
a. hemat
b. pelit
c. murah
hati
d. rasional
37. Kata
ekonomi berasal dari kata oikonomia yang berasal dari bahasa ....
a. Inggris
b. Latin
c. Yunani
d. Sansekerta
38. Arti
sempit dari ilmu ekonomi adalah ....
a. Aturan
b. Rumah
Tangga
c. Aturan
Rumah Tangga
d. Ilmu
tentang Aturan Rumah Tangga
39. Contoh
tindakan ekonomi yang rasional adalah . . . .
a. menyumbang
agar mendapat pujian
b. belanja
besar-besaran ketika ada diskon
c. menyesuaikan
pengeluaran dengan pendapatan
d. menuntut
kenaikan uang jajan kepada orang tua
40. Ciri-ciri
manusia sebagai makhluk sosial (homo socious) adalah .....
a. Menaati
aturan
b. Suka
berkelompok
c. Mencari
kesejahteraan
d. Suka
menolong
41. Ciri
manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) adalah .....
a. Menaati
aturan
b. Suka
berkelompok
c. Mencari
kesejahteraan
d. Suka
menolong
42. Berikut
ini yang bukan merupakan ciri manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral
adalah ....
a. suka
menghargai prestasi orang lain.
b. menghargai
hak-hak orang/kelompok lain.
c. menganiaya orang yang dianggap melanggar hukum.
d. menghindarkan
diri dari pergaulan bebas yang tak terbatas.
43. Berikut
ini yang bukan merupakan ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
adalah ...
a. mencari
nafkah dengan jalan yang khalal.
b. memperdagangkan
lukisan hewan yang dilindungi pemerintah.
c. membudidayakan hutan lindung
untuk kepentingan penelitian.
d. melakukan
penebangan kayu hutan secara illegal untuk menghidupi keluarga
44. Sebagai
makhluk hidup, manusia selalu membutuhkan orang lain. Keadaan manusia seperti
ini disebut ....
a. homo
erectus
b. homo
economicus
c. homo
sapiens
d. homo
socius
45. Jika
kemampuan untuk memenuhi beberapa kebutuhan sekaligus terbatas,sesuai dengan
prinsip ekonomi, perlu diambil tindakan
....
a. minta
bantuan orang lain
b. menunda
pemenuhan kebutuhan
c. menentukan
prioritas pemenuhan kebutuhan
d. tidak
memenuhi kebutuhan
Pertemuan
17
1. Untuk mengatasi masalah keuangan, tindakan ekonomi
yang paling baik ialah ....
a. minta
bantuan orang lain
b. ikut
judi
c. pinjam
rentenir
d. bekerja
untuk mendapat upah/gaji
2. Ratna
merupakan salah satu murid klas VII sebuah SMP. Selain pandai, ia juga anak
yang soleh dan sukan membantu temannya yang membutuhkan. Menurutmu tindakan
yang dilakukan Ratna adalah sebagai mahluk….
a. religius
b. ekonomi
c. individu
d. sosial
3. Salah
satu ciri manusia sebagai homo economicus yaitu manusia selalu….
a. mementingkan
kepentingan pribadi
b. menolong
kepentingan orang lain
c. berbuat
untuk mencari keuntungan
d. melakukan
kegiatan sosial
4. Ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi
kebutuhan dalam mencapai ….
a. kekayaan
b. kehidupan
c. kemakmuran
d. kemiskinan
5. Cara
yang harus dilakukan manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada yaitu
dengan ….
a. menggunakan
secara terus menerus
b. menjual
hasil sumber daya ke luar negeri
c. menggunakan
dengan efektif dan efisien
d. menyisakan
untuk kepentingan anak cucu
6. Secara
etimologis, ekonomi berarti...
a. ilmu
tentang rumah tangga
b. ilmu
tentang pemenuhan kebutuhan
c. ilmu
berdagang
d. ilmu
tentang jual beli
7. Permasalahan
ekonomi paling mendasar yang dihadapi oleh manusia adalah ....
a. kebutuhan
yang tidak terbatas dan alat pemuasnya terbatas
b. kemiskinan
c. ketidaktahuan
d. kebutuhan
yang terbatas dan alat pemuasnya yang
terbatas
8. Kegiatan
yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut ….
a. tindakan
ekonomi
b. prinsip
ekonomi
c. motif
ekonomi
d. usaha
ekonomi
9. Setiap
orang yang melakukan tindakan ekonomi tentu memiliki alasan atau tujuan
tertentu. Alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi
disebut ....
a. tindakan
ekonomi
b. tujuan
ekonomi
c. motif
ekonomi
d. asas
ekonomi
10. Manusia
disebut mahluk sosial karena ….
a. tidak
dapat hidup sendiri
b. tidak pandai bergaul
c. ingin
memenuhi kebutuhan
d. ingin
kontak sosial dengan orang lain
Pertemuan
18
1. Hakikat
manusia sebagai mahluk ekonomi adalah manusia ingin ….
a. melakukan
kegiatan sosialnya
b. memenuhi
kebutuhannya
c. melakukan
kegiatan ekonomi
d. berhubungan
ekonomi dengan orang lain
2. Kegiatan
manusia dengan mendahulukan kepentingan masyarakat dan menunda kepentingan pribadi, ini merupakan
salah satu contoh tindakan ….
a. ekonomi
b. sosial
c. pilihan
d. kelompok
3. Pernyataan
yang tidak termasuk motif ekonomi ialah
....
a. keinginan
menjadi juara kelas
b. keinginan
meningkatkan kesejahteraan sesama
c. keinginan
menimbun harta
d. keinginan
memenuhi kebutuhan keluarga
4. Pak
Deden membeli kepemilikan saham perusahaan-perusahaan kecil di daerahnya.
Motif Pak Deden adalah . . . .
a. memperoleh
kekuasaan ekonomi
b. mencari
keuntungan
c. mencari
laba
d. sosial
5. Perhatikan
kegiatan konsumen di bawah ini!
1) Seorang
artis mengoleksi seratus pasangsepatu.
2) Deni
makan tiga kali sehari.
3) Pak
Ahmad menunaikan ibadah haji.
4) Rini
mendengarkan musik.
5) Erwin
menyumbang panti asuhan.
Yang memiliki motif untuk
memperoleh kepuasan adalah . . . .
a. 1),
2), dan 3)
b. 3),
4), dan 5)
c. 2),
3), dan 4)
d. 1),
3), dan 5)
6. Bu
Nela adalah seorang pengusaha kosmetik. Produk kecantikannya diperoleh dari
tanaman asli Indonesia. Oleh karena itu, Bu Nela membuka perusahaan baru yang
bergerak di bidang perkebunan yang menanam bahan baku produk kosmetiknya. Motif Bu Nela
termasuk motif. . . .
a. sosial
b. mencari
penghargaan
c. memperluas
kekuasaan
d. mencari
laba
7. Pak
Hadi bekerja dengan keras sehingga menjadi orang yang terpandang dan disegani
banyak orang di kampungnya. Motif yang dimiliki Pak Hadi adalah ....
a. keuntungan
b. kekuasaan
c. penghargaan
d. kedudukan
8. Pak
Burhan berusaha membuka ”bengkel sepeda motor” di rumahnya Kegiatan Pak Burhan tersebut didorong oleh
keinginannya untuk menambah penghasilan/pendapatan keluarganya. Di samping itu,
ia juga ingin mendidik anaknya agar mampu mengelola usaha secara mandiri. Pak
Burhan juga ingin membantu menciptakan lapangan kerja bagi warga masyarakat di
sekitarnya; serta ingin memakmurkan keluarga dan familinya. Motif apa saja yang
dimiliki Pak Burhan?
a. ekonomi,
penghargaan, kekuasaan
b. ekonomi,
sosial, kedamaian
c. sosial,
kedamaian, pendidikan
d. ekonomi,
sosial, pendidikan
9. Pak
Agus seorang pengusaha meubel. Ia terus melakukan kegiatan promosi agar barang
hasil produksinya laku di pasar. Tindakan pak agus ini merupakan kegiata
manusia sebagai mahluk ekonomi yang dilakukan oleh….
a. konsumen
b. distributor
c. produsen
d. produksi
10. Pak
Agung membeli sebidang tanah untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang
tinggi dari harga pembelian. Motif ekonomi yang mendasari pak Agung adalah
untuk memperoleh ....
a. keuntungan
b. penghargaan
c. kekayaan
d. kekuasaan
Pertemuan
19
1. Agus
menyumbangkan baju yang tidak terpakai di Panti Asuhan dekat rumahnya. Motif
ekonomi yang mendasari agus adalah memperoleh ....
a. keuntungan
b. penghargaan
c. kekuasaan
2. sosial
Walaupun Pak Guntur sudah memiliki perusahaan yang banyak, beliau tetap
berusaha mengembangkan usahanya menjadi perusahaan raksasa, hal tersebut
didorong oleh motif ....
a. memperoleh
penghargaan
b. mendapatkan
kekuasaan
c. memenuhi
kebutuhan
d. kepentingan
sosial
3. Kegiatan
ekonomi yang yang didukung oleh motif ekonomi, salah satunya adalah ....
a. hidup
hemat
b. berusaha
mencari nafkah
c. bekerja
dengan tekun
d. melakukan
bakti sosial
4. Seseorang
yang yang bekerja mencari harta karena ingin dipandang masyarakat didorong oleh
motif ....
a. kemakmuran
b. kekuasaan
c. penghargaan
d. berbuat sosial
5. Berikut
ini yang tidak termasuk motif ekonomi adalah...
a. menerima
apa adanya
b. ingin
berkuasa di bidang ekonomi
c. ingin
mendapat penghargaan
d. keinginan
untuk berbuat sosial
6. Pak
Somad menjual ayamnya di pasar untuk memperoleh uang belanja bagi kehidupan
keluarganya. Alasan yang menggerakkan Pak Somad menjual ayamnya disebut ....
a. kegiatan
ekonomi
b. motif
ekonomi
c. prinsip
ekonomi
d. hukum
ekonomi
7. Motif
yang mendorong seseorang dengan kesadarannya sendiri untuk melakukan tindakan
ekonomi disebut ....
a. motif
mencukupi kebutuhan hidup
b. motif
memperoleh penghargaan
c. motif
intrinsik
d. motif
ekstrinsik
8. Contoh
motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
a. menawarkan
barang dengan semurah mungkin
b. keinginan
untuk mendapatkan kemakmuran
c. menyesuaikan
pengeluaran dengan pendapatan
d. menyusun
skala prioritas kebutuhan
9. Karakteristik
orang yang melakukan prinsip ekonomi sebagai berikut,kecuali ....
a. bertindak
ekonomis
b. memperhitungkan
manfaat yang diterima
c. mengikuti
perkembangan jaman
d. membuat
urutan pemenuhan kebutuhan
10. Dalam
melakukan tindakan ekonomi, manusia selalu berpedoman pada ....
a. motif
ekonomi
b. motif
nonekonomi
c. prinsip
ekonomi
d. hukum
ekonomi
Pertemuan
20
1. Pernyataan
yang bukan berdasarkan prinsip ekonomi ialah
....
a. memenuhi
kebutuhan sesuai dengan kemampuan
b. dengan
pengorbanan yang minimal mendapatkan hasil maksimal
c. mendapatkan
hasil maksimal dengan berbagai cara
d. dengan
pengorbanan tertentu mendapatkan hasil maksimal
2. Intan,
seorang pelajar SMP, setiap hari ke sekolah harus menggunakan angkot karena
rumahnya jauh dari sekolah. Dia pun harus makan di sekolah. Pada hari ini, dia
mempunyai kebutuhan seperti berikut.
§ Majalah Rp. 12.000,00
§ kaos
kaki Rp. 7.000,00
§ makan
siang Rp. 5.000,00
§ ongkos Rp. 5.000,00
Uang Intan hanya Rp. 20.000,00.
Rencana pembelian Intan yang baik adalah ....
a. majalah, kaos kaki
b. makan
siang, ongkos, kaos kaki
c. makan
siang, majalah, kaos kaki
d. majalah,
kaos kaki, ongkos
3. Prinsip
ekonomi muncul karena . . . .
a. orang
malas berusaha
b. kemampuan
terbatas, kebutuhan tidak terbatas
c. orang
ingin cepat kaya
d. didorong
oleh motif ekonomi
4. Prinsip
ekonomi produsen dilakukan dengan . . . .
a. menguasai
pasar
b. menggaji
karyawan serendah mungkin
c. mengurangi
bahan baku
d. meningkatkan
produktivitas
5. Agar
Boby dapat memenuhi kebutuhannya berdasarkan prinsip ekonomi, ketika membeli ia
harus mengetahui dua hal penting yaitu . . . .
a. harga
dan produsen barang
b. jumlah
dan harga barang
c. prioritas
kebutuhan dan dana yang dimiliki
d. citra
produk dan harganya
6. Berikut
ini daftar kebutuhan Dewi:
1) Buku
tulisRp10.000,00
2) AgendaRp 3.000,00
3) CokelatRp 2.500,00
4) Tugas
kerajinanRp 5.000,00
Jumlah uang yang dimiliki Dewi
Rp15.000,00. Rencana pembelian yang baik adalah . . . .
a. tugas
kerajinan, buku tulis, agenda, dan cokelat
b. buku
tulis, agenda, cokelat, dan tugas kerajinan
c. buku
tulis, agenda, tugas kerajinan, dan cokelat
d. agenda,
cokelat, tugas kerajinan, dan buku tulis
7. Pernyataan
ini sesuai dengan prinsip ekonomi, kecuali
a. dengan
korban sekecil-kecilnya, diperoleh hasil sebesar-besarnya.
b. dengan
korban tertentu, diperoleh hasil sebesarnya.
c. untuk
hasil tertentu, diupayakan korban sekecil-kecilnya.
d. dengan
korban tertentu, dicapai kepuasan maksimal.
8. Dengan
berprinsip-ekonomi, kegiatan manusia akan menjadi ...
a. efisien.
b. efektif.
c. ekonomis.
d. produktif.
9. Pernyataan
yang bukan merupakan contoh penerapan prinsip ekonomi bagi konsumen diantaranya
adalah …..
a. mencari
informasi adanya promosi yang benar
b. menyusun
skala prioritas kebutuhan
c. mengetahui
jumlah barang serupa yang beredar
d. membandingkan
harga barang di beberapa tempat
10. Menekan
biaya bahan dan tenaga kerja merupakan penerapan prinsip ekonomi bagi .....
a. Produsen
b. Konsumen
c. Distributor
d. Pedagang
Pertemuan
21
1. Melakukan
suatu tindakan berdasarkan prinsip ekonomi bukanlah masalah yang ringan, karena
....
a. menentukan
suatu pilihan biasanya orang bingung
b. tindakan
itu mempunyai tujuan yang tidak jelas
c. tindakan
itu membutuhkan pengorbanan
d. tindakan
itu perlu dipikirkan baik-baik
2. Meningkatkan
kualitas barang merupakan salah satu tujuan penerapan prinsip ekonomi dalam
kegiatan...
a. pemasaran
b. distribusi
c. produksi
d. konsumsi
3. Tujuan
penerapan prinsip ekonomi yang dilakukan oleh konsumen adalah...
a. memproduksi
barang dengan biaya produksi yang paling rendah
b. memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya
c. menentukan
pilihan dengan skala prioritas
d. memperoleh
kepuasan yang setinggi-tingginya dari pendapatan yang dimilikinya
4. Berusaha
dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang
sebesar-besarnya disebut
a. motif
ekonomi
b. tujuan
ekonomi
c. prinsip
ekonomi
d. tindakan
ekonomi
5. Tindakan
ekonomi yang didasari prinsip ekonomi akan menghasilkan ...
a. pemborosan
b. efisiensi
c. efektifitas
d. ekonomis
6. Dari
berbagai kegiatan dibawah ini yang termasuk penerapan prinsip ekonomi adalah
,....
a. menawar
b. tidak
berbelanja
c. memasak
d. berolahraga
7. Tindakan Distributor berikut yang sesuai dengan
prinsip ekonomi adalah ....
a. menyalurkan
barang ke tempat yang kekurangan barang
b. menyalurkan
barang ke daerah yang kelebihan barang
c. menjual
barang yang tahan lama
d. menyimpan
barang terlebih dahulu
8. Orang
yang bertindak ekonomis akan berusaha menyeimbangkan antara penghasilan dan
pengeluaran. Sikap tersebut didasarkan pada ....
a. motif
ekonomi
b. tujuan
ekonomi
c. prinsip
ekonomi
d. tindakan
ekonomi
9. Kegiatan
perusahaan di bawah ini yang didasarkan pada prinsip ekonomi adalah ....
a. menyebarkan
brosur kepada konsumen
b. memberikan
hadiah undian kepada konsumen
c. memproduksi
barang dengan biaya murah
d. menyalurkan
barang ke konsumen
10. Setiap
berbelanja ke pasar Tuti selalu memilih barang yang kualitasnya bagus dan
menawar harga barang, berarti Tuti telah melaksanakan ....
a. prinsip
ekonomi
b. motif
ekonomi
c. tujuan
ekonomi
d. hukum
ekonomi
Pertemuan
22
1. Apa saja kebutuhan manusia?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Mengapa tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi?
2. Mengapa tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3. Apa arti manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral?
3. Apa arti manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa pula arti manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apakah suatu kegiatan ekonomi tertentu selalu didasari motif ekonomi yang sama bagi setiap orang? Jelaskan.
5. Apakah suatu kegiatan ekonomi tertentu selalu didasari motif ekonomi yang sama bagi setiap orang? Jelaskan.
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Berikan lima contoh tindakan ekonomi yang kamu lakukan di rumah!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........
7. Mengapa kita harus menggunakan prinsip ekonomi?
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
8. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari di rumah!
8. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari di rumah!
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
9. Berikan contoh tindakan ekonomi yang memiliki lebih dari dua motif ekonomi!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10. Apakah prinsip ekonomi hanya dapat digunakan dalam kegiatan ekonomi? Jelaskan!
10. Apakah prinsip ekonomi hanya dapat digunakan dalam kegiatan ekonomi? Jelaskan!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………......................................................
Pertemuan
23
- Jelaskan perbedaan kebutuhan dan keinginan? Berikan
contohnya!
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
- Sebutkan ciri-ciri tindakan ekonomi yang dilandasi oleh
prinsip ekonomi?
Jawab
:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Kemukakan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam
kegiatan sehari- hari di rumah!
Jawab
:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
- Apa saja motif ekonomi? Sebutkan!
Jawab
:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
- Berikanlah salah satu contoh dari motif ekonomi yang
berupa motif membantu sesama manusia!
Jawab
:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Berikan contoh tindakan ekonomi yang memiliki lebih
dari dua motif ekonomi!
Jawab
: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Daftar
Pustaka
Sukirno,sadono. 1994 . Pengantar
Teori Mikroekonomi. Jakarta : Raja Grafindo
Mushlih,Ahmad, dkk.2014. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP KELAS
VII. Jakarta : KEMENDIKBUD
Komentar
Posting Komentar