Makalah Imu Komputer

ILMU KOMPUTER
A.Pengertian Komputer
Istilah komputer diambil dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung (to compute) dengan demikian maka komputer dapat diartikan sebagai alat hitung atau mesin hitung. Akan tetapi apabila istilah komputer itu diindonesiakan menjadi mesin hitung, maka imajinasi kita akan lain dengan makna dan tujuannya. Artinya seolah-olah komputer itu disamakan dengan kalkulator. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah. Oleh karena itu istilah komputer tetap diindonesiakan dengan perkataan komputer.
Kemudian karena adanya pengertian hitung menghitung inilah sehingga banyak orang yang menyatakan bahwa mempelajari dan menggunakan komputer hanya terbatas kepada mereka yang memiliki pengetahuan matematika tinggi. Memang tak dapat disangkal bahwa proses hitung menghitung memegang peranan pada komputer. Ditinjau dari segi bahwa komputer adalah alat yang memegang peranan penting di dalam sistem pengolahan data elektronik.
          Perhitungan secara otomatik dilakukan dan dimulai pada tahun 1812 oleh seorang matematika bahasa inggris yaitu Charles Babbage. Salah satu mesin yang diciptakan adalah difference engine yang merupakan nenek moyangnya mesin komputer yang dikenal sekarang ini. Mesin tersebut digunakannya untuk perhitungan table-tabel matematika. Kemudian pada tahun 1833 diciptakan kembali suatu mesin lain yang diberi nama analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi-kalkulasi apa saja. Mesin inilah yang pertama kali dikenal sebagai General Purpose Digital Komputer.
          Bagaimana penting komputer dan bagaimana besarnya dampak yang timbul pada bidang-bidang lain, antara lain terbukti bahwa menurut para ahli program penyelidikan ruang angkasa yang dilakukan oleh negara-negara super power sekarang.
Selain berdasarkan perkembangannya sehingga menimbulkan klasifikasi komputer generasi pertama, kedua, dan ketiga. Komputer juga diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Komputer menurut jenis data yang diolah
a.       Digital Komputer
Digital komputer adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca, dan lain-lain. Mesin komputer jenis ini banyak digunakan dalam bisnis seperti untuk menghitug penjualan dan biaya.
b.      Analog Komputer
Jenis komputer ini dibuat untuk mengolah data yang bersifat kualitatif ntuk mengukur variable-variabel seperti voltase, kecepatan suara, resistansi udara dan suhu. Analog komputer ini banyak digunakan dalam kegiatan ilmiah.
c.       Hybrid Komputer
Komputer jenis ini dibuat untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif. Dengan perkataan lain, data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kuantitatif atau sebaliknya.
2.      Komputer menurut tujuan
a.       Spesial Purpose Komputer
Komputer jenis ini dibuat untuk pengolahan data yang bersifat spesifik, misalnya accounting dalam suatu kegiatan bisnis. Jadi komputer ini tidak dapat digunakan untuk pemecahan masalah lain.
b.      General Purpose Komputer
Sesuai dengan makna istilahnya komputer ini dibuat untuk keperluan pemecahan berbagai jenis masalah.





B. Sistem
Sistem adalah sekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi serta hubungan antar objek bisa dilihat sebagai salah satu kesatuan yang dirancang untuk mencapai satu tujuan.
            Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data yang menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya elemen-elemen dari sistem computer adalah software, hardware, dan brainware.
            Dari defenisi diatas pengertian sistem mencakup beberapa hal :
1.      Sistem terdiri dari unsur-unsur atau komponen bagian
2.      Bagian- bagian yang mempunyai hubungan satu sama lain dan membentuk struktur dalam sistem.
3.      Hubungan bagian-bagian sistem membentuk struktur yang mengikat keseluruhan dalam kesatuan untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

C. Analisis Sistem
Analisis sistem adalah penguraian suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagiannya masing-masing berdasarkan fungsi dan struktur yang ada. Tujuan sistem ini adalah untuk mengindentifikasi dan mengevaluasi permasalahan dan hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
            Langkah-langkah di dalam analisis sistem yaitu :
1.      Mengidentifikasi penyebab masalah
a.       Mengidentifikasi penyebab masalah
b.      Mengidentifikasi titik keputusan
2.      Memahami kerja dari sistem yang ada
a.       Menentukan jenis penelitian
b.      Merencanakan judul penelitian
c.       Membuat agenda wawancara.

D. Perancangan Sistem
Perancangan sistem dapat diartikan sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi diimplementasikan. Untuk memudahkan dan mengikuti langkah dalam pembuatan sistem tersebut. Perancangan sistem harus membuat deskripsi tentang sistem yang dibuat. Deskripsi ini kemudian akan menjadi bahan diskusi antara perancangan sistem dan pengguna sistem.
            Tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk merancang kebutuhan sistem yang diinginkan oleh pemakai serta membuat gambaran yang jelas. Langkah-langkah perancangan sistem adalah sebagai berikut :
  1. Mengadakan survey untuk mengetahui kebutuhan pemakai.
  2. Membuat deskripsi kebutuhan sistem.
  3. Merancang desain yaitu mengimplementasikan desain ke dalam program.
  4. Melakukan implementasi dengan mempresentasikan desain ke dalam program.
  5. Melakukan instalansi yaitu pemasangan perangkat sistem.

E. Alat Analisis Perancangan Sistem
Dalam merancang sebuah sistem diperlukan alat yang dapat digunakan untuk merancang sistem tersebut.
            Alat analisis perancangan sistem salah satunya adalah :
Flowchart (Diagram Aliran)
Flowchart adalah suatu skema yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai akhir. Biasanya flowchart ini sangat berguna untuk program  yang sangat panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

REKAPITULASI DAN POSTING JURNAL KHUSUS KE BUKU BESAR