Teori Biaya Produksi Sederhana


Teori Biaya Produksi
Biaya biaya  yang digunakan dalam proses produksi eliputi bahan baku ,biaya tenaga kerja langsung ,biaya overheadpabrik,yang jumlahnya lebih besar dibanding dengan jenis biaya lain.

Biaya produksi yaitu semua pengeluaran perusahaan untuk memperoleh faktor faktor produksi oleh perusahaan tersebut.
Jangka panjang ; jangka waktu dimanasemua faktor produksi dapat mengalami perubahan
Jangka pendek; jangka waktu dimana sebagian faktor produksidapat berubah dan sebagian lagi tidak dapat berubah.
1.      Analisis biaya produksi
Selisih biaya produksi terdiri dari analisis biaya,bahan baku ,tenaga kerja langsungndan biaya overhead pabrik. Analisis ini dapat digunakan sebagai alat pengendalian biaya produksi dengan biaya sesungguhnya untuk mengetahui efisiensi atau tidak efisien biaya produksi.
Dalam analisisbaya produksi perlu memperhatikan;
1.      Biaya produksi rata rata Biaya  adalah produksi total rata rata produksi tetap dan biaya variabel rata rata.
2.      Biaya Produksi marginal adalah tambahan biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk menambah 1 unit produksi.
2.      Opportunity cost
Beberapa biaya terkadang tersembunyi seperti kehilangan kesempatan untuk menggunakan input di berbagai cara ,misalnya menggunakan waktu kerja dalam menjalankan usaha sendiri sama artinya melepaskan kesempatan lain untuk mendapatkan pekerjaan dari pekerjaan lain
Suatu barang mempunyai pemakaian alternatif yang bermacam macam,misalnya; komoditas pertanian dilihat dari kwalitasnya A,B,C,dan D barang dengan kwalitas A jarang dibuat karena permintaan akan barang B dan C diminati dan terjangkau oleh konsumen,oleh kerena itu hanya pada occasion tertentu saja barang A di produksiseperti;menjelanglibur keagamaan nasional(hari keagaagamaaan dan tahun baru).
3.      Short run suatu input variabel
Fungsi jangka pendek
1.      Mengidentifikasikan efisiensi untuk memproduksi sesuai dengan output yang dikeluarkan
2.      Biaya variabel;biaya bahan baku
3.      Biaya total;biaya variabel ditambah biaya tetap
4.      Dapat diukur secara grafik maupun matematis

5.       Analisis biaya jangka pendek
Jangka waktu dimana sebagian faktor produksi tidak dapat ditambah jumlahnya.
1.      Biaya tetap total (TFC), yaitukeseluruhan biaa produksi yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah output tertentu baik bersifat tetap atau variabel.
2.      Biaya Variabel total (TVC) yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor produksi yang bersifat variabel.
3.      Biaya Total (TC)yaitu biaya yang julahnya tidak terhitung dari banyak sedikitnya jumlah output bahkanbila untuk sementaraproduksi dihentikan ,biaya tetap ini harus tetap dikeluarkan dallm jumlah yang sama

TC=TFC+TVC
6.      Long Run dua input variabel
Dalam biaya jangka panjang semua input adalah biaya variabel,produksi perusahaan akan efisien apabila menggunakan kombinasi dari input yang berbeda kombinasi dengan biaya terendah yang lebih efisien .Jika sebuah perusahaan mempunyai dua inpu yakni K dan L maka input dan output that are firely divisible.
7.      Analisis biaya Jangka panjang
Suatu proses produksi dimana sumberdaya yang digunakan dalam proses produksi bersifat variabel jumlahnya dapat berubah-ubah.Fungsi biaya jangka panjang meliputi biaya rata rata jangka panjang (LAC)biaya marginal jangka panjang (LMC) yang dieroleh dari biaya total jangka panjang(LTC).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

Teori Biaya Produksi