RPP Pendidikan Budi Pekerti Kelas VII SMPS Teladan PTSU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
 
Mata Pelajaran            : Pendidikan Budi Pekerti
Kelas / Semester          : VII ( Ganjil)
Pertemuan ke              : 1 dan 2
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit
Standar Kompetensi   : 1. Menjelaskan budi pekerti
Kompetensi Dasar       : 1.1. Memperkenalkan konsep pengendalian diri
                                      1.2. Mendeskripsikan konsep menghormati diri
Indikator                     : 1. Menjelaskan tentang pengendalian diri
                                      2. Menjelaskan bagaimana menghormati diri dan orang lain
I.Tujuan Pembelajaran       
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :
Ø  Mengendalikan diri dari pengaruh – pengaruh luar yang tidak sesuai dengan akhlak dan moral.
Ø  Menghormati diri dan diri orang lain.
II. Materi Ajar
Pertemuan I ( Pertama )
Pengendalian Diri
Pengendalian diri adalah suatu keinginan dan kemampuan dalam menggapai kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang pada hak dan kewajibannya sebagai individu dalam kehidupan keluarga,masyarakat,bangsa dan Negara. Pengertian serasi, selaras dan seimbang dalam pengendalian diri.
Ø  Serasi adalah kesesuaian / kesamaan antar semua unsur pendukung  agar menghasikan keterpaduan yang utuh.
Ø  Seimbang adalah jumlah yang sama besar antara hak dan kewajiban.
Ø  Selaras adalah suatu hubungan baik yang dapat menciptakan ketentraman lahir dan batin.
Contoh sikap dan pengendalian diri :
1.      Dalam keluarga
Hidup sederhana dan tidak suka pamer harta kekayaan.
2.      Dalam masyarakat
Saling menghormati dan menghargai orang lain.
3.      Dalam lingkungan sekolah
Patuh dan taat pada peraturan di sekolah
Pertemuan I1 ( Dua )
Menghormati diri dan orang lain
            Menghormati orang lain adalah upaya menempatkan orang lain sebagai partner dan relasi untuk saling bersinergi. Ini artinya,  kita harus pandai – pandai memanfaatkan  sumber – sumber kehidupan baik manusia lain maupun alam dengan segala isinya untuk dijadikan  mitra pendukung dalam menciptakan kedamaian  dan kesejahteraan dunia. Karena itu penghormatan yang kita lakukan akan berdampak  keselamatan semua pihak.
            Menghormati diri hanyalah akibat baik  yang ditimbulkan  karena penghormatan yang kita lakukan kepada sesama dan lingkungannya. Menghormati diri sendiri adalah dasar bagaimana kita  bisa bersikap baik diri sendiri dan kepada orang lain. Kepada orang yang ada disekitar  kita, kepada mereka yang lebih tua, kepada sahabat atau kepada siapapun yang ada dan sekiranya Nampak oleh panca indra kita.
III. Metode Pembelajaran


-          Ceramah
-          Diskusi
-          Tanya Jawab
-          Latihan


IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal

A.    Apersepsi

Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran yang lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.

B.     Motivasi

Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang pengendalian diri dan menghormati diri dan orang lain.

2.      Kegiatan Inti

A.    Eksplorasi

Ø  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang Pengendalian diri dan menghormati diri dan orang lain.

Ø  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperatif.

Ø  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

Ø  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

B.     Konsolidasi Pembelajaran.

Ø  Mendeskripsikan pengertian Pengendalian diri dan menghormati diri dan orang lain.

Ø  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.

Ø  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan - pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C.    Pembentukan Sikap dan Perilaku

Ø  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.

Ø  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3.      Kegiatan Akhir

A.    Repleksi

Ø  Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran.

Ø  Guru memberikan kesimpulan tentang hasi diskusi yang dilaksanakannya.

B.     Penilaian

Ø  Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis.

Ø  Afektif yaitu guru memberikan penilaian terhadap kreatif dan aktivitas siswa didalam menerima pelajaran atau didalam melaksanakan diskusi.

C.    Penugasan

Ø  Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok selanjutnya.

V. Alat / Sumber

Ø  Alat                   : Papan Tulis, Spidol, Buku Pelajaran

Ø  Sumber             : Buku Pelajaran Budi Pekerti untuk SMP kelas VII, Nurelide Munthe dan                             OK.Sahril Penerbit Mitra.

VI. Penilaian : Butir Soal

  1. Apa yang dimaksud dengan pengendalian diri ?
  2. Jelaskan pengertian serasi, selaras dan seimbang ?
  3. Tuliskan contoh sikap dan perilaku pengendalian diri dalam:

a. Keluarga

b. Masyarakat

c. Lingkungan Sekolah                    

     4.  Jelaskan bagaimana menghormati diri dan orang lain ?

     5.  Tuliskan contoh yang tidak menghormati diri ( 2 ) dan orang lain ( 2 )?

Kunci Jawaban

No
Jawaban
Skor
1
 
 
 
2
 
 
 
 
3
 
 
 
4
 
 
5
Pengendalian diri adalah suatu keinginan dan kemampuan dalam menggapai kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang pada hak dan kewajibannya sebagai individu dalam kehidupan keluarga, masyarakat, Bangsa dan  Negara.
Serasi adalah kesesuaian / kesamaan antar semua unsur pendukung agar menghasilkan keterpaduan yang utuh.
Seimbang adalah jumlah yang sama besar, hak dan kewajiban.
Selaras adalah suatu hubungan baik yang dapat menciptakan ketentraman lahir dan batin.
a)      Keluarga : tunduk dan taat terhadap aturan serta perintah                        orangtua.
b)      Masyarakat : saling menghormati dan menghargai orang lain.
c)      Lingkungan sekolah : patuh dan taat pada peraturan sekolah.
Cara menghormati diri dan orang lain adalah menjaga diri supaya tidak terbawa arus atau perilaku yang bertentangan dengan moral dan menempatkan orang lain dan relasi untuk saling bersinergi.
2 contoh sikap yang tidak menghormati diri
  1. Memakai narkoba
  2. Minuman beralkohol
2 contoh sikap yang tidak  menghormati orang lain
  1. Tawuran antar pelajar
  2. Menganggu orang lain yang sedang beribadah.
10
 
 
 
30
 
 
 
 
30
 
 
 
10
 
 
40


Kriteria Penilaian

Skor Perolehan­­­    x  100

Skor maksimal

Kriteria Penilaian

Nilai    :  90 – 100       : Sangat Baik

77 – 89         : Baik

65 – 76         : Cukup

0  -  64          : Kurang

Siswa yang memperoleh nilai < 65 diberikan remedial


Mengetahui                                                                             Medan,     Juli 2016

Kepala SMP Swasta Teladan                                                  Guru Mata Pelajaran

 

 
Liston Simangunsong, S.Pd, S. Kom                                          Sahat Silverius Sijabat, S.Pd.

 
(NB: Untuk Versi Lengkap Hubungi 085297520612)
Gratisss

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

Teori Biaya Produksi