KISI KISI SOAL UJIAN SEMESTER PEND. BUDI PEKERTI KELAS VII SMP T.P 2016/2017
KISI KISI SOAL UJIAN SEMESTER PEND. BUDI PEKERTI
KELAS/SEM : VII SMP SEM. GANJIL T.P 2016/2017
SEKOLAH : SMP S TELADAN PERGURUAN TELADAN SUMATERA UTARA(PTSU)
GMP: SAHAT SILVEIUS SIJABAT, S.Pd
NO HP: 085297520612
SOAL
PILIHAN BERGANDA (45 BUTIR)
ESSAY (5 BUTIR)
1.
Suatu keinginan dan kemampuan
dalam menggapai kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang pada hak dan
kewajibannya sebagai individu dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan
Negara disebut….
a.
Pengendalian diri
b.
Ketenangan diri
c.
Kemandirian
d.
Hak diri
2.
Kesesuaian/kesamaan antar semua
unsur pendukung agar menghasilkan keterpaduan disebut….
a.
Serasi
b.
Seimbang
c.
Selaras
d.
Semena-mena
3.
Contoh sikap pengendalian diri
dalam lingkungan sekolah adalah….
a.
Hidup sederhana dan tidak suka
pamer kekayaan
b.
Daling menghormati dan
menghargai orang lain
c.
Patut dan taat terhadap
peraturan sekolah
d.
Aktif bermasyarakat
4.
Contoh sikap pengendalian diri
dalam lingkungan keluarga….
a.
Patut dan taat terhadap nasehat
orang tua
b.
Senang ikut kerja bakti
c.
Tidak suka mengejek teman
d.
Hidup rukun dimasyarakat
5.
Upaya menempatkan orang lain
sebagai painter dan relasi untuk saling bersinergi adalah….
a.
Menghormati diri
b.
Menghormati orang lain
c.
Menghormati tetanggga
d.
Menghormati yang lebih tua
6.
Dasar bagaimana kita bisa
bersikap baik diri sendiri dengan cara….
a.
Menghormati diri
b.
Menghormati orang lain
c.
Menghormati tetangga
d.
Menghormati yang lebih tua
7.
Contoh orang yang tidak
menghormati diri sendiri….
a.
Kebohongan
b.
Tepat waktu
c.
Bersopan santun
d.
Mudah marah
8.
Contoh orang yang bisa
menghormati diri sendiri adalah….
a.
Janji palsu
b.
Mengejek orang lain
c.
Berani mengakui kesalahannya
dan mau minta maaf
d.
Angkuh
9.
Manusia terlahir sebagai
makhluk sosial artinya….
a.
Manusia membutuhkan tumbuhan
b.
Manusia membutuhkan hewan
c.
Manusia membutuhkan orang lain
d.
Manusia membutuhkan makanan
10.
Kebersamaan dapat dikatakan
sebagai….
a.
Persatuan
b.
Persamaan
c.
Perbedaan
d.
Persemakmura
11.
Semboyan Negara kita Indonesia
adalah….
a.
Tut wuri handayani
b.
Bhineka tunggal ika
c.
Ingarso sung tulada
d.
Persatuan reconsialisasi
12.
Ilustrasi sapu lidi menjelaskan
kepada kita arti pentingnya….
a.
Kebersamaan dan persatuan
b.
Kepentingan pribadi
c.
Kepentingan umum
d.
Perpecahan
13.
Perubahan yang mempunyai
tanggub jawab pribadi dan yag tidak tanggung jawabdapat dilihat dari….
a.
Jabatan
b.
Usia
c.
Tingkah laku
d.
Jenis kelamin
14.
Salah satu ciri-ciri orang yang
tidak bertanggung jawab
a.
Mengerjakan pekerjaan yang
diberikan
b.
Tidak mengadu domba
c.
Selalu menghasilkan yang baik
d.
Sering tidak mengerjakan tugas
15.
Cirri-ciri orang yang tidak
bertanggung jawab adalah….
a.
Selalu santai tiap keadaan
b.
Sering tidak mengerjakan
pekerjaan tidak tuntas
c.
Bila terjadi kesalahan, selalu
menyalahkan orang lain
d.
Selalu optimis dan menghasilkan
pekerjaan yang terbaik
16.
Contoh sikap jujur adalah….
a.
Mencontek saat ujian
b.
Mencuri uang orang tua
c.
Membodohi orang lain
d.
Pedagang mengambil untung
sesuai aturan
17.
Contoh sikap tidak jujur
adalah….
a.
Mencontek saat ujian
b.
Selalu berkata benar
c.
Pedagang dengan sesuai aturan
d.
Tidak ada jawaban yang benar
18.
Kenapa kejujuran adalah
kesadaran….
a.
Karena seseorang sadar maka
tentu akan berbuat jujur
b.
Karena seseorang sadar maka
tentu akan berbuat curang
c.
Karena seseorang sadar maka
tentu akan berbuat keadilan
d.
Karena seseorang sadar maka
tentu akan berbuat nyaman
19.
Percaya dalam hati mengikrarkan
dalam hati dan melakukan dalam perbuatan adalah pengertian dari….
a.
Kejujuran
b.
Keadilan
c.
Iman
d.
Pengendalian diri
20.
Masih menjalankan apa yang
diwajibkan tetapi juga masih melakukan apa yang dilarang….
a.
Taqwa
b.
Iman
c.
Kepercayaan
d.
Ketuhanan
21.
Kenapa manusia harus perlu
beriman dan bertaqwa
a.
Karena kita sebagai umat yang
beragama yang percaya akan eksistensi Tuhan
b.
Karena itu memang penting
c.
Iman merupakan pegangan hidup
d.
Semua benar
22.
Sikap dan perilaku dalam kehidupan
sehari-hari yang terdapat dalam nilai-nilai agama, kecuali….
a.
Taat ibadah
b.
Rajin mendengar khotbah
c.
Suka menolong sesama
d.
Melakukan maksiat
23.
Jika anda melihat ada tawuran
siswa. Bagamana sikapmu melihat hal tersebut….
a.
Ikuttawuran membela teman
sekolahmu
b.
Menghindari untuk tidak
terlibat
c.
Diam saja, sambil menyaksikan
dari jauh
d.
Ikut membela musuh
24.
Jika kamu ada seorang teman
yangselalu membuat keributan dikelas saat ajam pelajaran. Bagaimana sikap kamu
melihat temanmu tersebut !
a.
Memerahinya dan tidak mau
berteman dengannya
b.
Diam saja
c.
Menasihatinya agar tidak
berbuat demikian
d.
Mengejek teman yang membuat
keributan tersebut
25.
Contoh sikap baik sangka
adalah….
a.
Tidak mencurigai orang lain
b.
Tidak menuduh orang lain
melakukan hal yang tidak baik
c.
Tidak menzolimi orang lain
d.
Sumua jawaban benar
26.
Contoh aplikasi penerapan nilai
baik sangka adalah….
a.
Sselalu menghindari hal-hal
benruk mengakibatkan orang lain berburuk sangka kepada kita
b.
Tidak menuduh orang lain
melakukan hal yang tidak baik
c.
Tidak mezolimi orang lain
d.
Tidak menggosipi orang lain
27.
Berbaik sangka adalah termasuk
golongan….
a.
Kewajiban
b.
Ibadah
c.
A dan B benar
d.
A dan B salah
28.
Berikut ini usaha-usaha yang
dapat dilakukan pihak sekolah untuk memperbaiki pola pikir siswa tentang sikap
patriotisme , kecuali….
a.
Melestarikan budaya bangsa
seperti melakukan upacara bendera setiap hari senin
b.
Membudidayakan buang sampahnya
pada tempatnya
c.
Melestarikan budaya malu
d.
Sering terlambat untuk sekolah
29.
Sikap patriotisme siswa yang
menyimpang, kecuali….
a.
Masih banyak siswa yang bolos
sekolah
b.
Tidak mencintai produk dalam
negeri
c.
Menaati peraturan sekolah
d.
Perkelahian antar pelajar
30.
Sempah pemuda mempunyai peranan
penting pada patriotisme pada pemuda imdonesia sumpah pemuda diadakan pada
tahun….
a.
1928
b.
1982
c.
1829
d.
1892
31.
Sikap arti patriotisme generasi
muda adalah sebagai berikut, kecuali….
a.
Menkonsumsi minuman keras
b.
Pergaulan bebas
c.
Suka tawuran
d.
Menjauhi larangan agama
32.
Berikut ini kegiatan-kegiatan
yang positif menunjukkan rasa patriotisme, kecuali….
a.
Kegiatan berolahraga
b.
Pentas drama
c.
Berdiskusi
d.
Bolos sekolah
33.
Membangun sikap patriotisme
pada anak melalui pendidikan dimulai sejak….
a.
Sejak dini agar memiliki jiwa
patritisme
b.
Sejak dewasa
c.
Sejak terjadinya kehancuran
d.
Kapan saja kalau Negara
membutuhkan
34.
Suatu kepercayaan akan
kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat
dimanfaatkan secara tepat adalah defenisi dari….
a.
Patriotisme
b.
Percaya diri
c.
Pengendalian diri
d.
Kemampuan diri
35.
Contoh metode untuk memasuki
alam bawah sadar adalah sebagai berikut….
1.
Meditasi
2.
Yoga
3.
Tai chi
4.
Karate
a.
1, 2 dan 3 benar
b.
1 dan 2 benar
c.
2, 3 dan 4 benar
d.
Semua salah
36.
Contoh sikap yang menghormati
Ibu adalah….
a.
Melawan Ibu
b.
Mengikuti nasehat Ibu
c.
Menjauhi Ibu
d.
Tidak mau disuruh Ibu
37.
Kasih Ibu….
a.
Sepanjang jalan
b.
Satu tahun
c.
Lima tahun
d.
Tidak pernah ada
38.
Dapat menghargai dan
menghormati perasaan orang lain adalah pengertian dari….
a.
Tenggang rasa
b.
Adil
c.
Mufakat
d.
Kebesamaan
39.
Contoh sikap tenggang rasa
adalah….
a.
Memasang music kuat-kuat saat
orang lain tidur
b.
Tertawa keras saat orang lain
belajar
c.
Membuat orang lain sakit hati
d.
Ikut merasakan ataupun
berempati terhadap teman yang sakit
40.
Contoh sikap tenggang rasa
adalah, kecuali….
a.
Mengecilkan suara TV saat kakak
belajar
b.
Tidak ribut ketika didalam
ruangan kelas
c.
Menghormati orang yang lebih
tua dari kita
d.
Melanggar rambu-rambu lalu
lintas
41.
Siapa nama ahli tentang pemalu
pada anak yang telah meneliti bahwa siswa pemalu dianggap kurang kompeten
adalah….
a.
Lynne Kelly
b.
Thomas Alfa Edison
c.
Leonardo De Unci
d.
Lucas Grahambel
42.
Penelitian menunjukkan bahwa
siswa yang pemalu akan memiliki nilai lebih rendah daripada rata-rata siswa
yang….
a.
Tidak pemalu/pemberani
b.
Bandal
c.
Jahat
d.
Nakal
43.
Malu mendapat nilai 100, 90, 80
tapi hasil dari menyontek dan ketidak jujuran merupakan nilai dari budaya
malu….
a.
Budaya malu pembuat onar
b.
Budaya malu meremehkan orang
lain
c.
Budaya malu tidak mempunyai
sopan santun
d.
Budaya malu tidak belajar
44.
Dimana semua orang mendapatkan
hak menurut kewajibannya adalah pengertian….
a.
Budaya malu
b.
Tenggang rasa
c.
Adil
d.
Patriotism
45.
Longgarnya pegangan terhadap
Agama menyebabkan kalangan remaja melalkukan….
a.
Perilaku menyimpang
b.
Perilaku terlatih
c.
Perilaku terpimpin
d.
Perilaku terkontrol
Essay
46.
Tuliskan pengertian dari
pengendalian diri !
47.
Tuliskan penertian dari Iman !
48.
Tuliskan pengertian dari
patriotisme !
49.
Tuliskan minimal sikap budaya
malu dalam nilai-nilai budi pekerti seorang siswa !
50.
Tuliskan pengertian dari Adil !
Komentar
Posting Komentar