RPP Pendidikan Budi Pekerti Kelas VII SMPS Teladan PTSU
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII ( Ganjil)
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan budi pekerti
Kompetensi Dasar : 1.1. Memperkenalkan konsep pengendalian
diri
1.2. Mendeskripsikan konsep menghormati diri
Indikator : 1. Menjelaskan tentang pengendalian diri
2. Menjelaskan bagaimana menghormati diri dan
orang lain
I.Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :
Ø Mengendalikan
diri dari pengaruh – pengaruh luar yang tidak sesuai dengan akhlak dan moral.
Ø Menghormati
diri dan diri orang lain.
II.
Materi Ajar
Pertemuan
I ( Pertama )
Pengendalian
Diri
Pengendalian
diri adalah suatu keinginan dan kemampuan dalam menggapai kehidupan yang
selaras, serasi dan seimbang pada hak dan kewajibannya sebagai individu dalam
kehidupan keluarga,masyarakat,bangsa dan Negara. Pengertian serasi, selaras dan
seimbang dalam pengendalian diri.
Ø Serasi
adalah kesesuaian / kesamaan antar semua unsur pendukung agar menghasikan keterpaduan yang utuh.
Ø Seimbang
adalah jumlah yang sama besar antara hak dan kewajiban.
Ø Selaras
adalah suatu hubungan baik yang dapat menciptakan ketentraman lahir dan batin.
Contoh
sikap dan pengendalian diri :
1. Dalam
keluarga
Hidup
sederhana dan tidak suka pamer harta kekayaan.
2. Dalam
masyarakat
Saling
menghormati dan menghargai orang lain.
3. Dalam
lingkungan sekolah
Patuh
dan taat pada peraturan di sekolah
Pertemuan
I1 ( Dua )
Menghormati
diri dan orang lain
Menghormati
orang lain adalah upaya menempatkan orang lain sebagai partner dan relasi untuk
saling bersinergi. Ini artinya, kita
harus pandai – pandai memanfaatkan
sumber – sumber kehidupan baik manusia lain maupun alam dengan segala
isinya untuk dijadikan mitra pendukung
dalam menciptakan kedamaian dan
kesejahteraan dunia. Karena itu penghormatan yang kita lakukan akan
berdampak keselamatan semua pihak.
Menghormati
diri hanyalah akibat baik yang
ditimbulkan karena penghormatan yang
kita lakukan kepada sesama dan lingkungannya. Menghormati diri sendiri adalah
dasar bagaimana kita bisa bersikap baik
diri sendiri dan kepada orang lain. Kepada orang yang ada disekitar kita, kepada mereka yang lebih tua, kepada
sahabat atau kepada siapapun yang ada dan sekiranya Nampak oleh panca indra
kita.
III.
Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya Jawab
-
Latihan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
A.
Apersepsi
Guru mengingatkan siswa
tentang pelajaran yang lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi
pokok pelajaran yang akan diajarkan.
B.
Motivasi
Memberikan dorongan
kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang pengendalian diri dan
menghormati diri dan orang lain.
2.
Kegiatan
Inti
A.
Eksplorasi
Ø Guru
menjelaskan materi pokok pelajaran tentang Pengendalian diri dan menghormati
diri dan orang lain.
Ø Guru
membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk
didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperatif.
Ø Kelompok
mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
Ø Kelompok
menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
B. Konsolidasi Pembelajaran.
Ø Mendeskripsikan
pengertian Pengendalian diri dan menghormati diri dan orang lain.
Ø Siswa
mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang
berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
Ø Siswa
mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan - pertanyaan kelompok lainnya dalam
diskusi tersebut.
C.
Pembentukan
Sikap dan Perilaku
Ø Siswa
dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
Ø Siswa
dapat berdiskusi dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.
Kegiatan
Akhir
A. Repleksi
Ø Guru
memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran.
Ø Guru
memberikan kesimpulan tentang hasi diskusi yang dilaksanakannya.
B.
Penilaian
Ø Kognitif
yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis.
Ø Afektif
yaitu guru memberikan penilaian terhadap kreatif dan aktivitas siswa didalam
menerima pelajaran atau didalam melaksanakan diskusi.
C.
Penugasan
Ø Menugaskan
masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku terkait dengan
materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok selanjutnya.
V. Alat / Sumber
Ø Alat
:
Papan Tulis, Spidol, Buku Pelajaran
Ø Sumber :
Buku Pelajaran Budi Pekerti untuk SMP kelas VII, Nurelide Munthe dan OK.Sahril
Penerbit Mitra.
VI.
Penilaian : Butir Soal
- Apa
yang dimaksud dengan pengendalian diri ?
- Jelaskan
pengertian serasi, selaras dan seimbang ?
- Tuliskan
contoh sikap dan perilaku pengendalian diri dalam:
a.
Keluarga
b.
Masyarakat
c.
Lingkungan Sekolah
4. Jelaskan bagaimana menghormati
diri dan orang lain ?
5. Tuliskan contoh yang tidak
menghormati diri ( 2 ) dan orang lain ( 2 )?
Kunci
Jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
4
5
|
Pengendalian diri
adalah suatu keinginan dan kemampuan dalam menggapai kehidupan yang selaras,
serasi dan seimbang pada hak dan kewajibannya sebagai individu dalam
kehidupan keluarga, masyarakat, Bangsa dan
Negara.
Serasi
adalah kesesuaian / kesamaan antar semua unsur pendukung agar menghasilkan
keterpaduan yang utuh.
Seimbang
adalah jumlah yang sama besar, hak dan kewajiban.
Selaras
adalah suatu hubungan baik yang dapat menciptakan ketentraman lahir dan
batin.
a) Keluarga
: tunduk dan taat terhadap aturan serta perintah
orangtua.
b) Masyarakat
: saling menghormati dan menghargai orang lain.
c) Lingkungan
sekolah : patuh dan taat pada peraturan sekolah.
Cara menghormati diri
dan orang lain adalah menjaga diri supaya tidak terbawa arus atau perilaku
yang bertentangan dengan moral dan menempatkan orang lain dan relasi untuk
saling bersinergi.
2 contoh sikap yang
tidak menghormati diri
2 contoh sikap yang
tidak menghormati orang lain
|
10
30
30
10
40
|
Kriteria
Penilaian
Skor Perolehan x
100
Skor maksimal
Kriteria Penilaian
Nilai : 90 – 100 :
Sangat Baik
77
– 89 : Baik
65
– 76 : Cukup
0 - 64 : Kurang
Siswa yang memperoleh nilai < 65
diberikan remedial
Mengetahui Medan, Juli 2016
Kepala SMP Swasta Teladan Guru
Mata Pelajaran
Liston Simangunsong, S.Pd, S. Kom Sahat
Silverius Sijabat, S.Pd.
Gratisss
Komentar
Posting Komentar