Lampiran Penjelasan Skala Penilaian APKG PPLT Unimed



     Lampiran 33            

PENJELASAN SKALA PENILAIAN APKG I

No.
Indikator
Deskriptor
Skala penilaian
1.
Perumusan Tujuan Pembelajaran Khusus
a. Dirumuskan secara jelas
b. Lengkap mengandung ABCD
c. Berurutan secara logika
Nilai :
1.Tidak satupun deskriptor tampak
2. Satu deskriptor tampak
3. Dua deskriptor tampak
4.Tiga deskroiptor tampak
2.
Pengorganisasian Bahan/Materi
a. Dikembangkan sesuai TPK
b. Relevan dengan perkembangan terakhir (kemutakhiran)
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
3.
Rancangan Kegiatan Pembelajaran
a. Ada pendekatan pembelajaran sesuai dengan TPK
b. Ada metode pembelajaran sesuai dengan TPK
c. Lagkah kegiatan pembelajaran sistematis
d. Jenis Kegiatan pembelajaran bervariasi
e. Ada lokasi waktu yang terperinci
Nilai :
1. Dua deskriptor tampak
2. Tiga deskroiptor tampak
3. Empat deskriptor tampak
4. Lima deskriptor tampak
4.
Rancangan Media Pembelajaran

Nilai :
1. Tidak direncanakan penggunaan media
2. Direncanakan, tetapi tidak sesuai dengan TPK
3. Direncanakan, satu jenis media sesuai dengan TPK
4. Lebih dari satu dan sesuai dengan TPK
5.
Pemilihan Sumber Pembelajaran
a. Sesuai dengan TPK
b. Sesuai dengan materi/bahan
c. Sesuai dengan perkembangan sisiwa
d. Dicantumkan lebih dari satu
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
6.
Rancangan Penilaian
a. Ditentukan prosedur penilaian
b. Ditentukan jenis penilaian yang sesuai dengan TPK
c. Dirumuskan alat penilaian sesuai dengan TPK
d. Dicantumkan kunci jawaban
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
7.
Kebersihan dan Kerapaian
a. Tulisan mudah dibaca
b. Tidak banyak coretan
c. Bentuk tulisan ajek/konsisten
d. Ilustrasi bersih dan menarik
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak


Lampiran 34
PENJELASAN SKALA PENILAIAN APKG  II
No
Indikator
Deskriptor
SkalaPenilaian
1.
Keterampilan Membuka Pelajaran
a.   Dilakukan orientasi
b.  Dilakukan appersepsi
c.   Ada usaha memotivasi siswa
d.  Ada pemberiana acuan
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
2.
PenyajianMateri
a.   Menguasai bahan
b.  Penyajiannya jelas
c.   Penyajiannya sistematis
d.  Ada pengayaan  materi
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
3.
Strategi Pembelajaran
a.   Pendekatan pembelajaran digunakan sesuai dengan pencapaian TPK
b.  Penggunaan metode sesuai dengan yang direncanakan
c.   Pembelajaran dilaksanakan dengan sistematika
d.  Kegiatan pembelajaran bervariasi
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
4.
Pemanfaatan Media Pembelajaran
a.   Ketersediaan media/alatperaga
b.  Kesesuaian media denganmateri
c.   Kualitas media
d.  Keterampilan guru menggunakan media
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
5.
Pengelolaan Kelas
a.   Upaya menertibkan  siswa
b.  Upaya melibatkan siswa
c.   Menangan iperilaku siswa bermasalah
d.  Menata fisik kelas
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
6.
PenilaianPembelajaran
a.   Pretes
b.  Penilaian proses
c.   Penilaianakhir
d.  Umpan balik
Nilai:
1. Satudeskriptortampak
2.  Duadeskriptortampak
3. Tigadeskriptortampak
4.  Empatdeskriptortampak
7.
Keterampilan Menutup Pelajaran
a.   Menyimpulkan mater I pelajaran
b.  Memberi tugas
c.   Menyarikan manfaat pelajaran
d.  Menginformasikan materi pelajaran selanjutnya
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
8
Sikap calon guru selama pembelajaran
a.   Ada kesungguhan
b.  Ada ketegasan
c.   Ada keterbukaan
d.  Ada keobyektifa
Nilai:
1. Satu deskripto rtampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
9
Efisiensi Penggunaan Waktu
a.   Ketepatan memulai pelajaran
b.  Ketepatan menyajikan materi
c.   Ketepatan mengadakan evaluasi
d.  Ketepatan mengakhiri pelajaran
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak



Lampiran 35

PENJELASAN SKALA PENILAIAN APKG  III
No
Indikator
Deskriptor
SkalaPenilaian
1.
Kedisiplinan
a.   Mengikuti tata tertib sekolah
b.  Hadir tepat waktu
c.   Mengerjakan tugas tepat waktu
d.  Tertib berbusana
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
2.
Tanggung Jawab
a.   Mengerjakan tugas sesuai kesepakatan
b.   Sesuai pada keputusan
c.   Bersedia menanggung resiko
Nilai:
1.  Tidak satu pun deskriptor tampak
2. Satu deskriptor tampak
3.  Dua deskriptor tampak
4. Tiga deskriptor tampak
3.
Kepemimpinan
a.   Ada prakarsa
b.  Peka terhadap masalah
c.   Berani mengambil keputusan
d.  Mampu menggerakkan orang lain
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor tampak
4.
Kemampuan Bekerjasama
a.   Dapat bekerjasama dengan sejawat
b.  Dapat bekerjasama dengan guru pamong
c.   Dapat bekerjasama dengan petugas lainnya
d.  Berperan aktif dalam berbagai kegiatan sekolah
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
5.
Kesetia kawanan Kolegial
a.   Kesediaan membantu sejawat yang bermasalah
b.  Kesediaan membantu guru pamong melaksanakan tugas
c.   Kesediaan membantu kegiatan kelompok
Nilai:
1.  Tidak satupun deskriptor tampak
2. Satu deskriptor tampak
3.  Dua deskriptor tampak
4. Tiga deskriptor tampak
6.
Sikap terhadap Kasek, Guru Pamong, Dosen Pembimbing, Guru dan Personil Sekolah
a.   Bersikap sopan setiap melakukan kontak sosial
b.   Menunjukkan rasa hormat/ penghargaan yang wajar
c.   Berupaya menggali pengalaman positif dari  para senior
d.   Memungsikan sejawat senior sebagai supervisor
Nilai:
1. Satudeskriptortampak
2.  Duadeskriptortampak
3. Tigadeskriptortampak
4.  Empatdeskriptortampak
7.
Sikap terhadap siswa
a.    Menunjukkan sikap empati
b.   Menunjukkan sikap siap membantu
c.    Menunjukkan sikap bersahabat
d.   Menunjukkan sikap dapat dipercaya
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor  tampak
8
Sikap terhadap masyarakat
a.   Menunjukkan sikap ramah
b.   Menunjukkan sikap sopan
c.   Menunjukkan sikap konsistensi
d.   Menunjukkan kesediaan membantu
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2.  Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4.  Empat deskriptor stampak



























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

SEJARAH PEMIKIR EKONOMI KAUM NEOKLASIK