Budidaya Ikan Hias

  Budidaya Ikan Hias
 
  BAB I
PENDAHULUAN
                                                                                                                
A. Latar Belakang dan Motivasi Usaha
Budidaya ikan hias merupakan usaha yang sangat menarik  untuk di geluti. Ikan hias suatu primadona bagi kalangan masyarakat umumnya. Disetiap rumah sering kita melihat aquarium berisikan ikan-ikan hias, ikan-ikan hias ini adalah asesoris rumah-rumah orang kalangan mampu. Melihat kondisi pasar, sedikit orang melakukan usaha budidaya ikan hias.
Dalam hal ini, kami melihat peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan para pecinta ikan hias tersebut, karena dalam kehidupan orang elit ikan hias merupakan  faktor-faktor pendukung seperti halnya lingkungan, suasaha rumah, perasaan. Dengan adanya budidaya ikan hias ini dapat mempermudah memdapatkan ikan hias.
 Melihat lokasi yang akan kami buka usaha ini lingkungannya sangat mendukung budidaya ikan hias, lokasi ini juga terdiri dari masyrakat umum, pelajar mahasiswa,terutama mahasiswa olahraga unimed yang sangat menbutuhkakan peralatan olahraga.

B.Justifikasi Pemilihan Objek Usaha
Budidaya ikan hias dipilih sebagai usaha merupakan hasil pertimbangan yang matang dan menyeluruh  bahwa budidaya ikan hias mempunyai  manfaat, yaitu disamping dapat mengasilkan profit yang tinggi, juga dapat memberikan pengaruh/sumbangsih  yang besar bagi masyarakat, yang tentunya didukung dengan kondisi lingkungan tempat usaha ini dilaksanakan di daerah yang berdekatan dengan beberapa sekolah dan kampus/perguruan tinggi, yang tidak menutup kemungkinan kalangan tersebut suka dengan ikan hias.

C. Tujuan Usaha yang Hendak Dicapai
            Usaha ini dilaksanakan tentunya dengan tujuan mendapatkan profit/keuntungan dari hasil budidaya ikan hias dan dengan penyediaan bibit dan ikan yang baik dan memiliki banyak jenis ikan hias. Selain itu, kelompok ini juga
mendapatkan keuntungan non-material seperti kesempatan untuk pengembangan ilmu kewirausahan di lapangan.
















BAB II
SRATEGI USAHA

A.    Strategi Untuk Mencapai Keberhasilan Usaha
Dalam membuka sebuah usaha di bidang budidaya ikan hias, kita mutlak harus melihat dari sisi permintaan pasar dan lokasi dimana usaha itu akan didirikan . Selain itu, juga harus memiliki daya tarik atau keunggulan tersendiri sehingga para pembeli (orang yang ingin berbelanja barang) merasa nyaman dan puas terhadap barang yang kami tawarkan.
Untuk itu, kami akan menyediakan dan membenahi ruangan yang luas, nyaman, bersih, rapi dan menarik. Karena usaha yang akan kami jalankan ini adalah budidaya ikan hias, maka kami akan melengkapi fasilitas-fasilitas dan barang yang berkualitas baik dan mendukung perlengkapan dan kebutuhan para konsumen.
Adapun keunggulan-keunggulan usaha budidaya ikan hias yang akan kami jalankan ini dibandingkan dengan budidaya ikan hias yang lain pada umumnya adalah  dilengkapi dengan berbagai jenis ikan hias yang cantik dan sehat, yang berkualitas baik dan harga yang sangat terjangkau  sehingga konsumen atau pelanggan yang akan menggunakan barang yang kami tawarkan merasa puas dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik.
Lokasi sebagai tempat usaha yang akan kami jalankan juga sangat strategis, karena terletak/berada tepat diantara beberapa sekolah umum, kampus dan tempat umum yang biasa digunakan masyarakat untuk berolahraga.Kondisi jalan di daerah usaha ini juga sangat baik yang dapat dilalui masyarakat yang gemar dengan ikan hias.


B.     Strategi Pemasaran
1.      Produk
Usaha yang akan kami jalankan adalah berupa usaha budidaya ikan hias dengan berbagai jenis ikan hias yang cantik dan sehat. Untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para pelanggan,kami membenahi ruang yang baik, dan kami akan melengkapi fasilitas-fasilitas/peralatan-peralatan yang baik dan akan melengkapi segala sesuatu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan hias. 
2.      Harga
Harga untuk setiap pembeli ikan hias ini sangat terjangkau dan murah dibandingkan dengan ikan hias  sejenisnya, yaitu 10 % - 20% lebih murah dari harga umum. Khusus mahasiswa UNIMED akan mendapat potongan 10% dan dosen/staff/pegawai UNIMED 20% dari harga umum.
3.      Tempat
Usaha ini akan kami buka di lokasi jl. Sukaria No.49 Medan. Lokasi ini dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Lokasi juga sangat dekat dengan beberapa sekolah, kampus – kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan dan dekat juga dengan kantor kepolisian sehingga keamanan lebih terjamin.
4.      Promosi
Untuk memperkenalkan atau supaya calon – calon pembeli mengetahui keberadaan usaha ini, kami akan membuat baliho/pamlet di depan gedung usaha, Selebaran/brosur yang akan ditempelkan di beberapa peguruan tinggi dan di tempat yang dilalui umum.



C.    Penjelasan Lain Terkait Dengan Pencapaian Tujuan Usaha
Usaha ini juga akan berjalan dengan baik karena keamanan usaha ini akan dijamin oleh pemerintah yang berwenang setempat dimana usaha ini akan didirikan. Selain itu, kami juga akan melakukan pengurusan Perizinan Usaha dari pihak instansi pemerintah yang terkait sehingga kami akan memperoleh pembinaan, pengarahan dan pengawaasn dalam menjalankan kegiatan usaha ini.
Disamping jaminan dan perizinan usaha akan keberlangsungan usaha ini, sikap masyarakat setempat sekitar usaha ini yang ramah dan bersahabat juga sangat membantu keberadaan usaha ini sehingga akan terjalin komunikasi dan kebersamaan yang baik antara wirausahaan dengan masyarakat setempat.

D.    Bussiness Plan
1.      Executive Summary
Usaha yang akan dibangun oleh kelompok ini adalah usah berupa budidaya ikan hias yang di sepakati oleh beberapa orang yang kemudian diberi namaBudidaya Ikan Hias Usaha ini didukung dengan lokasi yang strategis yang dekat dengan sarana dan prasarana umum dimana masyarakat melakukan aktivitas kesehariannya.
1.      Mempermudah mahasiswa/masyarakat mendapatkan ikan hias yang berkualitas baik
2.      Menyediakan peralatan-peralatan kebutuhan budidaya ikan hias yang dapat mempermudah mendapatkan ikan hias.
3.      Menumbuhkan motivasi dan semangat mahasiswa/masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif .
Untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah direncanakan, diperlukan fasilitas-fasilitas/ peralatan-peralatan untuk budidaya ikan hias seperti :
1.      Menyediakan keperluan budidaya
2.      Menyediakan sumber daya manusia yang benar terlatih
Dengan menyebarkan brosur ke berbagai tempat dan memajang baliho dan plat nama usaha di depan gedung juga membuat kami yakin akan dapat merekrut calon pembeli ini dengan cepat Proses perjalanan pengelolahan usaha ini akan diselenggarakan oleh tim wirausaha sendiri sehingga para wirausahawan mengetahui perkembangan dan memahami akan permasalahan jika ada kendala-kendala terjadi sehingga dengan cepat dicari solusinya, tentu saja dapat mengembangkan usaha ini lebih maju lagi dengan menambahkan lagi fasilitas –fasilitas yang diperlukan dari hasil frofit usaha. Harapan tim Usahawan adalah bahwa dalam jangka 1 (satu) tahun  usaha budidaya ikan hias ini berkembang menjadi tempat penjualan alat-alat dan busana olahraga yang berkualitas baik dan dapat dijangkau oleh konsumen.
Bila usaha ini berjalan dengan baik, kami memprediksikan keuntungan yang dicapai adalah 40% dari semua jumlah pemasukan tersebut, dan laba bersih semester akan disimpankan ke sebuah bank, sehingga pada satu tahun nanti dana hasil laba bersih itu akan dapat membeli seluruh keperluan dalam membuat dan menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan menunjang budidaya ikan hias.
2.      Ide Bisnis
-          Usaha yang ingin kami kembangkan di bidang budidaya ikan hias
-          Kami mendapatkan ide ini melalui analisis pasar
-          Kami menjalankan ide ini karena adanya minat kewirausahan dalam setiap pribadi wirausaha yang didukung dengan kemampuan mengelola usaha budidaya ikan hias yang akan kami salurkan melalui usaha ini.
-          Untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar akan ikan hias yang berkualitas dan dengan berbagai jenis ikan hias.
3.      Analisis Pasar
Berdasarkan survey dan observasi , kami telah menemukan satu tempat yang berpotensi untuk dapat mengembangkan jenis usaha yang didukung dengan tenaga kerja  dengan pengalaman dan kualitas yang saling melengkapi.
4.      Pemasaran
Kami akan menawarkan ikan hias dengan harga terjangkau, penyediaan bibit ikan hias.
5.      Operasi produksi


 
















6.      Organisasi dan Managemen
No
Nama
Keahlian
Keterangan
1
Darlon Situmorang
Controller
Ketua
2
Nelli Simamora
Bendahara
Anggota
3
Jasa Limbong
Marketing (pemasaran)
Anggota
4
Mangasih Sitanggang
Marketing (pemasaran)
Anggota
5
Adilson Firnando
Marketing (pemasaran)
Anggota
















BAB III
METODE OPERASIONAL USAHA

A.    Mekanisme Dan Rancangan Usaha
  1. Perencanaan Bisnis
Pertama sekali perencanaan usaha yang dilakukan adalah memilih lokasi usaha yang sangat strategis, aman, nyaman, dan mudah dijangkau kendaraan umum, pasar yang ingin direkrut yaitu masyarakat yang ingin mencari tempat pembelian ikan hias yang aman dan nyaman, melakukan pengurusan perizinan usaha kepada pemerintah setempat dan Deperindag, menyediakan berbagai jenis ikan hias yang cantik dan sehat sehingga konsumen dapat membeli ikan hias.
  1. Pelaksanaan Bisnis
Setelah semua perencanaan usaha terbenahi/terpenuhi, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan promosi melalui Brosur dan baliho. Ini dimaksudkan agar para calon pembeli yang berminat akan mengetahui informasi keberadaan usaha ini sehingga mereka akan berbelanja diwirausaha yang kami tawarkan ini.
  1. Evaluasi Segala Kegiatan Usaha
Evaluasi akan dilakukan setiap 3 bulan sekali, selain memeriksa pemasukan keuangan dari hasil penjualan ikan hias ini, kami juga akan memeriksa kondisi kolam yang ada, menambahkan fasilitas-fasilitas/peralatan-peralatan yang kurang dan memperbaiki/mengganti fasilitas-fasilitas/peralatan-peralatan usaha ini jika ada kondisi yang rusak, melakukan pengawasan terhadap anggota wirausaha, menganalisa perkembangan yang terjadi dari bulan ke bulan. Seperti, Jumlah pembeli, apakah jumlah pembeli semakin bertambah atau justru berkurang.
Disamping itu, kami juga akan melakukan evaluasi terhadap kinerja para tenaga kerja (anggota usaha ini) yang ikut mengelola dan ambil bagian dalam usaha ini. Bila ada ditemukan kekurangan/kesalahan, maka akan dilakukan pembinaan, pembimbingan dan pelatihan kepada anggota sehingga mereka akan lebih berintegritas dan bertanggung jawab dalam melakukan tugasnya masing-masing.

B.     Sumber Daya  Yang Dibutuhkan
1.      Sumber daya manusia
Sumberdaya manusia dalam usaha ini berasal dari kalangan mahasiswa yang mengerti tentang budidaya ikan hias. Untuk usaha ini saya akan dibantu 4 orang rekan saya.
Berikut biodata calon wirausahawan budidaya ikan hias :
1.      Nama                            : Darlon Situmorang
    Nim                               : 3103311010
    Tempat/Tanggal Lahir   : Sidikalang, 03 Februari 1992
    Fakultas                         : Fakultas Ilmu Sosial
   Jurusan                           : PPKN
   Jenjang Pendidikan        : Strata 1
   Anak Ke                         : 2 Dari 4  Bersaudara
   Asal                                : Sidikalang

2. Nama                             : Nelli Simamora
    Nim                               : 6112111008
    Tempat/Tanggal Lahir   : Dolok Saribu, 28 Februari 1993
    Fakultas                         : Fakultas Ilmu Keolahragaan
   Jurusan                           : Pjs
   Jenjang Pendidikan        : Strata 1
   Anak Ke                         : 4 Dari 8  Bersaudara
   Asal                                : Boloksanggul

3.  Nama                             : Jasa Limbong
    Nim                               : 7113341033
    Tempat/Tanggal lahir    : Aekmual, 08 juni 1993
    Fakultas                         :Fakultas Ekonomi
    Jurusan                          : Pendidikan Ekonomi
    Jenjang Pendidikan       : Strata 1
   Anak ke                          : 8 dari  9 bersaudara
   Alamat Asal                   : Ledong

4.  Nama                            : Mangasih Sitanggang
     Nim                              :6112111005
    Tempat/Tanggal lahir    : T Pulau Dalam, 21 April 1992
    Fakultas                         :Fakultas Ilmu Keolahragaan
    Jurusan                          : PKR
    Jenjang Pendidikan       : Strata 1
   Anak ke                          : 1 dari 5 bersaudara
   Alamat Asal                   : Sidikalang

5. Nama                             : Adilson Firnando
    Nim                               : 6113112010
    Tempat/Tanggal lahir    : Sei Suka, 26 Mei 1992
    Fakultas                         :Fakultas Ilmu keolahragaan
    Jurusan                          : PJKR
    Jenjang Pendidikan       : Strata 1
   Anak ke                          :  4 dari 5 bersaudara
   Alamat Asal                   : Sei Suka

2.      Sumber Anggaran
Dalam usaha ini anggaran bersumber dari Dirjen Dikti sebesar , Rp.7.350.000,-
3.      Sumber Daya Fasilitas
Fasilitas yang digunakan dalam usaha budidaya ikan hias adalah sebagai berikut :
a.       Aquarium
b.      Botol
c.       Tanggok
d.      Rak kayu tempat botol
e.       Pompa
f.       Buku dan kwitansi penjualan
g.      Meja tempat aquarium
h.      Bibit ikan hias
i.        Pakan / makanan ikan
j.        Spanduk
k.      Id card
l.        Brosur
4.      Sumber Daya Administrasi
Perlengkapan Usaha
No
Nama
Banyak/Satuan
Harga/Satuan
Jumlah

1
Aquarium
4 unit
Rp. 500.000,-
Rp. 2.000.000,-
2
Botol
100
Rp. 1000,-
Rp. 100.000,-
3
Tanggok
5 biji
Rp. 10.000,-
Rp. 50.000,-
4
rak kayu tempat botol
2 unit
Rp. 150.000.-
Rp. 300.000.-
5
Pompa
4 unit
Rp. 55.000,-
Rp. 220.000,-
6
buku dan kwitansi penjualan

Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,-
7
Meja tempat aquarium
4 buah
Rp. 100.000,-
Rp. 400.000,-
Total
Rp2.995.000

bahan jualan
No
Nama Barang
Banyak/Satuan
Harga/Satuan
Jumlah

1
Bibit
10.200
Rp. 1.500
Rp. 1.530.000,-
2
Pakan (Makanan Ikan )
30 bungkus
Rp. 55.000
Rp. 1.650.000,-
Total
Rp. 3.150.000

Publikasi
Spanduk
2 biji
Rp. 150.000,-
Rp. 300.000

ID Kart
100 buah
Rp. 120.000,-
Rp. 200.000

Brosur
100 buah
Rp. 5000
Rp. 500.000


Rp.1. 000.000
Total
Rp. 7.350.000









Jumlah Akhir Dana Keseluruhan :
Jumlah Akhir Dana Keseluruhan Yang Dibutuhkan : Rp. 7.350.000,- ( tujuh juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah)

C.    Rencana Kerja dan Penjadwalan

No
Uraian kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan usaha
X
x
X









2
Persiapan lokasi usaha



X
X
X






3
Pengurusan izin usaha





X
X





4
Persiapan fasilitas usaha







x
x
x
X

5
Promosi usaha










x
x
6
Pelaksanaan usaha











x
7
Evaluasi fasilitas








x
x


8
Evaluasi keuangan








x
x



No
Uraian kegiatan
Bulan ke-4
Bulan ke-5
Bulan ke-6
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan usaha












2
Persiapan lokasi usaha












3
Pengurusan izin usaha












4
Persiapan fasilitas usaha












5
Promosi usaha
x
x
X









6
Pelaksanaan usaha
x
x
X
X
x
X
X
x
x
x
x
x
7
Evaluasi fasilitas









x
x

8
Evaluasi keuangan









x
x





No
Uraian kegiatan
Bulan ke-7
Bulan ke-8
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan usaha








2
Persiapan lokasi usaha








3
Pengurusan izin usaha








4
Persiapan fasilitas usaha








5
Promosi usaha








6
Pelaksanaan usaha
X
X
x
X
X
x
X
x
7
Evaluasi fasilitas






X
x
8
Evaluasi keuangan






X
x

D.    Indikator Pencapaian Tujuan Usaha
  1. Memiliki SDM yang handal dan berkualitas dan berloyalitas
  2. Memberikan pengaruh yang positif demi kemajuan dunia pendidikan
  3. Memberikan pasar yang menjanjikan dan menguntungkan
  4. Produk berupa jasa yang memuaskan dan nyaman
  5. Kondisi tempat usaha yang strategis dan aman






Komentar

  1. Gabung di Blog kita juga bos
    Dapatkan Bonus freebet untuk New Member asiabagus88 /asiabagus.net
    http://asiabagus88.blogspot.com/2015/08/freebet-kemerdekaan-70000-dari.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

SEJARAH PEMIKIR EKONOMI KAUM NEOKLASIK