Lampiran Penjelasan Skala Penilaian APKG PPLT Unimed
Lampiran 33
PENJELASAN SKALA PENILAIAN APKG I
No.
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skala penilaian
|
1.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran Khusus
|
a. Dirumuskan secara jelas
b. Lengkap mengandung ABCD
c. Berurutan secara logika
|
Nilai :
1.Tidak satupun deskriptor tampak
2. Satu deskriptor tampak
3. Dua deskriptor tampak
4.Tiga deskroiptor tampak
|
2.
|
Pengorganisasian Bahan/Materi
|
a. Dikembangkan sesuai TPK
b. Relevan dengan perkembangan terakhir (kemutakhiran)
|
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
3.
|
Rancangan Kegiatan Pembelajaran
|
a. Ada pendekatan pembelajaran sesuai dengan TPK
b. Ada metode pembelajaran sesuai dengan TPK
c. Lagkah kegiatan pembelajaran sistematis
d. Jenis Kegiatan pembelajaran bervariasi
e. Ada lokasi waktu yang terperinci
|
Nilai :
1. Dua deskriptor tampak
2. Tiga deskroiptor tampak
3. Empat deskriptor tampak
4. Lima deskriptor tampak
|
4.
|
Rancangan Media Pembelajaran
|
|
Nilai :
1. Tidak direncanakan penggunaan media
2. Direncanakan, tetapi tidak sesuai dengan TPK
3. Direncanakan, satu jenis media sesuai dengan TPK
4. Lebih dari satu dan sesuai dengan TPK
|
5.
|
Pemilihan Sumber Pembelajaran
|
a. Sesuai dengan TPK
b. Sesuai dengan materi/bahan
c. Sesuai dengan perkembangan sisiwa
d. Dicantumkan lebih dari satu
|
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
6.
|
Rancangan Penilaian
|
a. Ditentukan prosedur penilaian
b. Ditentukan jenis penilaian yang sesuai dengan TPK
c. Dirumuskan alat penilaian sesuai dengan TPK
d. Dicantumkan kunci jawaban
|
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
7.
|
Kebersihan dan Kerapaian
|
a. Tulisan mudah dibaca
b. Tidak banyak coretan
c. Bentuk tulisan ajek/konsisten
d. Ilustrasi bersih dan menarik
|
Nilai :
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskroiptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
PENJELASAN SKALA PENILAIAN
APKG II
No
|
Indikator
|
Deskriptor
|
SkalaPenilaian
|
1.
|
Keterampilan Membuka Pelajaran
|
a.
Dilakukan orientasi
b. Dilakukan appersepsi
c.
Ada
usaha memotivasi siswa
d. Ada pemberiana acuan
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
2.
|
PenyajianMateri
|
a.
Menguasai bahan
b. Penyajiannya jelas
c.
Penyajiannya sistematis
d. Ada pengayaan materi
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
3.
|
Strategi Pembelajaran
|
a.
Pendekatan pembelajaran digunakan sesuai dengan pencapaian TPK
b. Penggunaan metode sesuai dengan
yang direncanakan
c.
Pembelajaran dilaksanakan dengan sistematika
d. Kegiatan pembelajaran bervariasi
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
4.
|
Pemanfaatan Media
Pembelajaran
|
a.
Ketersediaan
media/alatperaga
b. Kesesuaian media denganmateri
c.
Kualitas
media
d. Keterampilan guru menggunakan media
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
5.
|
Pengelolaan Kelas
|
a.
Upaya menertibkan siswa
b. Upaya melibatkan siswa
c.
Menangan iperilaku siswa bermasalah
d. Menata fisik kelas
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
6.
|
PenilaianPembelajaran
|
a.
Pretes
b. Penilaian proses
c.
Penilaianakhir
d. Umpan balik
|
Nilai:
1. Satudeskriptortampak
2. Duadeskriptortampak
3. Tigadeskriptortampak
4. Empatdeskriptortampak
|
7.
|
Keterampilan Menutup Pelajaran
|
a.
Menyimpulkan mater I pelajaran
b. Memberi tugas
c.
Menyarikan manfaat pelajaran
d. Menginformasikan materi pelajaran selanjutnya
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
8
|
Sikap calon guru selama pembelajaran
|
a.
Ada
kesungguhan
b. Ada ketegasan
c.
Ada
keterbukaan
d. Ada keobyektifa
|
Nilai:
1. Satu deskripto rtampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
9
|
Efisiensi Penggunaan Waktu
|
a.
Ketepatan memulai pelajaran
b. Ketepatan menyajikan materi
c.
Ketepatan mengadakan evaluasi
d. Ketepatan mengakhiri pelajaran
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
PENJELASAN SKALA PENILAIAN
APKG III
No
|
Indikator
|
Deskriptor
|
SkalaPenilaian
|
1.
|
Kedisiplinan
|
a.
Mengikuti tata tertib sekolah
b. Hadir tepat waktu
c.
Mengerjakan tugas tepat waktu
d. Tertib berbusana
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
a.
Mengerjakan tugas sesuai kesepakatan
b.
Sesuai pada keputusan
c.
Bersedia menanggung resiko
|
Nilai:
1. Tidak satu pun deskriptor tampak
2. Satu deskriptor tampak
3. Dua deskriptor tampak
4. Tiga deskriptor tampak
|
3.
|
Kepemimpinan
|
a.
Ada
prakarsa
b. Peka terhadap masalah
c.
Berani mengambil keputusan
d. Mampu menggerakkan
orang lain
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
4.
|
Kemampuan Bekerjasama
|
a.
Dapat bekerjasama dengan sejawat
b. Dapat bekerjasama dengan guru pamong
c.
Dapat bekerjasama dengan petugas lainnya
d. Berperan aktif dalam berbagai kegiatan sekolah
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
5.
|
Kesetia kawanan Kolegial
|
a.
Kesediaan membantu sejawat
yang bermasalah
b. Kesediaan membantu
guru pamong melaksanakan tugas
c.
Kesediaan membantu kegiatan kelompok
|
Nilai:
1. Tidak satupun deskriptor tampak
2. Satu deskriptor tampak
3. Dua deskriptor tampak
4. Tiga deskriptor tampak
|
6.
|
Sikap terhadap Kasek,
Guru Pamong, Dosen Pembimbing,
Guru dan Personil Sekolah
|
a.
Bersikap sopan setiap melakukan kontak sosial
b.
Menunjukkan
rasa hormat/ penghargaan yang wajar
c.
Berupaya menggali pengalaman positif dari para
senior
d.
Memungsikan sejawat senior sebagai supervisor
|
Nilai:
1. Satudeskriptortampak
2. Duadeskriptortampak
3. Tigadeskriptortampak
4. Empatdeskriptortampak
|
7.
|
Sikap terhadap siswa
|
a.
Menunjukkan sikap empati
b.
Menunjukkan sikap siap membantu
c.
Menunjukkan sikap bersahabat
d.
Menunjukkan sikap dapat dipercaya
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor tampak
|
8
|
Sikap terhadap masyarakat
|
a.
Menunjukkan sikap ramah
b.
Menunjukkan sikap sopan
c.
Menunjukkan sikap konsistensi
d.
Menunjukkan kesediaan membantu
|
Nilai:
1. Satu deskriptor tampak
2. Dua deskriptor tampak
3. Tiga deskriptor tampak
4. Empat deskriptor stampak
|
Komentar
Posting Komentar