Jumat, 07 September 2012

kontrak kuliah ekonomi sumber daya alam



Kontrak Kuliah


UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
FAKULTAS EKONOMI
Ekonomi Sumber Daya Alam
Dosen : Indra Maipita
Telepon : 08192 111 777
e-mail : imaipita@gmail.com
   
   

Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

Semester III
2012
M
ateri ini didesain untuk membangun kemampuan mahasiswa dalam memahami dan
mengaplikasikan konsep ekonomi pada pengelolaan sumberdaya alam.
Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memberikan pemahaman dan kemampuan dasar kepada
mahasiswa tentang Ekonomi Sumberdaya Alam, mencakup pengertian dan kemampuan valuasi
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana konsep ekonomi baik Ekonomi Mikro
maupun Ekonomi Makro diterapkan dalam pengelolaan sumberdaya alam akan dijelaskan dalam
Matakuliah ini.
S
tandar Kompetensi: 
Setelah berakhirnya perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami dan
mampu membahas serta menguraikan penerapan teori ekonomi pada pengelolaan sumber
daya alam, sehingga sumber daya alam tersebut bermanfaat secara optimal untuk
kepentingan masyarakat dalam dimensi kini dan masa datang dengan tetap memperhatikan
keseimbangan lingkungan.
Kompetensi Dasar:
1. Memahami Konsep dan Pengertian Ekonomi Sumber Daya Alam.
2. Memahami Konsep barang Publik, Eksternalitas dan Hak Kepemilikan
3. Memahami Konsep dan Fondasi Ekonomi Sumberdaya Alam
4. Memahami Model Model Ekonomi Sumberdaya Alam
5. Mampu Melakukan Perhitungan terhadap Model Ekonomi Sumberdaya Alam.
6. Mampu Melakukan Valuasi terhadap Ekonomi Sumberdaya Alam


A. Syarat Mengikuti Matakuliah ini:
Pengetahuan tentang teori ekonomi dan aljabar dasar sangat diperlukan dalam mengikuti
perkuliahan ini. Untuk itu mahasiswa yang mengikuti matakuliah ini sebaiknya telah pernah belajar
Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro dan Matematika Ekonomi. Dalam menyelesaikan perkuliahan
ini,mahasiswa akan banyak menggunakan komputer dan internet, baik untuk menyelesaikan tugastugas

maupun untuk pencarian materi. Oleh karena itu kemampuan menggunakan Internet, dan
menggunakan aplikasi pengolah kata, data dan presentasi (seperti MS.Word, MS.Excel, MS. Power
Point dan sejenisnya) akan sangat membantu dalam penyelesaian matakuliah ini.


B. Materi Kuliah:
1

Pertemuan
Ke-
Materi/Kegiatan Sumber Pelaksana
I
• Penjelasan kontrak kuliah, materi dan
tugas
• Pembagian kelompok dan tugas selama
satu semester ke depan.
• Penguatan Matematika Ekonomi
II
Konsep dan Pengertian Ekonomi
Sumberdaya Alam (ESDA)
o Berbagai Pengertian
o Berbagai Pandangan terhadap ESDA
o Klasifikasi ESDA
o Konsep Pengukuran Ketersediaan
ESDA
o Konsep Pengukuran Kelangkaan ESDA
o Keterkaitan ESDA dengan Ekonomi
III
Barang Publik, Eksternalitas dan Hak
Kepemilikan
o Barang Publik
o Eksternalitas
o Hak Kepemilikan
IV
Fondasi ESDA
o Ekonomi Kesejahteraan
o Kurva Permintaan
o Kurva Penawaran
o Surplus
o Market Discount Rate dan
Consumption Discount Rate
V
Klasifikasi SDA 
o Jenis SDA
o Implikasi Penggolongan SDA                                    
o SDA dan Kaitannya dengan
Penerimaan dan Biaya
o SDA Primer dan Sekunder
VI-VII
Model Ekonomi SDA Tidak Terbarukan
o Model Hotelling
o Ekstraksi dua Periode
VIII
Pengelolaan SDA Terbarukan 
o Model Penggunaan Optimal SDA
Terbarukan
• Kontrak Kuliah
• Matematika
Ekonomi
(berbagai
Sumber)
Fauzi Bab 1
Suparmoko Bab 15

Fauzi Bab 2
Suparmoko Bab 7
dan 15
Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

• Dosen Pengampu
• Dosen Pangampu
• Dosen Pengampu
Fauzi bab 3 • Dosen Pengampu
Suparmoko Bab 5 • Kel-I/Dosen
o Fauzi Bab 4 • Dosen Pengampu
o Common Property Right
Suparmoko Bab 9 • Kel-II/Dosen
IX
Pengelolaan SDA Terbarukan (Lanj)
o Sumberdaya Tanah
Suparmoko Bab 10
X
Pengelolaan SDA Terbarukan (Lanj)
Fauzi Bab
• Kel-III/Dosen
o Sumberdaya Air
Suparmoko Bab 11
XI
Pengelolaan SDA Terbarukan (Lanj)
XII
o Sumberdaya Hutan
Formatif Tes
Fauzi Bab 7
• Kel-IV/Dosen
Suparmoko Bab 13
Fauzi Bab 6

XIII_XIV
Penyelesaian Tugas Kelompok
• Kel-V/Dosen
Kontrak Kuliah • Mahasiswa
2

XV
Presentasi Tugas Kelompok (pilihan)
Kontrak Kuliah • Mahasiswa
XVI
Pengumuman Rekapitulasi Penilaian, dan
Evaluasi bersama proses perkuliahan

C. Strategi Perkuliahan:

 • Dosen pengampu
Pada intinya perkuliahan ini diberikan dalam bentuk kuliah mimbar, diskusi (diskusi
kelompok dan diskusi kelas), penugasan (mandiri dan kelopok). Kuliah mimbar diberikan untuk
mengkaji tentang konsep-konsep ESDA. 
Beberapa topik perkuliahan dipersiapkan oleh mahasiswa (sebagai tugas Kelompok)
dalam bentuk power point slide dan paper. Hasilnya dikumpulkan via Email satu minggu sebelum
jadwal yang tertera pada tabel materi perkuliahan di atas. Setiap kelompok mempresentasikan
(mengajarkan) topik yang dibuatnya di depan kelas diikuti dengan sesi tanya jawab. Lima belas
menit terakhir dari sesi ini akan digunakan untuk me-review jalannya perkuliahan serta
menyempurkanan konsep-konsep yang telah dipresentasikan (jika perlu). Sesi terakhir ini akan
dipimpin oleh dosen pengampu matakuliah. 
Partisipasi dalam kelas dan penyelesaian tugas-tugas sangat diperlukan dan sangat
menentukan keberhasilan mahasiswa.
Kebutuhan minimum (minimum requirement) untuk setiap perkuliahan adalah, mahasiswa
telah membaca materi yang dirujuk dalam course outline ini (baik reference book maupun
handout) menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan sebelum jatuh tempo, dan mengutarakan
pendapat, komentar dan wawasannya pada sesi diskusi di kelas serta mengikuti ujian formatif.
Untuk itu mahasiswa diharapkan berpartisipasi aktif dalam setiap aktivitas kelas.
D. Sumber Materi & Bacaan:

1. Fauzi, Ahmad. 2010. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Teori dan Aplikasi. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
2. Suparmoko, M. 2010. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Suatu Pendekatan Teoritis,
Edisi ke-4. Yogyakarta: BPFE
3. Fauzi, Ahmad. 2010. Ekonomi Perikanan: Teori, Kebijakan, dan Pengelolaan. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
4. Berbagai sumber lain baik dari internet maupun cetak.






Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

3
E. Tugas dan Ujian:

Selama perkuliahan ini, mahasiswa akan diberi dua jenis tugas, yaitu tugas mandiri dan
tugas kelompok serta satu kali ujian Formatif. Tugas mandiri merupakan tugas yang harus
dikerjakan oleh setiap peserta kuliah secara perorangan dan akan dinilai secara perorangan pula,
sedangkan tugas kelompok adalah tugas yang diberikan kepada kelompok serta dikerjakan dan
dinilai atas nama kelompok.
TUGAS MANDIRI:

1. Tugas mandiri diberikan sebanyak 5 (lima) kali, yaitu:
Kelompok yang mempresentasikan materi kuliah (pertemuan V, VIII-XI) diwajibkan untuk
memberikan tugas kepada peserta lain (yang tidak mempresentasikan tugasnya atau yang
tidak tersamuk dalam kelompok yang sedang presentasi). Tugas ini akan dikumpulkan
oleh kelompok pemberi tugas satu minggu berikutnya, lalu memeriksa dan memberikan
nilainya. Lembar jawaban yang sudah dinilai beserta Rekapitulasi penilaiannya
dikumpulkan kepada moderator kelas (moderator kelas disepakati bersama sebelumnya).
Tentu saja tugas yang diberikan harus sesuai dengan topik perkuliahan (topik yang
dipresentasikan) dan anggota kelompok pemberi tugas tidak lagi ikut mengerjakan tugas
tersebut dan nilainya otomatis diberikan maksimum (minimal 90). Karena ada lima kali
pertemuan, maka akan ada sebanyak 4 tugas mandiri yang diberikan oleh kelompok
presentasi.
TUGAS KELOMPOK:

1. Tugas Kelompok I: Setiap kelompok diwajibkan untuk mendiskusikan dan menyiapkan






materi kuliah pertemuan  V, VIIII, IX, X dan XI. Tugas ini disajikan dalam bentuk power
point slide dan paper dan dikumpulkan paling lama satu minggu sebelum jadwal
perkuliahan dari masing-masing topik. Setiap kelompok akan mempresentasikan
materinya sesuai denganjadual di atas.
2. Tugas Kelompok II: Setiap kelompok diwajibkan untuk mencari satu permasalahan atau
isu terkini tentang ESDA dan lingkungan, kemudian membahasnya serta membuat
makalahnya (paper). Dalam pembahasannya gunakan sebanyak mungkin rujukan (sumber
bacaan: boleh dari buku, internet, jurnal, dll). Tagihan yang yarus dikumpulkana adalah: (a)
makalah atau paper atau laporannya, (b) power point slide  dari makalah tersebut.
Makalah dan slide dikumpulkan dalam bentuk print out dan file. Beberapa kelompok
dengan hasil terbaik akan diberi waktu untuk mempresentasikan makalahnya di kelas pada
pertemuan ke-XV, dan tentu saja akan diapresiasi dengan pemberian nilai.
Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

4
E. Kriteria Penilaian:
Sistem penilaian dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Negeri Medan.
Lebih rinci, sistem penilaiain di lakukan sebagai berikut:
        Format Penilaian
F-1 F-2 F-3 F-4 ANGKA HURUF
NILAI

• Penilaian dilakukan dengan skala 0 – 100.
• Rata-rata Nilai tugas Mandiri dianggap sebagai nilai F1, sedangkan rata-rata nilai Tugas
Kelompok dianggpa sebagai nilai F2. Nilai Tes Formatif (pertemuan ke XII) dianggap sebagai
nilai F3 dan nilai keaktifan di kelas (dalam tanya jawab, diskusi, presentasi, dll) dianggap
sebagai F4.
• Formula:
 fdlas

Ø
Ø
å
å
ntm
1F
; ntm = nilai tugas mandiri; tm = tugas mandiri.

=
tm
å
å
ntk
2F
; ntk  = nilai tugas kelompok; tk =  tugas kelompok.

=
tk
Ø
ormatifNilaiTestF3F =
;

Ø
F4 = Nilai keaktifan di kelas (rata-rata keaktifan di kelas).

Ø
Angka
Ø
Huruf:

å
4
F
+++
==
i
4
4F3F2F1F
a.
Jika          Angka ≥ 90 = A
b. Jika  80 ≤ Angka < 90 = B
c. Jika  70 ≤ Angka < 80 = C
d. Jika          Angka < 70 = E
F. Ketentuan Tambahan:

Mekanisme Penilaian Presentasi dan Keaktifan di Kelas,

• Persentasi dilakukan di kelas, dipimpin oleh seorang moderator kelas yang telah ditunjuk
bersama. Semua perangtkat keras presentasi seperti komputer/laptop dan LCD projector
disediakan oleh Dosen Pengampu, sedangkan kabel sambung, spidol dan penghapus
disiapkan oleh komisaris kelas.
• Setiap ada presentasi, moderator kelas harus menyiapkan Lembar Penilaian Sejawat
(format terlampir) dan membagikannya kepada semua kelompok peserta presentasi (satu
Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

5
per kelompok) sebelum presentasi di mulai. Ketua kelompok atau yang mewakili harus
memberikan penilaian terhadap kelompok yang sedang presentasi. Setelah selesai
presentasi, moderator kelas mengumpulkan kembali lembar hasil penilaian sejawat dan
membuat rekapitulasi nilainya. Kemudian semua dokumen penilaian ini diserahkan ke
dosen pengampu matakuliah. Hasil penilaian sejawat ini merupakan penilaian terhadap
tugas kelompok.
• Setiap presentasi  kelompok, seorang anggota kelompok bertugas membuat Berita Acara
Presentasi (format terlampir), mencatat semua tanggapan, saran, dan pertanyaan yang
muncul, nama dan nim penanya serta nama dan nim penjawab. Setiap tanggapan, saran
dan pertanyaan akan diberi nilai. Besarnya nilai disepakati kemudian.

Kontrak kuliah ini telah dijelaskan oleh dosen pengampu matakuliah di depan kelas dan telah difahami dan
disepakati bersama oleh seluruh mahasiswa peserta perkuliahan ini.

Medan,  September  2012

Dosen Pengampu Matakuliah,          Mahasiswa Mewakili Peserta Perkuliahan
             


Indra Maipita                                                                SAHAT SILVERIUS SIJABAT
NIP. 17104032003121003                   NIM. 7111141018


      RAMADHANI FITRI LESTARI
                              NIM. 7113141083
Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

6

LAMPIRAN 1

FORMAT LAPORAN TUGAS KELOMPOK (Paper)

Semua Laporan Tugas Kelompok yang berbentuk paper mengikuti outline berikut ini:


A. Halaman luar (cover)
Berisi judul tugas, lokasi (jika ada), serta nama dan NIM anggota kelompok.
B. Kata Pengantar
Berisi pengantar tentang tugas yang dikerjakan (maksimal setengah halaman).
C. Pendahuluan
Berisi tentang hal-hal yang melatar belakangi usaha, penjelasan tentang ruang
lingkup usaha, kepemilikan, lokasi, dan sebagainya.
D. Hasil Analisis
Berisi tentang hasil analisis yang dilakukan, berupa: (a) hasil analisis pulang pokok
untuk tugas lapangan I, (b) hasil studi kelayakan bisnis untuk tugas langan II, dan (c)
hasil perencanaan strategis yang disusun untuk tugas lapangan III.
E. Kesimpulan dan Saran
Tuliskan kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis yang telah dilakukan.
Usahakan kesimpulan yang anda tuliskan bersifat khusus dan merupakan hasil dari
analisis yang dilakukan. Tuliskan juga saran yang perlu anda sampaikan, baik saran
perbaikan atau maupun lainnya. Saran juga harus bersifat khusus serta menyangkut
kasus yang anda analisis.
F. Penutup
G. Daftar Pustaka
H. Lampiran
Berisi: (1) Daftar nama dan nim kelompok, (2) Keterangan yang aktif dan tidak aktif
dalam kelompok, (3) Foto kegiatan usaha (jika ada), (4) Data yang jika dimuat di
bagian Hasil Analisis terlalu panjang (jika ada) dan lain sebagainya.
Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

7



Lampiran 2
Format Penilaian Sejawat untuk kelompok yang presentasi
LEMBAR HASIL PENILAIAN SEJAWAT
(Presentasi Kelompok)
Hari/Tgl Penilaian :  .................................... ....... 
Kelompok Ternilai :  .............                         Kelompok Penilai : ....................
Materi :.........................................................................................................
                                   .........................................................................................................
No. Aspek yang Dinilai dan Kriteria Penilaian Skor
1. Kekompakan kelompok                                                                               (5 - 10) 
 Penyampaian materi (komunikasi dan media yang digunakan)                  (10-20)
2. Kesesuaian materi yang disampaikan dengan topik yang seharusnya       (10-20)
3. Ketajaman dan kedalaman pembahasan                                                    (10-20)
4. Penguasaan terhadap topik yang disampaikan                                           (10-30) 
 Skor maksimum                                                                                          (45 -100)
                                                                         Penilai/Ketua Kelompok Penilai,


                                       (________________________________)
                                     NIM.

Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

8
Lampiran 3
BERITA ACARA PRESENTASI

Pada hari ini, ....................... tanggal ............bulan ...................... tahun 2011, telah
dilakukan presentasi kelompok dengan topik
..................................................................
..................................................................................................................................................
.
Bertindak sebagai:
• Presenter                          :
• Pembawa Acara              :
• Notulen                            :
• ...........................................: (lainnya sesuai kebutuhan)
Pertanyaan yang muncul selama presentasi sebanyak ........... pertanyaan (notulen
terlampir).

Medan, ...............................2011
Diketahui                                                                  Ketua Kelompok
Moderator Kelas,                                                 




..............................                                                    ..................................................
NIM.                                                                         NIM.

Design & Layout oleh Indra Maipita,

Dapat dicopy dan diadopsi untuk peningkatan kualitas p embelajaran
dengan mencantumkan sumbernya
.

9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar