wisata di kabupaten Dairi


WISATA DAIRI

Penulis:Sahat Silverius Sijabat

Nah.... sobat ku sekalian kali ini kita bahas tempat tempat wisata di Dairi. Anda kenal bukan Dairi? Dairi adalah sebuah kabupaten di pesisir barat pulau sumatra dengan ibu kota Sidikalang yang dapat ditempuhkuang lebih 4 jam dari medanmenggunakan bus Dairi Transport(DATRA).SAMPRI,BTN dan PAS . sekarang Dairi sedang dipimpin bpk KRA JONNY SITOHANG,ADINOGORO. Kabupaten yang terletak di ataran tinggi  dan berhawa sejuk ini yang sekaligus tempat kelahiran saya menyimpan banyak tempat wisata. Nah kira kira apa saja itu langsung aja yan pertama

1.Taman Wisata Iman Dairi (TWI Dairi)
  siapa sih yang gak kenal Taman Wisata Iman Dairi klo dia  masih orang sumut. TWI Dairi merupakan tempat wisata yang paling terkenal dairi. Disana ornamen tempat ibadah dari agama agama resmi di indonesia seperti islam, kristen protestan,khatolik,hindu, budha berdiri.klo datang ke tempat ini dijamin deh gak bakalan bete.bagi yang mau belajar haji,mau liat viadolorosa(jalan salip) dalam agama kristen dan khatolik,gua bunda maria,kuil, vihara, patung budha, dan masih banyak lagi.
2. Tao Silalahi
tempat tujuan wisata yang kedua adalah Tao silalahi. Tao Silalahi merupakan tempat yang pas untuk menghilangkan penat di tepi pantai danau toba yang sangat menyenangkan dan indah ,kita juga bisa menyewa alat alat seperti kapal perahu kecil speet boat dan lain sebagainya. Ditepi tao silalahi ada tugu silalahi sabungan yang berdiri megah dan cantik yang jga memiliki nilai sejarah dan adat yang tinggi. Kita juga di tao silalahi dapat memancing ikan mujahir, mas, dan pora pora. Dan menikmati pegunungan yang indah di tepi danau toba serta menikmati kegiatan aktivitas masyarakat sehari hari. Di sekitar tao silalahi tumbuh subur mangga dan bawang merah, bawang batak yang di tanam secara organik dan tradisional sehingga bebas bahan kimia, dan itu jga dapat kita jadikan oleh oleh setelah pulang dari tao silalahi yang indah.

3.Huta Pinang
tempat tujuan wisata yang ketiga Huta Pinang. Mengapa Huta pinang ikut ?Karena huta pinang itu menyimpan berbagai keunikan ter sendiri yaitu
1.Desa kecil tersebut  terletak di kelurahan pegagan julu 3 ,sumbul pegagan.
2.satu desa  dihuni keluarga dari marga sijabat.
3. Tingkat penghasilan penduduk lumayan tinggi dibanding desa desa sekitar
4.ikatan adat sangat ketat.
5 .masyarakat ramah,penuh senyum, dan mudah diajak hal hal yang baik.
6 semangat gotong royong tinggi
7memiliki ladang kopi terbaik dan terenak di sidikalang
8. Sarana ibadah ada 2 gereja yakni hkbp lancang dan g kpi parratusan.lokasi kampung yang sangatindah. Bebes sampah.
 9 jalur tranportasi yang tidak pernah macet
10. Jumlah penduduknya tidak padat.
11. Bebas polusi
12.tersedia sarana kolam pancing
13. Tugu sijabat juangan sebagai tongkat sejarah marga sijabat di kabupaten dairi

nah... dengan uraian diatas maka saya rasa Huta Pinang dapat dipertimbangkan sebagai salah satu tujuan wisata yang dapat dipertimbangkan di kabupaten dairi. Nah sampai disini dulu jabaran wisata di Dairi lain waktu kita lanjutkan. Terimakasih.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

REKAPITULASI DAN POSTING JURNAL KHUSUS KE BUKU BESAR