CONTOH RPP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII SMA KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN AJARAN 2013/2014



Satuan Pendidikan          : SMA Negeri  1 Sumbul
Mata Pelajaran                 : Ekonomi
Kelas/ Semester               : XII/ 1
Materi Pokok                     :Mendeskripsikan Akuntansi sebagai sistem informasi
Pertemuan Ke                   : 1 (satu)
Alokasi Waktu                   : 2x 45 menit


A. KOMPETENSI INTI ( KI )
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya      
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.  
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.         
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan




B.Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri manfaat Akuntansi sebagai Sistem Informasi Keuangan
1.2. Bersikap jujur,disiplin,tanggungjwab ,peduli,responsive dan proaktif dalam melakuka thapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
3.1. mendeskripsikan akuntansi sebagai system informasi
Indikator
1.Mendeskripsikan Akuntansi Sebagai sistem informasi
2.Menjelaskan syarat syarat kwalitas sistem informasi
3.membedakan pemakai akuntansi Eksternal dan internal

C.Tujuan Pembelajaran
     
      a)  Siswa dapat mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
     
      b)  Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem informasi.
     
      c)  Siswa dapatmembedakan antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.

D.Uraian Materi
     
      a)   Akuntansi sebagai sistem informasi

      b)   Kualitas informasi akuntansi

      c)   Pemakai informasi akuntansi

E.METODE PEMBELAJARAN
a.  Pendekatan Pembelajaran          : Pendekatan Saintifik (scientific)
b.   Metode Pembelajaran                 : Diskusi Kelompok , Tanya jawab , Penugasan
c.     Model Pembelajaran                  :  Two Stay Two Stray (TSTS)


F.        MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Media                :  Slide PPT  
2.    Alat / Bahan      :  White board ,Infocus , dan Laptop
3.Sumber belajar     : Buku Ekonomi/Akuntansi Kelas VII dan internet

G.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Pertemuan Ke: 1   ( Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray (TSTS)
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Kegiatan Awal

a.    Apersepsi :
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; ( Berdoa, Absensi , menanyakan kondisi peserta didik )
b.    Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kd yang akan dicapai; dan
a.     Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran model talking stick

15 Menit
Kegiatan Inti

1.    Mengamati   ( Observing)
a.       Guru menampilkan slide gambar dengan tentang sintem informasi akuntansi.       Peserta didik mengamati tayangan  slide atau gambar yang ditampilkan
c.       Guru membagikan lembaran kegiatan yang berisi tugas-tugas yang harus dipelajari oleh tiap-tiap peserta didik dalam satu kelompok
d.       Setelah menerima lembar kegiatan yang berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil (4 siswa) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.

2.    Mengasosiasikan  (Associating)
Setelah menerima lembar kegiatan yang berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil (4 siswa) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya

3.    Menanya ( Questioning ) dan Mengumpulkan Informasi(Experimenting)
-        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut  tentang hal yang berkaitan dengan tayangan slide atau materi pelajaran.
-        2 dari 4 anggota dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya dan bertamu ke kelompok yang lain, sementara 2 anggota yang tinggal dalam kelompok bertugas menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
-        Peserta didik mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari buku-buku refrensi , browsing internet , nara sumber ataupun sumber-sumber lain.
4.    Mengkomunikasikan Hasil(Communicating)
-        Setelah memperoleh informasi dari 2 anggota yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka.
-        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan / mempresentasikan hasil dari mengumpulkan informasi
-        Peserta didik menyampaikan / mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas dan peserta didik yang lain  mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan.

60 Menit
Penutup
a)         Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang akuntansi sebagai informasi,kualitas informasi akuntansi dan pihak eksternal dan internal pengguna informasi akuntansi
b)         Guru bersama peserta didik melakukan refleksi diri atas pembelajaran yang dilakukan
c)         Guru memberikan tugas secara individu untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang berkaitan dengan materi
d)         Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui kemampuan pengetahuan yang diperoleh peserta didik
e)         Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
f)          Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang  mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi

15 Menit

H.       PENILAIAN
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
-          Pengamatan Sikap
-          Lembar Pengamatan Sikap  Spiritual , Sosial
-          Ketrampilan
-          Rubrik Pengamatan Diskusi
-          Pengetahuan
-          Kuis
 Pembahasan
Akuntansi sebagai system informasi
Sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya dibuat untuk menangani sesuatu yang berulang kali atau yang secara rutin terjadi.
Informasi adalah data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Karakteristik informasi yang realible harus memenuhi syarat relevan, tepat waktu, akurat dan lengkap.
Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermafaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  • Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
·         Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
  • Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
  • Sistem Penutupan dan pembalikan. Merupakan pembalikan dan penutupan dari laporan yang dibuat dengan jurnal pembalik dan jurnal penutup
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak
.
KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI
1.      Perbandingan antara manfaat dan biaya
2.      Dapat dimengerti
3.      Relevan
4.      Dapat dipercaya
1.      Dapat diuji
2.      Netral
3.      Menyajikan yang seharusnya
5.      Nilai prediksi
6.      Feedback (Umpan balik)
7.      Tepat waktu
8.      Dapat diperbandingkan (Konsisten)
9.      Materiality (Cukup berarti)
PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI
  1. Pihak Internal (Manajer)
Pihak yang berhubungan langsung dengan operasi perusahaan sehari-hari.
2.      Pihak Eksternal
Pihak yang tidak berkepentingan terhadap perusahaan tetapi tidak terlibat secara langsung dalam membuat keputusan perusahaan.
    1. Pemilik
    2. Karyawan
    3. Kreditor
    4. Pemerintah
    5. Pelanggan
    6. Masyarakat



Mengetahui                                                                                                                                                                                                                           Sumbul,15 Juli 2013
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sumbul                                 Guru Mata Pelajaran


                                                                                                                                                                                                           
Drs                                                                                         Sahat Silverius Sijabat           
NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                          NIM. 7111141018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

Peta