CONTOH RPP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII SMA KURIKULUM 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN
AJARAN 2013/2014
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 1 Sumbul
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas/ Semester :
XII/ 1
Materi Pokok :Mendeskripsikan
Akuntansi sebagai sistem informasi
Pertemuan Ke :
1 (satu)
Alokasi Waktu : 2x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI ( KI )
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri
manfaat Akuntansi sebagai Sistem Informasi Keuangan
1.2. Bersikap
jujur,disiplin,tanggungjwab ,peduli,responsive dan proaktif dalam melakuka
thapan akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
3.1. mendeskripsikan
akuntansi sebagai system informasi
Indikator
1.Mendeskripsikan Akuntansi Sebagai
sistem informasi
2.Menjelaskan syarat syarat kwalitas
sistem informasi
3.membedakan pemakai akuntansi
Eksternal dan internal
C.Tujuan
Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem
informasi.
b) Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem
informasi.
c) Siswa dapatmembedakan
antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.
D.Uraian Materi
a) Akuntansi sebagai sistem informasi
b) Kualitas informasi akuntansi
c) Pemakai informasi akuntansi
E.METODE PEMBELAJARAN
a. Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan
Saintifik (scientific)
b. Metode
Pembelajaran
: Diskusi
Kelompok , Tanya jawab , Penugasan
c. Model Pembelajaran
: Two Stay Two Stray (TSTS)
F. MEDIA, ALAT DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
: Slide PPT
2. Alat /
Bahan :
White board ,Infocus , dan Laptop
3.Sumber belajar : Buku Ekonomi/Akuntansi Kelas VII dan
internet
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke: 1 ( Model
Pembelajaran : Two
Stay Two Stray (TSTS)
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan Awal
|
a. Apersepsi :
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; ( Berdoa,
Absensi , menanyakan kondisi peserta didik )
b. Guru mengantarkan peserta didik
kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari
suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kd yang akan dicapai;
dan
a.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik melakukan
kegiatan pembelajaran model talking stick
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Mengamati ( Observing)
a. Guru menampilkan
slide gambar dengan tentang sintem informasi akuntansi. Peserta didik
mengamati tayangan slide atau gambar yang ditampilkan
c. Guru membagikan
lembaran kegiatan yang berisi tugas-tugas yang harus dipelajari oleh
tiap-tiap peserta didik dalam satu kelompok
d. Setelah menerima
lembar kegiatan yang berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan
konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok
kecil (4 siswa) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota
kelompoknya.
2. Mengasosiasikan (Associating)
Setelah menerima
lembar kegiatan yang berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan
konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok
kecil (4 siswa) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota
kelompoknya
3. Menanya ( Questioning ) dan Mengumpulkan
Informasi(Experimenting)
- Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan tayangan
slide atau materi pelajaran.
- 2
dari 4 anggota dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya dan
bertamu ke kelompok yang lain, sementara 2 anggota yang tinggal dalam
kelompok bertugas menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
-
Peserta didik
mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari
buku-buku refrensi , browsing internet , nara sumber ataupun sumber-sumber
lain.
4. Mengkomunikasikan
Hasil(Communicating)
-
Setelah
memperoleh informasi dari 2 anggota yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali
ke kelompok masing-masing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dan
membahas hasil-hasil kerja mereka.
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan /
mempresentasikan hasil dari mengumpulkan informasi
-
Peserta
didik menyampaikan / mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas
dan peserta didik yang lain mengajukan pertanyaan ataupun memberikan
tanggapan.
|
60 Menit
|
Penutup
|
a) Guru bersama
peserta didik membuat kesimpulan tentang akuntansi sebagai informasi,kualitas
informasi akuntansi dan pihak eksternal dan internal pengguna informasi
akuntansi
b) Guru bersama
peserta didik melakukan refleksi diri atas pembelajaran yang dilakukan
c) Guru memberikan
tugas secara individu untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet
atau sumber lainnya yang berkaitan dengan materi
d) Guru mengajukan
pertanyaan secara lisan untuk mengetahui kemampuan pengetahuan yang diperoleh
peserta didik
e) Guru dan peserta
didik melakukan kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan
f) Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang mendeskripsikan konsep persamaan dasar
akuntansi
|
15 Menit
|
H. PENILAIAN
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
- Pengamatan Sikap
|
- Lembar Pengamatan
Sikap Spiritual , Sosial
|
- Ketrampilan
|
- Rubrik Pengamatan Diskusi
|
- Pengetahuan
|
- Kuis
|
Pembahasan
Akuntansi
sebagai system informasi
Sistem
adalah sekelompok unsur yang
erat berhubungan satu dengan lainnya yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai
tujuan tertentu. Biasanya dibuat untuk menangani sesuatu yang berulang kali
atau yang secara rutin terjadi.
Informasi
adalah data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan sebagai dasar
untuk mengambil keputusan yang tepat. Karakteristik informasi yang realible
harus memenuhi syarat relevan, tepat waktu, akurat dan lengkap.
Sistem
Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses
data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermafaat untuk
merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis.
Sistem
Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi.
Akuntansi
sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi
antara lain :
- Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
- Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
- Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem
SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara
langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA
terdiri dari 3 subsistem:
·
Sistem pemrosesan transaksi
mendukung
proses operasi bisnis harian.
- Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
- Sistem Penutupan dan pembalikan. Merupakan pembalikan dan penutupan dari laporan yang dibuat dengan jurnal pembalik dan jurnal penutup
menghasilkan
laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian
pajak
.
KUALITAS
INFORMASI AKUNTANSI
1.
Perbandingan antara manfaat dan
biaya
2.
Dapat dimengerti
3.
Relevan
4.
Dapat dipercaya
1.
Dapat diuji
2.
Netral
3.
Menyajikan yang seharusnya
5.
Nilai prediksi
6.
Feedback (Umpan balik)
7.
Tepat waktu
8.
Dapat diperbandingkan (Konsisten)
9.
Materiality (Cukup berarti)
PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI
- Pihak Internal (Manajer)
Pihak
yang berhubungan langsung dengan operasi perusahaan sehari-hari.
2.
Pihak Eksternal
Pihak
yang tidak berkepentingan terhadap perusahaan tetapi tidak terlibat secara
langsung dalam membuat keputusan perusahaan.
- Pemilik
- Karyawan
- Kreditor
- Pemerintah
- Pelanggan
- Masyarakat
Mengetahui Sumbul,15
Juli 2013
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sumbul Guru Mata
Pelajaran
Drs Sahat
Silverius Sijabat
NIP. NIM.
7111141018
Komentar
Posting Komentar