Contoh kontrak perkuliahan


Departemen Pendidikan Nasional
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan
Jurusan Pendidikan Ekonomi

KONTRAK PERKULIAHAN

Mata Kuliah              : EKONOMI PUBLIK
Kode Mata Kuliah    : EKO 546
Jumlah SKS             : 3 SKS
Dosen                       : Dr. H. Muhammad Yusuf, M.Si
                                   Sondang A.Silalhi, SE, M.Si
A. Tujuan Mata Kuliah

Tujuan dasar dari matakuliah ini adalah memberikan kerangka pemahaman dasar mengenai konsep/teori ekonomi publik secara komprehensif sehingga para mahasiswa dapat mengeksplorasi berbagai topik Ekonomi Publik yang berfokus pada (i) fungsi dan peran pemerintah; (ii) Teori barang swasta; (iii) Kegagalan pasar dan campur tangan pemerintah; (iv) Teori barang publik; (v) Ekternalitas; vi Dasar teori pengeluaran pemerintah; vii. Prinsip-prinsip perpajakan; viii. Dampak pajak dalam perekonomian. Manfaat matakuliah ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1) skills; 2) Attitudes (Sikap) dan 3) Areas of knowledge. Tujuan dan manfaat untuk skill dari matakuliah ini adalah mengembangkan pola berpikir secara kritis dan analitis; menginteprestrestasikan data keunagan APBN/APBD; menggunakan metode kuantitative melalui pengembangan model-model ekonomi serta mengungkapkan hasil penalaran ekonomi publik melalui tulisan-tulisan. Tujuan dan manfaat bagi attitudes adalah berkaitan dengan aspek pengembangan intelektual; appreciation pada metode analisis dan respek terhadap berbagai  permasalahan perekonomian. Tujuan dan manfaat dari areas of knowledge adalah pengembangan pengetahuan teori ekonomi publik; model-model perpajakan dan barang publik dari perekonomian serta dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi.

B. Deskripsi  Mata Kuliah
Dengan menguasai materi mata kuliah ini diharapkan mehasiswa akan menguasai :
1.    Dapat mengetahui fungsi pemerintah dan peranan swasta dalam pembangunan ekonomi
2.    Dapat merumuskan sistem pajak yang akan diterapkan pada masyarakat
3.    Dapat menganalisis kebijakan pengadaan barang publik
Mata kuliah ini membahas berbagai teori dan lembaga yang berkembang dalam ekonomi Publik, pembahasan mencakup topik-topik peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi, teori barang publik, analisis, perpajakan, struktur dan kebijakan anggaran negara, hubungan keuangan pusat daerah dan ekonomi publik dalam mengahadapi ekonomi global.

C. Kompetensi Dasar 
Setelah mengikuti perkuliahan ekonomi Publik ini diharapkan mahasiswa memiliki kompotensi dasar berupa :
  1. Mampu memahami berbagai isu-isu ekonomi publik dan peralatan ekonomi publik yang dipergunakan dalam menganalisis masalah ekonomi publik.
  2. Mampu mengidentifikasi berbagai konsep teori ekonomi publik dan kaitannya dengan berbagai variabel ekonomi publik
  3. Mampu menganalisis dampak kegagalan pemerintah dan eksternalitas terhadap perekonomian
  4. Mampu menganalisis teori barang swasta dan barang publik   terhadap perekonomian
  5. Mampu menganalisis prinsip-prinsip perpajakan.
  6. Mampu menganalis dampak kebijakan fiskal terhadap perekonomian.
  7. Mampu memahami konsep anggaran hubungan pusat-daerah.
  8. Mampu memahami relevansi empiris dari teori-teori yang dikemukakan dalam ekonomi publik.

D. Strategi Perkuliahan

Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah contextual teaching learning (CTL) dengan menggunakan berbagai metode perkuliahan, antara lain: Ceramah (Kuliah Mimbar), diskusi kelas, penugasan individu dan kelompok. Adapun langkah-langkah perkuliahan adalah sebagai berikut :
  1. Penjelasan umum kontrak perkuliahan, perkenalan dan menyampaian materi kuliah secara keseluruhan.
  2. Dalam menjelaskan kontrak perkuliahan dilakukan pembagian kelompok belajar mahasiswa terdiri dari 7 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang. Kelompok ini bertugas melakukan pengkajian empiris secara mendalam atas berbagai isu-isu ekonomi publik di Indonesia, yang meliputi masalah :
    1. Peranan pemerintah dalam perekonomian.
    2. Teori barang swasta.
    3. Kegagalan pasar dan campur tangan pemerintah.
    4. Teori barang publik.
    5. Eksternalitas dan dampaknya terhadap perekonomian.
    6. Prinsip-prinsip perpajakan.
    7. Dampak pajak dan pengeluaran pemerintah terhadap perekonomian.
  3. Kuliah mimbar, mengkaji tentang konsep dan model ekonomi publik beserta perangkat analisisnya.
  4. Dalam pertemuan keempat dilakukan pembagian tugas Individu membuat lecture note atau critical book report .
  5. Diskusi kelas, mengkaji tentang konsep dan model ekonomi publik beserta perangkat analisisnya
  6. Quiz singkat 5 menit
E. Tugas-tugas Perkuliahan
Pada perkuliahan ini mahasiswa diberi 3 macam tugas utama, yakni :
  1. Tugas kelompok membuat makalah yang bersumber dari kajian empiris (Lihat Journal yang tersedia di Prodi IESP) sesuai dengan strategi pembelajaran, dengan struktur makalah sebagai berikut :
a.       Bab I Pendahuluan, terdiri dari :
1)      Latar Belakang Makalah
2)      Rumusan Masalah (sesuaikan dengan judul tugas)
b.      Bab II Kerangka Teori (Sesuaikan dengan judul tugas)
c.       Bab III Analisis Perekonomian Indonesia (Sesuaikan dengan judul  tugas)
d.      Bab IV Grand Strategi Penyelesaian Masalah
e.       Bab V Kesimpulan dan Implikasi Kebijakan
  1. Tugas Individu, dengan ketentuan tugas adalah sebagai berikut :
a.       Tugas Individu dikirim lewat email
b.      Struktur Penyelesaian tugas diselesaikan sesuai topik masalah
c.       Bahan Referensi harus jelas
Masing-masing tugas individu terlampir.
  1. Quiz
F. Kriteria Penilaian
Penilaian yang dilakukan pada mata kuliah ini mengacu pada sistem penilaian yang diatur dalam peraturan akademik UNIMED.

Penetapan nilai dari tiap penilaian dilakukan menggunakan formula :

Penilaian terhadap tugas individu dan tugas kelompok ditetapkan kriteria sebagai berikut :
Penilaian terhadap tugas individu dan tugas kelompok ditetapkan kriteria sebagai berikut :
A. Penilaian Tugas Invididu
No
Aspek Yang Dinilai dan Kriteria Penilaian
Skor
1
Ketepatan waktu penyerahan tugas
(Tepat = 4; Tidak Tepat = 2; Tidak Menyerahkan = 0)
0 - 4
2
Kebenaran informasi Jawaban
(Sangat Benar = 4; Benar = 3; Kurang benar = 2; salah = 1)
1 - 4
3
Kelengkapan Jawaban
(Lengkap = 2; Tidak Lengkap = 1)
1 – 2

Skor Maksimum
10
B. Penilaian Tugas Kelompok
No
Aspek Yang Dinilai dan Kriteria Penilaian
Skor
1
Ketepatan waktu penyerahan tugas
(Tepat = 4; Tidak Tepat = 2; Tidak Menyerahkan = 0)
0 – 4
2
Kesesuaian isi makalah dengan materi tugas kelompok
(Sangat Benar = 4; Benar = 3; Kurang benar = 2; salah = 1)
1 – 4
3
Sistematika Penyusunan Makalah
(Lengkap = 3; Kurang Lengkap = 2; Tidak Lengkap = 1)
1 – 3

Skor Maksimum
11

Untuk Tugas Kelompok dilakukan penilaian dengan teman sejawat, dengan aspek penilaian adalah sbb :
 (Contoh Si Ali Menilai)

Aspek Penilaian
Mhs A
Mhs B
Mhs C
Mhs D
Mhs E
Kerjasama





Aktivitas





Tanggung Jawab






C. Penilaian Quiz / Aktivitas Diskusi / UTS/UAS
No
Aspek Yang Dinilai dan Kriteria Penilaian
Skor
1
Kemandirian Penyelesian Quiz
(Mandiri = 2; Tidak Mandiri = 1)
1 – 2
2
Kebenaran informasi Jawaban
(Sangat Benar = 4; Benar = 3; Kurang benar = 2; salah = 1)
1 – 4
3
Kelengkapan Jawaban
(Sangat lengkap = 4; Lengkap = 3; Kurang Lengkap = 2; Tidak Lengkap = 1)
1 – 4

Skor Maksimum
10

G. Pendidikan Karakter
Setelah mata kuliah ini disampaikan diharapakan  pengetahuan dan pemahaman ekonomi publik ini diperoleh, maka softskill yang diharapkan tumbuh adalah proccess skill, social skill dan generic skill, yang terdiri dari :
1.      Pengembangan ketrampilan teknis [S1]
2.      Pengembangan ketranpilan analitikal [S2]
3.      Pengembangan ketrampilan goal setting [S3]
4.      Pengembangan ketrampilan berpikir kritis [S4]
5.      Pengembangan ketrampilan komunikasi atau pPresentasi [S5]
6.      Pengembangan ketrampilan bekerjasama [S6]
7.      Pengembangan ketrampilan problem solving [S7]
8.      Pengembangan ketrampilan berinisiatif [S8]
9.      Pengembangan ketrampilan kepemimpinan [S9]








H.TOPIK BAHASAN :
Pertemuan
Topik Bahasan
Bacaan (BAB)
Dosen
BW
M
MM
R
AS

1,2

Peranan Pemerintah dalam Ekonomi
1.     Kegagalan Pasar
2.     Fungsi Fiskal
3.     Kelembagaan Fiskal

3

1
1
1


1
2

4

1
1
1 


3,4,5
Teori barang Publik
2.     Teori Barang Publik
3.     Eksternalitas

4

3

3-4
5

5-6
7

6-7
6-7

6,7,8
Analisis Perpajakan
1.     Kreteria Pajak Yang Baik
2.     Analisis Beban Akhir Pajak
3.     Pengaruh Pajak Dalam Ekonomi

9-10
12
11

4-5
10
11-14

10-11
12-14

13-15
13-15

3-9
3-9

9
Ujian Tengah Semester (UTS)






10,11
Struktur dan Kebijakan Anggaran Negara
1.     Struktur dan Pertumbuhan Belanja Publik
2.     Struktur Pajak


13



7-9
15-23


16-21


12,13,14
Hubungan Keuangan Pusat –Daerah
1.     Hubungann Keuangnan Pusat –Daerah
2.     Sistem Bantuan Kepada Daerah
3.     Desentralisasi



15


24
25
26

22
22
22


17

15
Ekonomi Publik dan Globalisasi


35-37
23


16
Ujian Akhir Semester (UAS)






 


I. Daftar Bacaan

BW          : Boadway R.W dan Wildasin, D.E, Publik Sector Economics Little Brown, Boston, 1984
M             : Musgrave, R.A The Theory of Public Finance, Mc Graw Hill, New York, 1959
MM          : Musgrave, R.A dan Musgrave, P.B Public Finance in Theory and Practice, Mc Hill,
New York, 1984
R            : Rosen, H.S Public Finance, Richard D Irwan Inc. Homewood, 1985
AS          : Atkinson, A.B, dan Stiglitz, J.E, Lectures on Public Economics, Mc Graw Hill,
                        London, 1987



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

Peta