Contoh kontrak perkuliahan
Departemen Pendidikan Nasional
Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Medan
Jurusan Pendidikan Ekonomi
KONTRAK PERKULIAHAN
Mata Kuliah : EKONOMI PUBLIK
Kode Mata Kuliah : EKO 546
Jumlah SKS : 3 SKS
Dosen : Dr. H. Muhammad Yusuf,
M.Si
Sondang A.Silalhi, SE, M.Si
A. Tujuan Mata Kuliah
Tujuan dasar dari matakuliah ini adalah memberikan kerangka pemahaman dasar
mengenai konsep/teori ekonomi publik secara komprehensif sehingga para mahasiswa
dapat mengeksplorasi berbagai topik Ekonomi Publik yang berfokus pada (i) fungsi
dan peran pemerintah; (ii) Teori barang swasta; (iii) Kegagalan pasar dan
campur tangan pemerintah; (iv) Teori barang publik; (v) Ekternalitas; vi Dasar
teori pengeluaran pemerintah; vii. Prinsip-prinsip perpajakan; viii. Dampak
pajak dalam perekonomian. Manfaat
matakuliah ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1) skills; 2) Attitudes
(Sikap) dan 3) Areas of knowledge. Tujuan dan manfaat untuk skill dari
matakuliah ini adalah mengembangkan pola berpikir secara kritis dan analitis;
menginteprestrestasikan data keunagan APBN/APBD; menggunakan metode
kuantitative melalui pengembangan model-model ekonomi serta mengungkapkan hasil
penalaran ekonomi publik melalui tulisan-tulisan. Tujuan dan manfaat bagi
attitudes adalah berkaitan dengan aspek pengembangan intelektual; appreciation
pada metode analisis dan respek terhadap berbagai permasalahan perekonomian. Tujuan dan manfaat
dari areas of knowledge adalah pengembangan pengetahuan teori ekonomi publik;
model-model perpajakan dan barang publik dari perekonomian serta dampaknya
terhadap pertumbuhan ekonomi.
B. Deskripsi Mata
Kuliah
Dengan menguasai materi mata kuliah ini diharapkan
mehasiswa akan menguasai :
1. Dapat mengetahui fungsi pemerintah dan peranan swasta
dalam pembangunan ekonomi
2. Dapat merumuskan sistem pajak yang akan diterapkan pada
masyarakat
3. Dapat menganalisis kebijakan pengadaan barang publik
Mata kuliah ini membahas berbagai teori dan lembaga yang berkembang dalam
ekonomi Publik, pembahasan mencakup topik-topik peranan pemerintah dalam
kegiatan ekonomi, teori barang publik, analisis, perpajakan, struktur dan
kebijakan anggaran negara, hubungan keuangan pusat daerah dan ekonomi publik
dalam mengahadapi ekonomi global.
C. Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti perkuliahan ekonomi Publik ini diharapkan mahasiswa
memiliki kompotensi dasar berupa :
- Mampu memahami berbagai isu-isu ekonomi publik dan peralatan ekonomi publik yang dipergunakan dalam menganalisis masalah ekonomi publik.
- Mampu mengidentifikasi berbagai konsep teori ekonomi publik dan kaitannya dengan berbagai variabel ekonomi publik
- Mampu menganalisis dampak kegagalan pemerintah dan eksternalitas terhadap perekonomian
- Mampu menganalisis teori barang swasta dan barang publik terhadap perekonomian
- Mampu menganalisis prinsip-prinsip perpajakan.
- Mampu menganalis dampak kebijakan fiskal terhadap perekonomian.
- Mampu memahami konsep anggaran hubungan pusat-daerah.
- Mampu memahami relevansi empiris dari teori-teori yang dikemukakan dalam ekonomi publik.
D. Strategi Perkuliahan
Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini
adalah contextual teaching learning (CTL)
dengan menggunakan berbagai metode perkuliahan, antara lain: Ceramah
(Kuliah Mimbar), diskusi kelas, penugasan individu dan kelompok. Adapun langkah-langkah perkuliahan adalah sebagai berikut :
- Penjelasan umum kontrak perkuliahan, perkenalan dan menyampaian materi kuliah secara keseluruhan.
- Dalam menjelaskan kontrak perkuliahan dilakukan pembagian kelompok belajar mahasiswa terdiri dari 7 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang. Kelompok ini bertugas melakukan pengkajian empiris secara mendalam atas berbagai isu-isu ekonomi publik di Indonesia, yang meliputi masalah :
- Peranan pemerintah dalam perekonomian.
- Teori barang swasta.
- Kegagalan pasar dan campur tangan pemerintah.
- Teori barang publik.
- Eksternalitas dan dampaknya terhadap perekonomian.
- Prinsip-prinsip perpajakan.
- Dampak pajak dan pengeluaran pemerintah terhadap perekonomian.
- Kuliah mimbar, mengkaji tentang konsep dan model ekonomi publik beserta perangkat analisisnya.
- Dalam pertemuan keempat dilakukan pembagian tugas Individu membuat lecture note atau critical book report .
- Diskusi kelas, mengkaji tentang konsep dan model ekonomi publik beserta perangkat analisisnya
- Quiz singkat 5 menit
E. Tugas-tugas Perkuliahan
Pada perkuliahan ini mahasiswa diberi 3 macam tugas utama, yakni :
- Tugas kelompok membuat makalah yang bersumber dari kajian empiris (Lihat Journal yang tersedia di Prodi IESP) sesuai dengan strategi pembelajaran, dengan struktur makalah sebagai berikut :
a. Bab I Pendahuluan, terdiri dari :
1) Latar Belakang Makalah
2) Rumusan Masalah (sesuaikan dengan judul
tugas)
b. Bab II Kerangka Teori (Sesuaikan dengan
judul tugas)
c. Bab III Analisis Perekonomian Indonesia
(Sesuaikan dengan judul tugas)
d.
Bab IV Grand Strategi
Penyelesaian Masalah
e. Bab V Kesimpulan dan Implikasi Kebijakan
- Tugas Individu, dengan ketentuan tugas adalah sebagai berikut :
a. Tugas Individu dikirim lewat email
b. Struktur Penyelesaian tugas diselesaikan
sesuai topik masalah
c. Bahan Referensi harus jelas
Masing-masing
tugas individu terlampir.
- Quiz
F. Kriteria Penilaian
Penilaian yang
dilakukan pada mata kuliah ini mengacu pada sistem penilaian yang diatur dalam
peraturan akademik UNIMED.
Penetapan nilai dari tiap penilaian dilakukan
menggunakan formula :
Penilaian terhadap tugas individu dan tugas kelompok ditetapkan kriteria
sebagai berikut :
|
Penilaian terhadap tugas individu dan
tugas kelompok ditetapkan kriteria sebagai berikut :
A. Penilaian Tugas Invididu
No
|
Aspek Yang Dinilai dan Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1
|
Ketepatan waktu penyerahan tugas
(Tepat = 4; Tidak Tepat = 2; Tidak Menyerahkan =
0)
|
0 - 4
|
2
|
Kebenaran informasi Jawaban
(Sangat Benar = 4; Benar = 3; Kurang benar = 2;
salah = 1)
|
1 - 4
|
3
|
Kelengkapan Jawaban
(Lengkap = 2; Tidak Lengkap
= 1)
|
1 – 2
|
Skor Maksimum
|
10
|
B. Penilaian Tugas Kelompok
No
|
Aspek Yang Dinilai dan Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1
|
Ketepatan waktu penyerahan tugas
(Tepat = 4; Tidak Tepat = 2; Tidak Menyerahkan =
0)
|
0 – 4
|
2
|
Kesesuaian isi makalah dengan materi tugas
kelompok
(Sangat Benar = 4; Benar = 3; Kurang benar = 2;
salah = 1)
|
1 – 4
|
3
|
Sistematika Penyusunan
Makalah
(Lengkap = 3; Kurang
Lengkap = 2; Tidak Lengkap = 1)
|
1 – 3
|
Skor Maksimum
|
11
|
Untuk Tugas Kelompok dilakukan penilaian dengan
teman sejawat, dengan aspek penilaian adalah sbb :
(Contoh Si
Ali Menilai)
Aspek Penilaian
|
Mhs A
|
Mhs B
|
Mhs C
|
Mhs D
|
Mhs E
|
Kerjasama
|
|||||
Aktivitas
|
|||||
Tanggung Jawab
|
C. Penilaian Quiz / Aktivitas Diskusi / UTS/UAS
No
|
Aspek Yang Dinilai dan Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1
|
Kemandirian Penyelesian Quiz
(Mandiri = 2; Tidak Mandiri = 1)
|
1 – 2
|
2
|
Kebenaran informasi Jawaban
(Sangat Benar = 4; Benar = 3; Kurang benar = 2;
salah = 1)
|
1 – 4
|
3
|
Kelengkapan Jawaban
(Sangat lengkap = 4;
Lengkap = 3; Kurang Lengkap = 2; Tidak Lengkap = 1)
|
1 – 4
|
Skor Maksimum
|
10
|
G. Pendidikan Karakter
Setelah mata kuliah ini disampaikan diharapakan pengetahuan dan pemahaman ekonomi publik ini
diperoleh, maka softskill yang diharapkan tumbuh adalah proccess skill, social
skill dan generic skill, yang terdiri dari :
1. Pengembangan ketrampilan teknis [S1]
2. Pengembangan ketranpilan analitikal [S2]
3. Pengembangan
ketrampilan goal setting [S3]
4. Pengembangan ketrampilan berpikir kritis [S4]
5. Pengembangan ketrampilan komunikasi atau pPresentasi [S5]
6. Pengembangan ketrampilan bekerjasama [S6]
7. Pengembangan ketrampilan problem solving [S7]
8. Pengembangan ketrampilan berinisiatif [S8]
9. Pengembangan ketrampilan kepemimpinan [S9]
H.TOPIK
BAHASAN :
Pertemuan
|
Topik
Bahasan
|
Bacaan (BAB)
|
Dosen
|
||||
BW
|
M
|
MM
|
R
|
AS
|
|||
1,2
|
Peranan
Pemerintah dalam Ekonomi
1. Kegagalan
Pasar
2. Fungsi
Fiskal
3. Kelembagaan
Fiskal
|
3
|
1
1
1
|
1
2
|
4
|
1
1
1
|
|
3,4,5
|
Teori
barang Publik
2. Teori
Barang Publik
3. Eksternalitas
|
4
|
3
|
3-4
5
|
5-6
7
|
6-7
6-7
|
|
6,7,8
|
Analisis
Perpajakan
1. Kreteria
Pajak Yang Baik
2. Analisis
Beban Akhir Pajak
3. Pengaruh
Pajak Dalam Ekonomi
|
9-10
12
11
|
4-5
10
11-14
|
10-11
12-14
|
13-15
13-15
|
3-9
3-9
|
|
9
|
Ujian
Tengah Semester (UTS)
|
||||||
10,11
|
Struktur
dan Kebijakan Anggaran Negara
1. Struktur
dan Pertumbuhan Belanja Publik
2. Struktur
Pajak
|
13
|
7-9
15-23
|
16-21
|
|||
12,13,14
|
Hubungan
Keuangan Pusat –Daerah
1. Hubungann
Keuangnan Pusat –Daerah
2. Sistem
Bantuan Kepada Daerah
3. Desentralisasi
|
15
|
24
25
26
|
22
22
22
|
17
|
||
15
|
Ekonomi
Publik dan Globalisasi
|
35-37
|
23
|
||||
16
|
Ujian
Akhir Semester (UAS)
|
I. Daftar Bacaan
BW : Boadway R.W dan Wildasin, D.E,
Publik Sector Economics Little Brown, Boston,
1984
M
: Musgrave, R.A The Theory of Public Finance, Mc Graw Hill, New York,
1959
MM
: Musgrave, R.A dan Musgrave, P.B Public Finance in Theory and Practice,
Mc Hill,
New York, 1984
R
: Rosen, H.S Public Finance, Richard D Irwan Inc. Homewood, 1985
AS
: Atkinson, A.B, dan Stiglitz, J.E, Lectures on Public Economics, Mc
Graw Hill,
London, 1987
Komentar
Posting Komentar