Teori laba usaha

TEORI LABA USAHA
     Para pakar indonesia berpendapat bahwa keuntungan dapat juga dapat dipandang sebaai pendapatan dari kekuasaan monopoli yang dimiliki perusahaan.dibawah ini akan disajikan beberapa tentang laba usaha.
a.Teori Inovasi
      Teori ii dikenal dengan sebutan inovation theory,yang diajuka oleh schumpeter.Teori ini menjelaskan bahwa laba wira usaha timbul karna kemampuandan kecakapan sang wirausaha untuk mengehasilkan barang-barang atau jasa baru untuk mengadakan perbaikan baru.Tujuan untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi dari pada biaya,sehingga ada kelebihan.
b.Teori resiko usaha
       Teori dikenal dengan sebutan risk bearing theory yang dikemukkan oleh Hawley.Menjelaskan bahwa  wirausahaan yang laba.Alasannya,jika perusahaan gagal sudah tentu ia juga menananggung risiko rugi.
C. Teori nilai lebih
           Dikenal dengan sebutan surplus value theori.yang diajukan oleh Karl Marx.Menjelaskan bahwa laba wirausaha itu berasal dari nilai lebih hasil kerja buruh yang tidak dibayarkan olehwira usaha.Pekerja hanya menerima ganti rugi atas proses produksi.Nilai lebih yang tidak dibayarkan itulah yang diterima oleh sang wirausahawan sebagai laba wirausaha.
     D.Teori Residu
            Teori ini dikemukakan oleh David Ricardo.
Teori ini menjelaskan bahwa wira usaha akan menerima laba jika terdapat kelebihan dari hasil pendapatannya.Kelebihan(yang disebut sebagai laba atau profit) itu dihasilkan dari pengurangan pendapatan total dari biaya total.
             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

Teori Biaya Produksi