Makalah Ekonomi Internasional,


Perpindahan Faktor-Faktor Produksi  Antarnegara
Sampai saat ini kita telah peduli  sepenuhnya dengan perdagangan internasional. Artinya, kita telah berfokus pada sebab dan akibat pertukaran barang maupun jasa internasional. Pergerakan barang dan jasa adalah bukan satu-satunya bentuk integrasi internasional. Bab ini berkaitan dengan bentuk lain dari integrasi, gerakan internasional dari faktor produksi, atau gerakan faktor. Faktor termasuk gerakan migrasi tenaga kerja, transfer modal melalui pinjaman internasional  hubungan internasional yang  terlibat dalam pembentukan perusahaan multinasional.
Prinsip-prinsip gerakan faktor internasional tidak berbeda dari yang mendasari perdagangan internasional barang. Kedua pinjam dan meminjam internasional dan migrasi tenaga kerja internasional dapat dianggap  sejalan dalam penyebabnya dan efek untuk pergerakan barang dianalisis dalam Bab 2 sampai 5. Peran perusahaan multinasional dapat dipahami dengan memperluas beberapa konsep yang dikembangkan dalam Bab 6. Jadi, ketika kita beralih dari perdagangan barang dan jasa untuk faktor gerakan kita tidak membuat perubahan radikal dalam penekanan.
Meskipun ada kesamaan fundamental ekonomi antara gerakan buruh dan faktor Namun, ada perbedaan besar dalam konteks politik. Sebuah negara yang berlimpah  tenaga kerja mungkin kurang dan mengimpor beberapa keadaan padat modal barang; dalam keadaan lain mungkin memperoleh modal dengan meminjam di luar negeri. Sebuah negara modal berlimpah dapat mengimpor padat karya barang atau mulai mempekerjakan pekerja migran. Sebuah negara yang terlalu kecil untuk mendukung perusahaan ukuran efisien dapat mengimpor barang dimana perusahaan-perusahaan besar memiliki keuntungan atau mengizinkan barang-barang yang akan diproduksi secara lokal oleh anak perusahaan dari perusahaan asing. Dalam setiap kasus strategi alternatif mungkin mirip dalam konsekuensi mereka murni ekonomi tetapi secara radikal berbeda dalam penerimaan politik mereka.

Pada gerakan, faktor keseluruhan internasional cenderung meningkatkan lebih banyak lagi kesulitan politik daripada perdagangan internasional. Jadi gerakan faktor tunduk pada pembatasan lebih dari perdagangan barang. Pembatasan imigrasi hampir universal. Sampai tahun 1980-an beberapa negara Eropa, seperti Perancis, dipelihara kontrol pada pergerakan modal meskipun mereka memiliki hampir perdagangan bebas dalam barang-barang dengan tetangga mereka. Investasi oleh perusahaan multinasional berbasis asing dianggap dengan kecurigaan dan diatur secara ketat  sebagian besar dunia. Hasilnya adalah bahwa gerakan faktor mungkin kurang penting dalam praktek dari perdagangan barang, yang mengapa kami mengambil analisis perdagangan dengan tidak adanya gerakan faktor sebagai titik awal kita. Meskipun demikian, gerakan faktor sangat penting, dan akan sangat berharga untuk menghabiskan satu bab tentang analisis mereka.
Bab ini dibagi dalam tiga bagian. Kita mulai dengan model sederhana mobilitas perburuhan internasional. Kami kemudian melanjutkan untuk analisis pinjam meminjam internasional, di manakami menunjukkan bahwa pinjaman ini dapat diartikan sebagai perdagangan dari waktu ke waktu: Negara memberikan pinjamansumber daya sekarang untuk menerima pembayaran di masa depan, sementara peminjam melakukanmundur. Akhirnya, bagian terakhir dari bab ini menganalisis perusahaan multinasional.
·         MobilitasTenaga Kerja Internasional

Kita mulai diskusi kita dengan analisis dampak mobilitas tenaga kerja. Dalam dunia modern pembatasan aliran tenaga kerja sangat banyak, hampir setiap negara menerapkan pembatasan
tentang imigrasi. Dengan demikian mobilitas tenaga kerja kurang lazim dalam praktek dari pada mobilitas modal.namunIni tetap penting, namun juga dalam beberapa hal sederhana untuk menganalisis dari gerakan modal, untuk alasan yang akan menjadi jelas nanti dalam bab ini.

Model satu Barang Tanpa Mobilitas Faktor

Seperti dalam analisis perdagangan, cara terbaik untuk memahami faktor mobilitas adalah mulai dengandunia yang tidak ekonomis terintegrasi, kemudian memeriksa apa yang terjadi ketika transaksi  internasional diperbolehkan. Mari kita asumsikan bahwa kita memiliki, seperti biasa, dunia dua negara yang terdiriRumah tangga dalam negeri dan Luar Negeri, masing-masing dengan dua faktor produksi, tanah dan tenaga kerja. Kami berasumsiuntuk saat ini, bagaimanapun, bahwa dunia ini adalah lebih sederhana dari yang kami diperiksa dalamBab 4, di bahwa kedua negara hanya memproduksi satu baik, yang kita hanya akan mengacu padasebagai "output." Dengan demikian tidak ada ruang untuk perdagangan biasa, pertukaran barang yang berbeda,dunia ini. Satu-satunya cara untuk ekonomi-ekonomi menjadi terintegrasi satu sama lain adalah melaluipergerakan tanah atau tenaga kerja. Tanah hampir pasti tidak bisa bergerak, jadi ini adalahmodel integrasi melalui mobilitas tenaga kerja internasional.

Sebelum kami memperkenalkan gerakan faktor, bagaimanapun, mari kita analisa faktor penentutingkat output di setiap negara. Tanah (T) dan tenaga kerja (L) adalah satu-satunya sumber daya yang langka. Demikianoutput dari setiap negara akan tergantung, hal lain sama, pada jumlah faktor-faktortersedia. Hubungan antara faktor pasokan di satu sisi dan output dariekonomi di sisi lain disebut sebagai fungsi produksi perekonomian, yang kami menunjukkanoleh Q (T, L).
       Kita telah menemui ide dari fungsi produksi dalam Bab 3. Seperti kitatercatat adacara yang berguna untuk melihat fungsi produksi adalah dengan bertanya bagaimana output tergantung padapasokan salah satu faktor produksi, memegang kuantitas faktor lain tetap. Ini adalahdilakukan pada Gambar 7-1, yang menunjukkan bagaimana output suatu negara bervariasi sebagai lapangan kerjanya adalahbervariasi, menahankan tetap penyediaan lahan, angka tersebut sama dengan Gambar 3-1. Kemiringanfungsi produksi mengukur peningkatan output yang akan diperoleh dengan menggunakan sedikitlebih banyak tenaga kerja dan dengan demikian disebut sebagai produk marjinal tenaga kerja. Seperti kurva digambarkan dalamGambar 7-1, produk marjinal tenaga kerja diasumsikan jatuh sebagai rasio tenaga kerja untuk tanah naik.

Gambar7-2, sesuai dengan Gambar 3-2, berisi informasi yang sama sepertiGambar 7-1tetapidengan cara yang berbeda. Kita sekarangmenunjukkan secara langsungbagaimana produkmarjinal tenaga kerjatergantungpada jumlahkerja yang dipekerjakan.Kami jugamenunjukkan bahwaupah riilyang diterima olehsetiap unitkerjasama denganproduk marjinaltenaga kerja.Ini akan menjadibenarselamaperekonomian adalahsempurnakompetitif kita asumsikandemikian.

Bagaimana denganpendapatan yang diterimaolehtanah?Seperti kitamenunjukkandalam lampiranBab3,total outputekonomidapat diukur denganluas di bawahkurvaproduk marjinal.Dari jumlah itutotal output, upah yang diterima olehpekerjasama dengankaliupahriilpekerjaan tersebuttenaga kerja,dan karenanyasama dengandaerahyang ditunjukkanpadagambar.Sisanya,jugaditampilkan,sama denganharga sewayang diterima olehpemilik tanah.

Asumsikan bahwaRumah tangga dalam negeri danLuar Negerimemiliki teknologiyang sama tetapiberbedasecara keseluruhanrasio tanah dan tenaga kerja. JikaDalam negeri adalah negaratenaga kerjaberlimpah,pekerja dalam negeri akanberpenghasilan kurang dariyang ada diLuar Negeri, sedangkan tanah diDalam negeri  menghasilkanlebih daridiLuar Negeri.Hal ini jelasmenciptakaninsentif bagifaktor-faktor produksibergerak.Pekerjadalam negeriinginpindah keLuar Negeri;Pemilik tanahasing jugaingin memindahkantanah merekake dalam negeri, tapi kami mengira bahwaini tidak mungkin.Langkah selanjutnya kamiadalah untuk memungkinkanpekerjauntuk bergerak danmelihat apa yang terjadi.

·         Gerakan Buruh Internasional

Sekarang anggaplah bahwa pekerja dapat bergerak di antara kedua negara kita. Pekerja akan bergerakdari dalam  Ke Luar Negeri. Gerakan ini akan mengurangi angkatan kerja Depan dan dengan demikian meningkatkan upah rill di dalam negeri, sekaligus meningkatkan tenaga kerja dan mengurangi upah riil di Luar Negeri.Jika tidak ada hambatan untuk gerakan buruh, proses ini akan berlanjut sampai marjinalproduk kerja sama di kedua negara.Gambar 7-3 mengilustrasikan penyebab dan dampak mobilitas tenaga kerja internasional. Sumbu horizontal mewakili kekuatan dunia kerja total. Para pekerja yang bekerja di dalam negeri diukurdari kiri, para pekerja yang bekerja di Luar Negeri dari kanan. Sumbu vertikal kirimenunjukkan produk marjinal tenaga kerja di dalam negeri ; sumbu vertikal kanan menunjukkan marjinalproduk tenaga kerja di Luar Negeri. Awalnya kami menganggap bahwa ada OL} pekerja di Rumah, L'O
​​* pekerja luar negeri (point A).

Tiga halperlu dicatattentangredistribusiangkatan kerjadunia.

1.      Inimengarah kekonvergensitingkat upahnyata. Kenaikan upah riil dalam negeri ,danpenurunan Asing.
2.      Hal ini meningkatkanoutputduniasecara keseluruhan. Output asingmeningkatolehdaerah di bawahprodukmarjinalkurva dariV keL2, sedangkan dalam negeri jatuholeh areayang sesuaibawah kurvaprodukmarjinal. Kita melihat darigambar bahwakeuntunganLuar Negerilebih besardari kerugian dalam negeri ini,dengan jumlah yangsetara dengan luasABCberwarnapada gambar.
3.      Meskipunkeuntungan ini, beberapa orang dirugikan olehperubahan.Mereka yangawalnyaakantelah bekerja didalam negerimenerimaupah riilyang lebih tinggi,tetapi mereka yangawalnyaakan memilikibekerja diLuar Negerimenerimaupah riilyang lebih rendah.Pemilik lahandiLuar Negerimenerima manfaatdarilebih besartenaga kerjapasokan, tetapipemilik tanah didalam negeridibuatlebih buruk. Seperti dalamkasuskeuntungandari perdagangan internasional, maka, mobilitasinternasionaltenaga kerja,sementara memungkinkansemua orangharus dibuatlebih baikpada prinsipnya,meninggalkanbeberapa kelompoklebih burukdalam praktek.

MemperluasAnalisis

Kita baru saja melihatbahwamodel yang sangat sederhanamemberitahu kitacukup banyaktentang mengapa faktor gerakan internasional terjadi danapa efekyang mereka miliki.Mobilitas tenaga kerjadalam modelsederhana kami,seperti perdagangandalam modeldari Bab4, didorong oleh perbedaaninternasionaldalam sumber daya, jugaseperti perdagangan, adalah bermanfaat dalam artibahwa hal itu meningkatkanproduksi duniabelumdikaitkandengan efekpendapatandistribusi yang kuatyang membuatmereka keuntunganbermasalah.
Mari kita perhatikan secara singkat bagaimana analisis tersebut dimodifikasi ketika kita menambahkan beberapa komplikasiyg telah kita asumsikan .Kita harus menghapus asumsi bahwa kedua negara menghasilkan hanya satu yang baik. Misalkan,kemudian, bahwa negara-negara memproduksi dua barang, satu padat karya satu dari yang lain.Kita sudah tahu dari diskusi kita tentang model faktor proporsi pada Bab 4 bahwa dalamini kasus perdagangan menawarkan alternatif untuk mobilitas faktor. Dalam negeri bisa dalam arti tenaga kerja ekspor danimpor tanah dengan mengekspor padat karya yang baik dan mengimpor tanah intensif baik. Itumungkin pada prinsipnya untuk perdagangan tersebut untuk mengarah pada pemerataan lengkap harga faktortanpa memerlukan mobilitas faktor. Jika ini terjadi, itu akan tentu saja menghapusinsentif bagi tenaga kerja untuk bergerak dari Dalam Ke Luar Negeri.
Dalam prakteknya, sementara perdagangan memang pengganti gerakan faktor internasional, itu bukansempurna pengganti. Alasannya adalah mereka yang sudah diringkas dalam Bab 4. Lengkap faktorpemerataan harga tidak diamati di dunia nyata karena negara-negara kadang-kadang terlalu berbedasumber daya mereka untuk tetap tidak terspesialisasi, ada hambatan perdagangan, baik alam danbuatan; dan ada perbedaan dalam teknologi serta sumber daya antar negara.Kita mungkin bertanya-tanya di sisi lain apakah gerakan faktor tidak menghapus insentifuntuk perdagangan internasional. Sekali lagi jawabannya adalah bahwa sementara dalam gerakan model sederhana darifaktor-faktor produksi dapat membuat perdagangan internasional barang yang tidak perlu, dalam prakteknya adamerupakan hambatan besar untuk pergerakan bebas tenaga kerja, modal, dan lainnya berpotensi sumber daya. Dan beberapa sumber daya tidak dapat dibawa hutan bersama-Kanada danKaribia sinar matahari tidak dapat bermigrasi.
Memperluas model sederhana mobilitas faktor, maka, tidak mengubah fundamental
pesan. Intinya adalah bahwa perdagangan iA faktor adalah, dalam istilah ekonomi murni, sangat miripperdagangan barang, itu terjadi karena banyak alasan yang sama dan menghasilkan hasil yang sama.BAB 7 Mutasi Faktor Internasional 165.


Pinjam Meminjam International


Pergerakanmodal internasionaladalah fiturmenonjol darirona ekonomi internasional.Hal ini menggodauntuk menganalisisgerakan-gerakan inidalamparalelcara untukanalisis kita tentangmobilitas tenaga kerjadan inikadang-kadang merupakanlatihan yang berguna. Ada beberapaperbedaan penting,namun.Ketika kita berbicara tentangmobilitas tenaga kerjainternasional,jelas bahwapekerjasecara fisikberpindah dari satunegara ke negara lain. Pergerakan modalinternasionaltidak begitusederhana.Ketika kita berbicara tentangarus modaldari Amerika Serikatke Meksiko, kami tidak berartibahwa mesinASsecara harfiahsedangmembuka kuncidan dikirimselatan.Kamibukanberbicaradaria.keuangantransaksi.Sebuah bankASmeminjamkanke perusahaanMeksiko,atauwarga ASmembeli sahamMeksiko,atauperusahaan ASberinvestasimelalui anakMeksikotersebut.Kami fokusuntuk saat inipada pertamajenis transaksi,dimanawarga ASmemberikan pinjaman kepadaorang Meksiko-yaitu, warga AshibahMeksikohak untukmenghabiskan lebih dariyang mereka perolehhari inidengan imbalanjanjiuntuk membayar kembalidi masa depan.Analisis aspek keuangan ekonomi internasional adalah subyek darikedua setengah dari buku ini. Adalah penting untuk menyadari, bagaimanapun, bahwa melakukan transaksi keuangantidak ada hanya di atas kertas. Mereka memiliki konsekuensi nyata. Internasional pinjam-meminjam,khususnya, dapat diartikan sebagai semacam perdagangan internasional. Perdagangan ini tidak satubaik untuk yang lain pada titik waktu tetapi sekarang barang barang di masa depan. Jenisperdagangan dikenal sebagai perdagangan antarwaktu, kami akan memiliki lebih banyak mengatakan tentang hal itu kemudian dalamteks, tetapi untuk tujuan ini model sederhana akan cukup untuk membuat point1 kamiKemungkinan antarwaktu Produksi dan PerdaganganBahkan tanpa adanya gerakan modal internasional, ekonomi pun menghadapi trade-offantara konsumsi sekarang dan konsumsi di masa depan. Ekonomi biasanya tidak mengkonsumsisemua output mereka saat ini, beberapa output mereka mengambil bentuk investasi dimesin, bangunan, dan bentuk-bentuk modal produktif. Investasi lebih ekonomimenyanggupi sekarang, maka akan semakin mampu menghasilkan dan mengkonsumsi di masa depan. Untukberinvestasi lebih, namun, perekonomian harus melepaskan sumber daya dengan mengkonsumsi kurang (kecuali adaadalah sumber daya menganggur, kemungkinan kita sementara mengabaikan). Jadi ada trade-offantara konsumsi saat ini dan masa depan.Mari kita bayangkan sebuah perekonomian yang hanya mengkonsumsi satu yang baik dan akan ada hanya dua periode,yang akan kita sebut sekarang dan mendatang. Maka akan ada trade-off antara hadirdan masa depan produksi barang konsumsi, yang kita dapat meringkas dengan menggambar sebuahproduksi antarwaktu kemungkinan perbatasan. Seperti perbatasan yang diilustrasikan pada Gambar 7-4.Ini terlihat seperti batas-batas kemungkinan produksi kami telah menarik antara duabarang dengan titik waktu.Bentuk garis batas kemungkinan produksi antarwaktu akan berbeda di setiap negara.Beberapa negara akan memiliki kemungkinan produksi yang condong ke inioutput, sementara yang lain condong ke keluaran masa depan. Kami akan bertanya apa perbedaan nyataini bias sesuai dengan dalam sekejap, tetapi pertama mari kita hanya menganggap bahwa ada dua negara, Rumah dan Luar Negeri,dengan berbagaikemungkinanproduksiantarwaktu. rumah itukemungkinanbersikap mendua terhadapkonsumsi saat ini,sementarayangasingcondong kemasa depankonsumsi.Penalarandengan analogi,kita sudah tahuapa yang diharapkan.Dengan tidak adanyainternasionalpinjam-meminjam, kita akan mengharapkan harga relatifkonsumsi masa depanmenjadilebih tinggi diDepandaripada diLuar Negeri,dan dengan demikianjika kitamembuka kemungkinanperdagangandari waktu ke waktu, kamiharapkanHome untukeksporkonsumsi sekarang dankonsumsiimpordi masa depan.Inimungkin,namun,tampaknyasedikitmembingungkan.Apakah hargarelatif darikonsumsi masa depan,dan bagaimanasatu perdagangandari waktu ke waktu?










Tingkat Bunga Riil

Bagaimana perdagangan negara dari waktu ke waktu? Seperti seorang individu, suatu negara dapat melakukan perdagangan dari waktu ke waktu olehpinjaman atau kredit. Pertimbangkan apa yang terjadi ketika seseorang meminjam: Dia awalnyadapat menghabiskan lebih dari penghasilannya atau, dengan kata lain, mengkonsumsi lebih dari produksi nya.Kemudian, bagaimanapun, dia harus membayar kembali pinjaman dengan bunga, dan karena itu di masa depan diamengkonsumsi kurang dari dia menghasilkan. Dengan meminjam, kemudian, ia memiliki efek yang diperdagangkan di konsumsi masa depanuntuk konsumsi saat ini. Hal yang sama berlaku dari negara peminjam.Jelas harga konsumsi masa depan dalam hal konsumsi ini memiliki sesuatuhubungannya dengan tingkat bunga. Sebagaimana akan kita lihat pada paruh kedua buku ini, di dunia nyatainterpretasi tingkat suku bunga rumit oleh kemungkinanperubahan dalam keseluruhantingkat harga. Untuk saat ini, kita melewati masalah yang dengan menganggap bahwa kontrak-kontrak pinjaman yang ditentukandi "nyata" hal: Bila suatu negara meminjam, hal itu akan hak untuk membeli beberapa kuantitaskonsumsi saat ini dengan imbalan pembayaran kembali beberapa kuantitas yang lebih besar di masa depan.Secara khusus, jumlah pembayaran di masa mendatang akan (1 + r) kali jumlah yang dipinjamdi masa sekarang, dimana r adalah tingkat bunga riil pada pinjaman. Sejak trade-off adalah satu unitkonsumsi di masa sekarang untuk (1 r) unit di masa depan, harga relatif konsumsi masa depan
adalah 1 / (1 r).Sejajar dengan model perdagangan standar kami sekarang lengkap. Apabila pinjaman dan pinjamandiperbolehkan, harga relatif konsumsi masa depan, dan dengan demikian tingkat bunga dunia nyata,akan ditentukan oleh pasokan relatif dunia dan permintaan untuk konsumsi masa depan. rumah,kemungkinan antarwaktu yang produksinya bias terhadap konsumsi ini, akanekspor konsumsi sekarang dan konsumsi impor di masa depan. Artinya, dalam negeriakan meminjamkan Ke Luar Negeripada periode pertama dan menerima pembayaran di kedua.



Perbandingan KeuntunganAntarwaktu

Kita telah mengasumsikan bahwa kemungkinan antarwaktu Depan di produksi condong ke
sekarang produksi. Tapi apa artinya ini? Sumber perbandingan antarwaktukeuntungan yang agak berbeda dengan yang menimbulkan perdagangan biasa.
Sebuah negara yang memiliki keunggulan komparatif dalam produksi masa depan barang konsumsiadalah salah satu yang dengan tidak adanya pinjaman internasional dan pinjaman akan Jiave relatif rendahharga konsumsi masa depan, yaitu, tingkat bunga yang tinggi yang nyata. Tingkat bunga yang tinggi yang sebenarnya sesuaidengan pengembalian investasi yang tinggi, yaitu return yang tinggi untuk mengalihkan sumber daya darisaat ini produksi barang-barang konsumsi untuk produksi barang modal, konstruksi, dankegiatan lain yang meningkatkan kemampuan masa depan ekonomi untuk menghasilkan. Jadi negara-negara yangmeminjam di pasar internasional adalah mereka di mana peluang investasi yang sangat produktiftersedia relatif terhadap kapasitas produksi saat ini, sementara negara-negara yang meminjamkan akanmereka dimana peluang tersebut tidak tersedia di dalam negeri.

Pola pinjaman internasional dan pinjaman pada tahun 1970 menggambarkan titik.
Tabel 22-3 membandingkan pemberi pinjaman internasional dari tiga kelompok negara: negara industri,non-migas negara-negara berkembang, dan eksportir minyak utama. Dari tahun 1974 sampai 1981, minyakeksportir meminjamkan $ 395.000.000.000, pada negara-negara berkembang meminjam $ 315.000.000.000, dan(Jauh lebih besar) negara-negara industri meminjam jumlah yang lebih kecil, $ 265.000.000.000. Mengingatmodel kami, ini tidak mengherankan. Selama tahun 1970, sebagai akibat dari kenaikan spektakuler dalamharga minyak, minyak eksportir seperti Arab Saudi menemukan diri mereka dengan penghasilan saat ini sangat tinggi.Mereka tidak, bagaimanapun, menemukan setiap peningkatan sebanding dalam peluang investasi domestik mereka.Artinya, mereka memiliki keunggulan komparatif dalam konsumsi saat ini. Dengan populasi kecil,selain minyak terbatas sumber daya, dan keahlian sedikit dalam produksi industri atau lainnya,reaksi alami mereka adalah untuk menginvestasikan sebagian besar pendapatan mereka meningkat di luar negeri. Oleh sebaliknya, dengan cepat negara-negara berkembang seperti Brazil dan Korea Selatan diharapkan memilikipendapatan jauh lebih tinggi di masa depan dan melihat peluang investasi yang sangat produktif dimereka tumbuh sektor industri, mereka memiliki keunggulan komparatif dalam pendapatan masa depan. Jadi dalamwaktu tersebut (1974-1981) eksportir minyak juga diekspor konsumsi saat ini denganmeminjamkan uang mereka, sebagian, untuk negara-negara berkembang.

 Penanaman Modal Asing langsung  dan Perusahaan Multinasional

Pada bagian terakhir kami fokus pada pinjaman internasional dan pinjaman. Ini adalah relatif
transaksi sederhana, bahwa peminjam tidak membuat tuntutan pada pemberi pinjaman selain dari
pembayaran kembali. Bagian penting dari gerakan modal internasional, bagaimanapun, mengambil yang berbedabentuk, bahwa investasi asing langsung. Oleh investasi asing langsung yang kami maksud internasionalarus modal di mana sebuah perusahaan di satu negara menciptakan atau memperluas anak perusahaan di negara lain. Ituciri khas dari investasi asing langsung adalah bahwa hal itu tidak hanya melibatkan transfersumber daya tetapi juga akuisisi kontrol. Artinya, anak perusahaan tidak hanya memilikikewajiban keuangan kepada induk perusahaan, yang merupakan bagian dari struktur organisasi yang sama.Kapan sebuah perusahaan multinasional? Dalam statistik AS, sebuah perusahaan AS dianggapasing yang dikendalikan, dan karena itu anak perusahaan dari berbasis asing multinasional, jika 10 persenatau lebih dari saham tersebut dipegang oleh perusahaan asing; idenya adalah bahwa 10 persen sudah cukup untukmenyampaikan kontrol yang efektif. Sebuah perusahaan berbasis di AS dianggap multinasional jika memiliki pengendalisaham perusahaan di luar negeri.Pemberitahuan pembaca akan melihat bahwa definisi ini memungkinkan perusahaan untuk dipertimbangkankedua anak perusahaan AS dari sebuah perusahaan asing dan multinasional AS. Dan inikadang-kadang terjadi: dari tahun 1981 hingga 1995 kimia DuPont perusahaan secara resmiasing yang dikendalikan (karena perusahaan Seagram Kanada memiliki sebuah blok besar yangsaham) tetapi juga dianggap sebagai multinasional Amerika. Dalam prakteknya, kasus aneh sepertijarang: biasanya perusahaan multinasional memiliki basis yang jelas rumah nasional.
Perusahaan multinasional sering merupakan kendaraan untuk pinjaman internasional dan pinjaman. Indukperusahaan sering memberikan anak perusahaan asing dengan modal mereka, dengan harapan akhirnyapembayaran kembali. Sampai-sampai perusahaan multinasional memberikan pembiayaan kepada anak perusahaan asing mereka,investasi asing langsung adalah cara alternatif untuk mencapai hal yang samasebagai pemberi pinjaman internasional. Ini masih menyisakan membuka pertanyaan, namun, mengapa investasi langsungdaripada beberapa cara lain untuk mentransfer dana yang dipilih. Bagaimanapun, keberadaanperusahaan multinasional tidak selalu mencerminkan arus modal bersih dari satu negara ke negaralain. Perusahaan Multinasional kadang mengumpulkan uang untuk ekspansi anak perusahaan mereka dinegara dimana anak perusahaan beroperasi bukan di negara asalnya. Selain itu,ada banyak yang baik dari dua arah investasi asing langsung antara negara-negara industri, AS
perusahaan memperluas anak perusahaan mereka di Eropa pada saat yang sama bahwa perusahaan Eropa memperluasmereka di AS anak perusahaan, misalnya.
Intinya adalah bahwa sementara perusahaan multinasional kadang-kadang bertindak sebagai kendaraan untuk internasionalarus modal, mungkin kesalahan untuk melihat investasi asing langsung sebagai alternatif terutamacara bagi negara untuk meminjam dan meminjamkan. Sebaliknya, titik utama dari asing langsunginvestasi adalah untuk memungkinkan pembentukan organisasi multinasional. Artinya, perpanjangankontrol adalah tujuan penting.

TeoriPerusahaan Multinasional

Elemen dasar yang diperlukandariteoriperusahaanmultinasionalterbaikdapat dilihatdengan melihatsebuah contoh. mempertimbangkanindustri otomotifMeksiko.dalam hal produksimeksikosebagian besarmandiri dalam hal merakit mobil hampirsemua mobildijual di sanadan juga memproduksisebagiankomponen untukmobil-mobil.perusahaanyang memproduksiotomotif,bagaimanapun, adalahanak perusahaanutama ASMobil. Pengaturan ini tidak asing, namun kitaharus menyadari bahwa ada dua alternatif jelas. Di satu sisi, bukan menghasilkan di
Eropa, perusahaan AS bisa menghasilkan di Amerika Serikat dan ekspor ke Eropa
pasar. Di sisi lain, seluruh pasar dapat dilayani oleh produsen Eropa sepertI Volkswagen dan Renault. Mengapa, kemudian, kita melihat pengaturan khusus, di mana
perusahaan yang sama menghasilkan di berbagai negara?
Teori modern perusahaan multinasional mulai dengan membedakan antara dua
pertanyaan yang ini pertanyaan besar terdiri. Pertama, mengapa adalah baik diproduksi dalam dua(Atau lebih) yang berbeda negara lebih dari satu? Hal ini dikenal sebagai masalah lokasi.
Kedua, mengapa produksi di lokasi yang berbeda dilakukan oleh perusahaan yang sama bukan oleh yang terpisahperusahaan? Ini dikenal, untuk alasan yang akan menjadi jelas dalam sekejap, sebagai pertanyaan yanginternalisasi. Kita membutuhkan teori lokasi untuk menjelaskan mengapa Eropa tidakmengimpor mobil dari Amerika Serikat; kita membutuhkan teori internalisasi untukmenjelaskan mengapa industri otomotif Eropa tidak secara independen dikendalikan.Teori lokasi adalah bukan yang sulit pada prinsipnya. Hal ini, pada kenyataannya, hanya teoriperdagangan yang kami kembangkan dalam Bab 2 sampai 6. Lokasi produksi sering ditentukanoleh sumber daya. Pertambangan Aluminium harus berada di mana bauksit adalah, aluminiumpeleburan dekat listrik murah. Produsen komputer mini mereka menemukan keterampilan-intensifdesain fasilitas di Massachusetts atau utara California dan padat karya perakitan merekatanaman di Irlandia atau Singapura. Atau, biaya transportasi dan hambatan perdagangan lainnyadapat menentukan lokasi. Perusahaan Amerika memproduksi secara lokal untuk pasar Eropa sebagian untukmengurangi biaya transportasi; sejak model yang laku di Eropa sering sangat berbedadari mereka yang laku di Amerika Serikat, masuk akal untuk memiliki produksi yang terpisahfasilitas dan menempatkan mereka di benua yang berbeda. Sebagai contoh-contoh ini mengungkapkan, faktor-faktor yangmenentukan keputusan perusahaan multinasional tentang di mana untuk menghasilkan mungkintidak jauh berbeda dari mereka yang menentukan pola perdagangan pada umumnya.Teori internalisasi adalah masalah lain. Mengapa tidak memiliki perusahaan mobil independendi Eropa? Kita dapat mencatat pertama bahwa ada transaksi selalu penting antaramultinasional beroperasi di negara yang berbeda. Output dari satu anak perusahaan sering merupakanmasukan ke dalam produksi lain. Atau teknologi yang dikembangkan di satu negara dapat digunakanpada orang lain. Atau manajemen berguna dapat mengkoordinasikan kegiatan tanaman di beberapa negara.
Transaksi ini adalah apa yang mengikat perusahaan multinasional bersama, dan perusahaan mungkinada untuk memfasilitasi transaksi ini. Tapi transaksi internasional tidak perlu dilakukan
keluar di dalam perusahaan. Komponen dapat dijual di pasar terbuka, dan teknologi dapat
lisensi untuk perusahaan lain. Perusahaan multinasional ada karena ternyata lebih menguntungkan untukmelaksanakan transaksi dalam perusahaan daripada antara perusahaan. Inilah sebabnya mengapa motifbagi perusahaan multinasional disebut sebagai "internalisasi."
Kami telah menetapkan sebuah konsep, tapi kami belum menjelaskan apa yang menimbulkan internalisasi.Mengapa beberapa transaksi lebih menguntungkan dilakukan dalam sebuah perusahaan bukanantara perusahaan? Di sini ada berbagai teori, tidak ada juga beralasan baik dalam teoriatau bukti sebagai teori kita tentang lokasi. Kita dapat mencatat dua pandangan berpengaruh, namun,tentang mengapa kegiatan di negara yang berbeda mungkin berguna diintegrasikan dalam satu perusahaan.
Pandangan pertama menekankan keunggulan internalisasi untuk transfer teknologi. Teknologi,luas didefinisikan sebagai segala jenis pengetahuan ekonomis berguna, kadang-kadang bisadijual atau berlisensi. Ada kesulitan penting dalam melakukan ini, namun. Seringkali teknologi nterlibat dalam, katakanlah, menjalankan pabrik belum pernah ditulis, melainkan diwujudkan dalampengetahuan dari sekelompok individu dan tidak dapat dikemas dan dijual. Juga, sulituntuk calon pembeli untuk mengetahui berapa banyak pengetahuan bernilai-jika pembeli tahu sebagaibanyak sebagai penjual, tidak akan ada kebutuhan untuk membeli! Akhirnya, hak kekayaan dalam pengetahuan yangsering sulit untuk membangun. Jika sebuah perusahaan Eropa lisensi teknologi untuk sebuah perusahaan AS, AS lainnyaperusahaan secara hukum dapat meniru teknologi itu. Semua masalah ini dapat dikurangi jika suatu perusahaan,bukannya menjual teknologi, menetapkan tentang menangkap kembali dari teknologi lainnya dinegara dengan mendirikan anak perusahaan asing.

Pandangan kedua menekankan keunggulan internalisasi untuk integrasi vertikal. Jikasatu perusahaan (yang "hulu" perusahaan) memproduksi barang yang digunakan sebagai masukan
 bagi perusahaan lain (yang"Hilir" perusahaan), sejumlah masalah dapat hasil. Untuk satu hal, jika masing-masing memiliki posisi monopoli, mereka dapat masuk ke dalam konflik sebagai perusahaan hilir mencoba menahan hargaturun sementara perusahaan hulu mencoba untuk meningkatkannya. Mungkin ada masalah koordinasi jikapermintaan atau penawaran tidak pasti.

Akhirnya, fluktuasi harga dapat mengenakan risiko yang berlebihan pada satu
atau pihak lain. Jika perusahaan hulu dan hilir digabungkan menjadi "tunggal vertikal
terintegrasi "perusahaan, masalah ini dapat dihindari atau setidaknya dikurangi.
Harus jelas bahwa pandangan ini tidak berarti sebagai ketat bekerja sebagai
Analisis perdagangan dilakukan di tempat lain dalam buku ini. Teori ekonomi dari organisasi-
yang adalah apa yang kita bicarakan ketika kita mencoba untuk mengembangkan teori multinasionalperusahaan-masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini sangat disayangkan karena dalam praktekperusahaan multinasional adalah bahan dipanaskan kontroversi-dipuji oleh beberapa untuk menghasilkan ekonomipertumbuhan, dituduh oleh orang lain untuk menciptakan kemiskinan.

PerusahaanMultinasionaldalam Praktek
Perusahaan multinasionalmemainkan peranan pentingdalam perdagangan duniadan investasi.Sebagai contoh,sekitar setengah dariimpor ASadalah transaksiantara "pihak terkait." Dengan ini dimaksudkanbahwapembeli dan penjual adalah sampai batas yang signifikan dimiliki dan mungkin dikendalikan oleh sama perusahaan. Jadi setengah dariimpor ASdapat dianggap sebagai transaksi antara cabang multinasional perusahaan. Pada saat yang sama, 24 persen dari asetAS di luar negeriterdiri darinilaianak perusahaan asingdariperusahaan-perusahaan AS. JadiASperdagangan internasionaldan investasi,sementaratidak didominasioleh perusahaan-perusahaanmultinasional,yangsampai bataspentingdilakukan olehperusahaan tersebut.
Perusahaan multinasionaldapat,tentu saja,baik domestik maupunmilik asing. Milik asing
perusahaanmultinasionalmemainkan peranpenting dalamsebagian besar ekonomidansemakin pentingperandi AmerikaSerikat.Tabel 7-1membandingkanperanmilik asingperusahaandi bidang manufaktursektordari tiganegara ekonomi utama.(Ingatlah bahwa orang asingbiasanyamemilikisahamjauh lebih besardarimanufakturdariekonomisecara keseluruhan) Tabel. adalahmencerahkan,terutamauntuk Amerikayang tidak terbiasadengan gagasanbekerja untukmilik asingperusahaan dan kadang-kadang gugup tentang implikasi dari kepemilikan asing meningkat.Hal pertama meja memberitahu kita bahwa sementara skala besar kepemilikan asing mungkin barusini, itu adalah topi tua tempat lain: Prancis adalah negara yang bangga dengan kemerdekaan budaya, tetapi sebagailama tahun 1985 lebih dari seperlima dari pekerja manufaktur Perancis dipekerjakan olehasing perusahaan. Tabel tersebut juga menegaskan, bahwa Amerika Serikat melakukan mengalamitajam peningkatan kepemilikan asing selama tahun 1980, misalnya, pangsa luarnegeri perusahaan dalam penjualan dua kali lipat antara 1985 dan 1990. Peningkatan ini membuat AmerikaAmerika lebih mirip dengan negara lain, di mana kepemilikan asing yang besar telah lama menjadifakta kehidupan.
Meskipun statistik sebanding tidak ada, ternyata bahwa pengecualian nyata di antara
ekonomi utama adalah Jepang, yang memiliki kepemilikan asing sangat sedikit. Ini bukan karena
pembatasan hukum yang jelas: Di atas kertas, orang asing bebas untuk membuka pabriknya di Jepang dan membeli perusahaan Jepang, dengan hanya beberapa pengecualian. Tapi budaya hambatan, seperti keenggananhambatan Jepang bekerja untuk perusahaan asing, dan mungkin juga merah-tape banyak dilemparkanoleh birokrat telah mencegah operasi besar-besaran dari luar negeri berbasis multinasional.Pertanyaan penting, bagaimanapun, adalah apa yang membuat perbedaan perusahaan multinasional. Dengan hanyapemahaman yang terbatas tentang mengapa perusahaan multinasional ada, ini adalah pertanyaan sulit untuk menjawab.
Meskipun demikian, teori yang ada menyarankan beberapa jawaban awal.Perhatikan pertama yang banyak dari apa yang perusahaan multinasional yang dapat dilakukan tanpa perusahaan multinasional,meskipun mungkin tidak mudah. Dua contoh adalah pergeseran padat karya produksidari negara-negara industri untuk tenaga kerja berlimpah bangsa dan arus modal dari modal berlimpahnegara untuk langka modal negara. Perusahaan multinasional kadang-kadang agen-agen iniperubahan dan karena itu baik dipuji atau dikutuk karena tindakan mereka (tergantung padasudut pandang komentator). Namun pergeseran ini mencerminkan "lokasi" aspek teori kamiperusahaan multinasional, yang benar-benar tidak berbeda dengan teori perdagangan biasa. Jika perusahaan multinasionaltidak ada, hal yang sama masih akan terjadi, meskipun mungkin tidak pada tingkat yang sama.Pengamatan ini menyebabkan ekonom internasional untuk atribut signifikansi kurang multinasionalperusahaan daripada kebanyakan berbaring pengamat.Perhatikan juga, bahwa dalam arti luas perusahaan multinasional yang melakukan dengan menciptakan organisasiyang memperpanjang melintasi batas-batas nasional mirip dengan efek dari perdagangan dan sederhanamobilitas faktor, yaitu, itu adalah bentuk integrasi ekonomi internasional. Dengan analogi denganbentuk-bentuk integrasi internasional telah kita pelajari, kita akan mengharapkan gabungan ketiga negaraperusahaan untukmenghasilkan keuntungansecara keseluruhan, tetapiuntuk menghasilkan efekdistribusi pendapatanyang meninggalkanbeberapa oranglebih buruk.Efekdistribusi pendapatanIni mungkinsebagian besarefek dalambukanantar negara.Singkatnya, perusahaan multinasional mungkin tidaksama pentingnyafaktor dalamduniaekonomisebagaivisibilitas merekaakan menyarankan; peran mereka adalahtidak lebih dan tidak kurang mungkin
bermanfaatdarihubunganinternasional lainnya.Ini tidak, bagaimanapun, mencegah mereka dari
yang julingperanpenjahatatau (lebihjarang)pahlawan, seperti akan kita lihat dalampembahasan kita tentangperdagangan dan pembangunandalam Bab10.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

SEJARAH PEMIKIR EKONOMI KAUM NEOKLASIK