Pesaingan Persaingan Dagang dan Taktik Politiknya
·
Persaingan Monopoli dan
Perdagangan
Yang
mendasari penerapan model persaingan monopolistik untuk perdagangan adalah
gagasan bahwa perdagangan meningkatkan ukuran pasar. Dalam industri di mana
ada skala ekonomi, kedua varietas barang yang negara
dapat memproduksi dan skala produksinya dibatasi oleh ukuran pasar. Dengan
perdagangan dengan satu sama lain, dan karena itu membentuk terpadu pasar dunia
yang lebih besar daripada pasar nasional individu, negara dapat melonggarkan
kendala-kendala. Setiap negara dapat mengkhususkan dalam memproduksi berbagai
sempit produk daripada dalam ketiadaan perdagangan, namun dengan membeli
barang yang tidak membuat dari yang lain negara, setiap negara secara
bersamaan dapat meningkatkan berbagai barang yang tersedia untuk yang konsumen.
Akibatnya, perdagangan menawarkan kesempatan yang saling menguntungkan
bahkan ketika negara melakukan tidak berbeda dalam sumber daya mereka atau
teknologi.
Anggaplah,
misalnya, bahwa ada dua negara, masing-masing dengan pasar tahunan untuk 1
juta mobil. Dengan perdagangan dengan satu sama lain, negara-negara ini dapat
membuat gabungan pasar 2 juta mobil. Dalam pasar gabungan,
lebih dari varietas mobil dapat diproduksi, dengan biaya rata rata
lebih rendah, daripada di pasar baik saja.
Model
persaingan monopolistik dapat digunakan untuk menunjukkan bagaimana
meningkatkan perdagangan tradeoff antara berbagai skala dan bahwa
negara-negara individu hadapi. Kita akan mulai dengan menunjukkan bagaimana
sebuah lebih
besar pasar lead, dalam model persaingan monopolistik, baik harga rata-rata
lebih rendah dan ketersediaan yang lebih besar berbagai barang. Menerapkan hasil ini
untuk perdagangan internasional,kita amati bahwa
perdagangan menciptakan pasar dunia yang lebih besar daripada pasar nasional
yang
termasuk negara ini. Integrasi pasar melalui perdagangan internasional karena itu memiliki efek yang sama seperti pertumbuhan pasar dalam satu negara.
termasuk negara ini. Integrasi pasar melalui perdagangan internasional karena itu memiliki efek yang sama seperti pertumbuhan pasar dalam satu negara.
Pengaruh Ukuran Pasar Peningkatan
Jumlah
perusahaan dalam industri persaingan monopolistis dan harga yang mereka
tetapkan dipengaruhi oleh ukuran pasar. Dalam pasar yang lebih besar biasanya
akan ada lebih baik perusahaan dan penjualan lebih per perusahaan;
konsumen di pasar yang besar akan ditawarkan baik harga yang lebih
rendah dan berbagai produk yang lebih besar dari konsumen di pasar kecil.
Skala Ekonomis dan Keunggulan Komparatif
Contoh
dari industri persaingan monopolistis mengatakan sedikit tentang pola
perdagangan yang dihasilkan dari skala ekonomi. Model ini mengasumsikan bahwa biaya produksi adalah sama di kedua negara dan perdagangan yang gratis. Asumsi ini berarti bahwa meskipun kita tahu bahwa pasar terpadu akan mendukung sepuluh perusahaan, kita tidak bisa mengatakan di mana mereka akan berada. Sebagai contoh, empat perusahaan mungkin dalam Negeri dan enam di Luar Negeri-tetapi mungkin sama, sejauh contoh ini, bahwa kesepuluh akan berada di Luar Negeri (atau di dalam negeri).
perdagangan yang dihasilkan dari skala ekonomi. Model ini mengasumsikan bahwa biaya produksi adalah sama di kedua negara dan perdagangan yang gratis. Asumsi ini berarti bahwa meskipun kita tahu bahwa pasar terpadu akan mendukung sepuluh perusahaan, kita tidak bisa mengatakan di mana mereka akan berada. Sebagai contoh, empat perusahaan mungkin dalam Negeri dan enam di Luar Negeri-tetapi mungkin sama, sejauh contoh ini, bahwa kesepuluh akan berada di Luar Negeri (atau di dalam negeri).
Untuk
mengatakan lebih dari itu pasar akan mendukung sepuluh perusahaan, perlu untuk
pergi di belakang ekuilibrium parsial kerangka bahwa kita telah
mempertimbangkan sejauh ini dan memikirkan bagaimana skala ekonomi berinteraksi
dengan keunggulan komparatif untuk menentukan pola internasional perdagangan.
Perbedaan
antara model dan model faktor proporsi dari Bab 4 adalah bahwa
sekarang kita misalkan memproduksi bukanlah industri persaingan sempurna menghasilkan
homogen produk. Sebaliknya, adalah industri rnonopolistically kompetitif di mana
jumlah perusahaan semua menghasilkan produk dibedakan. Karena skala ekonomi, baik
negara mampu menghasilkan berbagai produk manufaktur dengan sendirinya, dengan demikian, meskipun kedua negara dapat menghasilkan beberapa manufaktur, mereka akan memproduksi hal yang berbeda. Itu alam persaingan monopolistis dari industri manufaktur membuat perbedaan penting dengan pola perdagangan, perbedaan yang paling dapat dilihat dengan melihat apa yang akan terjadi jika tidak memproduksi sektor persaingan monopolistis.
sekarang kita misalkan memproduksi bukanlah industri persaingan sempurna menghasilkan
homogen produk. Sebaliknya, adalah industri rnonopolistically kompetitif di mana
jumlah perusahaan semua menghasilkan produk dibedakan. Karena skala ekonomi, baik
negara mampu menghasilkan berbagai produk manufaktur dengan sendirinya, dengan demikian, meskipun kedua negara dapat menghasilkan beberapa manufaktur, mereka akan memproduksi hal yang berbeda. Itu alam persaingan monopolistis dari industri manufaktur membuat perbedaan penting dengan pola perdagangan, perbedaan yang paling dapat dilihat dengan melihat apa yang akan terjadi jika tidak memproduksi sektor persaingan monopolistis.
Kita
bisa memikirkan perdagangan dunia dalam model persaingan monopolistik sebagai terdiri
dari dua bagian. Akan ada dua arah perdagangan dalam sektor
manufaktur. Ini pertukaran memproduksi untuk memproduksi disebut
perdagangan intraindustry. Sisa dari perdagangan adalah pertukaran untuk
memproduksi makanan yang disebut perdagangan interindustry.
Perhatikan keempat poin tentang pola perdagangan:
Perhatikan keempat poin tentang pola perdagangan:
1. Interindustry
(manufaktur untuk makanan) perdagangan mencerminkan keunggulan
komparatif. Itu pola perdagangan interindustry adalah bahwa Home, negara
modal berlimpah, adalah eksportir bersih padat modal memproduksi dan negara
pengimpor padat karya pangan. Jadi komparatif keuntungan terus menjadi
bagian utama dari kisah perdagangan.
2. Intraindustry
perdagangan (manufaktur untuk memproduksi) tidak mencerminkan komparatif
keuntungan. Bahkan jika negara memiliki keseluruhan yang sama rasio
modal-tenaga kerja, perusahaan mereka akan terus menghasilkan produk berbeda
dan permintaan konsumen untuk produk yang dibuat di luar negeri akan terus
menghasilkan perdagangan intraindustry. Ini adalah ekonomi skala yang
menjaga masing-masing negara dari memproduksi berbagai produk untuk dirinya
sendiri, dengan demikian skala ekonomi dapat menjadi sumber independen dari
perdagangan internasional.
3. Pola
perdagangan intraindustry itu sendiri tidak dapat diprediksi. Kami belum
mengatakan apa-apa tentang negara mana yang memproduksi barang dalam
memproduksi sektor karena tidak ada dalam model untuk memberitahu
kami. Yang kita tahu adalah bahwa negara-negara akan menghasilkan produk
yang berbeda. Karena sejarah dan kecelakaan menentukan rincian dari pola
perdagangan, komponen tak terduga dari pola perdagangan adalah fitur yang tak
terelakkan dari sebuah dunia dimana skala ekonomi adalah
penting. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa ketidakpastian tidak berjumlah. Sedangkan
pola yang tepat dari perdagangan intraindustry dalam memproduksi sektor adalah
sewenang-wenang, pola perdagangan interindustry antara memproduksi dan makanan
ditentukan oleh perbedaan mendasar antar negara.
4. Kepentingan
relatif dari intraindustry dan perdagangan interindustry tergantung pada
bagaimana negara serupa. Jika Rumah dan Luar Negeri serupa dalam modal
kerja mereka rasio, maka akan ada interindustry perdagangan kecil, dan
perdagangan intraindustry, berdasarkan pada akhirnya skala ekonomi, akan dominan. Di
sisi lain, jika rasio modal-tenaga kerja yang
sangat berbeda, sehingga, misalnya, mengkhususkan diri Luar Negeri sepenuhnya dalam produksi pangan, tidak akan ada perdagangan intraindustry berdasarkan skala ekonomi. Semua perdagangan akan didasarkan pada keunggulan komparatif.
sangat berbeda, sehingga, misalnya, mengkhususkan diri Luar Negeri sepenuhnya dalam produksi pangan, tidak akan ada perdagangan intraindustry berdasarkan skala ekonomi. Semua perdagangan akan didasarkan pada keunggulan komparatif.
Pentingnya Perdagangan Intraindustri
Sekitar
seperempat perdagangan dunia terdiri dari perdagangan intraindustry, yaitu,
pertukaran dua arah barang dalam klasifikasi industri standar. Intraindustry
perdagangan memainkan terutama peran besar dalam perdagangan barang manufaktur
antara negara-negara industri maju, yang account untuk sebagian besar
perdagangan dunia. Seiring waktu, negara-negara industri telah menjadi semakin
serupa di tingkat mereka teknologi dan ketersediaan modal dan terampil tenaga
kerja. Sejak negara perdagangan utama telah menjadi sama dalam teknologi dan
sumber daya, seringkali tidak ada keunggulan komparatif yang jelas dalam sebuah
industri, dan sebagian besar internasional perdagangan karena itu mengambil
bentuk pertukaran dua arah dalam industri-mungkin didorong sebagian besar oleh
skala ekonomi-bukan spesialisasi interindustry didorong oleh keunggulan
komparatif.
Mengapa Perdagangan Intraindustri Penting
Pertama,
perdagangan intraindustry menghasilkan keuntungan ekstra dari perdagangan
internasional, atas dan di atas yang dari keunggulan komparatif, karena
perdagangan intraindustry memungkinkan negara untuk manfaat dari pasar yang
lebih besar. Sebagaimana telah kita lihat, dengan terlibat dalam intraindustry
perdagangan suatu negara dapat
secara bersamaan mengurangi jumlah produk yang dihasilkan dan meningkatkan berbagai barang
tersedia untuk konsumen domestik. Dengan memproduksi varietas yang lebih sedikit, suatu negara dapat memproduksi masing-masing pada skala yang lebih besar, dengan produktivitas lebih tinggi dan biaya lebih rendah.
secara bersamaan mengurangi jumlah produk yang dihasilkan dan meningkatkan berbagai barang
tersedia untuk konsumen domestik. Dengan memproduksi varietas yang lebih sedikit, suatu negara dapat memproduksi masing-masing pada skala yang lebih besar, dengan produktivitas lebih tinggi dan biaya lebih rendah.
Dalam
analisis sebelumnya kita tentang distribusi keuntungan dari perdagangan (Bab 3
dan 4), kami pesimis mengenai prospek bahwa setiap orang akan mendapatkan
keuntungan dari perdagangan, meskipun perdagangan internasional berpotensi
meningkatkan pendapatan semua orang. Dalam model dibahas sebelumnya,
perdagangan memiliki semua efek melalui perubahan harga relatif, yang pada
gilirannya memiliki yang sangat kuat efek pada distribusi pendapatan.
Misalkan, bagaimanapun, bahwa perdagangan intraindustry adalah sumber dominan keuntungan dari perdagangan. Ini akan terjadi (1) ketika negara-negara serupa dalam pasokan relatif faktor, sehingga ada tidak perdagangan interindustry banyak, dan (2) ketika ekonomi skala dan diferensiasi produk yang penting, sehingga keuntungan dari skala yang lebih besar dan pilihan peningkatan yang besar. Dalam keadaan dampak distribusi pendapatan perdagangan akan menjadi kecil dan akan ada yang substansial tambahan keuntungan dari perdagangan intraindustry. Hasilnya bisa jadi bahwa meskipun efek dari perdagangan terhadap pendapatan, keuntungan semua orang distribusi dari perdagangan. Kapan ini paling mungkin terjadi? Intraindustry perdagangan cenderung lazim antar negara yang serupa dalam modal kerja mereka rasio, tingkat keterampilan, dan sebagainya. Dengan demikian, intraindustry perdagangan akan dominan antar negara di tingkat yang sama ekonomi pembangunan. Keuntungan dari perdagangan ini akan menjadi besar ketika skala ekonomi yang kuat dan produk yang sangat dibedakan. Ini lebih karakteristik manufaktur canggih barang dari bahan baku atau sektor tradisional (seperti tekstil atau alas kaki). Perdagangan tanpa efek distribusi pendapatan serius, kemudian, adalah paling mungkin terjadi dalam manufaktur perdagangan antara negara-negara industri maju.
Misalkan, bagaimanapun, bahwa perdagangan intraindustry adalah sumber dominan keuntungan dari perdagangan. Ini akan terjadi (1) ketika negara-negara serupa dalam pasokan relatif faktor, sehingga ada tidak perdagangan interindustry banyak, dan (2) ketika ekonomi skala dan diferensiasi produk yang penting, sehingga keuntungan dari skala yang lebih besar dan pilihan peningkatan yang besar. Dalam keadaan dampak distribusi pendapatan perdagangan akan menjadi kecil dan akan ada yang substansial tambahan keuntungan dari perdagangan intraindustry. Hasilnya bisa jadi bahwa meskipun efek dari perdagangan terhadap pendapatan, keuntungan semua orang distribusi dari perdagangan. Kapan ini paling mungkin terjadi? Intraindustry perdagangan cenderung lazim antar negara yang serupa dalam modal kerja mereka rasio, tingkat keterampilan, dan sebagainya. Dengan demikian, intraindustry perdagangan akan dominan antar negara di tingkat yang sama ekonomi pembangunan. Keuntungan dari perdagangan ini akan menjadi besar ketika skala ekonomi yang kuat dan produk yang sangat dibedakan. Ini lebih karakteristik manufaktur canggih barang dari bahan baku atau sektor tradisional (seperti tekstil atau alas kaki). Perdagangan tanpa efek distribusi pendapatan serius, kemudian, adalah paling mungkin terjadi dalam manufaktur perdagangan antara negara-negara industri maju.
·
DUMPING
Model persaingan monopolistik membantu kita memahami
bagaimana hasil yang meningkat mendorong perdagangan internasional. Seperti
kita catat sebelumnya, bagaimanapun, model ini mengasumsikan jauh banyak
masalah yang dapat timbul ketika perusahaan adalah persaingan tak sempurna.
Meskipun mengakui bahwa persaingan tidak sempurna adalah perlu konsekuensi dari
skala ekonomi, yang monopolistik analisis persaingan tidak berfokus pada
kemungkinan konsekuensi persaingan tidak sempurna sendiri untuk perdagangan
internasional.
Pada kenyataannya, persaingan tidak sempurna memiliki
beberapa konsekuensi penting bagi perdagangan internasional. Yang paling
mencolok dari ini adalah bahwa perusahaan tidak selalu membebankan harga yang
sama untuk barang yang diekspor dan yang dijual ke pembeli dalam negeri.
Ekonomi Dumping
Di
pasar persaingan tidak sempurna,
perusahaan terkadang menentukan
satu harga untuk barang ketika itu diekspor dan harga berbeda untuk barang
yang sama ketika dijual di dalam negeri. Di umum, praktek pembebaanan biaya
pelanggan yang berbeda harga disebut diskriminasi harga. Bentuk yang paling umum
diskriminasi harga dalam perdagangan internasional adalah dumping, praktek
penetapan harga di mana perusahaan menetapkan harga rendah untuk barang ekspor
dari halnya
untuk barang yang sama dijual di dalam negeri.
Dumping dapat terjadi hanya jika dua kondisi terpenuhi.
Pertama, industri harus menjadi kompetitif sempurna, sehingga perusahaan
menetapkan harga daripada mengambil harga pasar seperti yang diberikan. Kedua,
pasar harus tersegmentasi, sehingga penghuni negeri tidak dapat dengan mudah
membeli barang ditujukan untuk ekspor. Dengan kondisi tersebut, perusahaan
monopoli dapat menemukan bahwa itu menguntungkan untuk melakukan dumping.
Sebuah contoh mungkin membantu untuk menunjukkan
bagaimana dumping dapat menjadi strategi yang memaksimalkan keuntungan.
Bayangkan sebuah perusahaan yang saat ini menjual 1000 unit barang di rumah dan
100 unit di luar negeri. Sekarang menjual baik pada $ 20 per unit dalam negeri,
hal itu akan hanya $ 15 per unit pada penjualan ekspor. Orang mungkin
membayangkan bahwa perusahaan akan menyimpulkan bahwa penjualan domestik
tambahan yang jauh lebih menguntungkan daripada ekspor tambahan.
Misalkan, bahwa untuk mengembangkan penjualan dengan satu
unit, di salah satu pasar, akan mengurangi harga sebesar $ 0,01. Pengurangan
harga domestik dengan sepeser pun, kemudian, akan meningkatkan penjualan dengan
satu unit secara langsung menambahkan $ 19,99 pendapatan, tetapi mengurangi
penerimaan pada 1000 unit yang akan dijual dengan harga $ 20 dengan $ 10. Jadi
pendapatan marjinal dari unit tambahan yang dijual hanya $ 9,99. Di sisi lain,
mengurangi harga yang dibebankan ke pelanggan asing dan dengan demikian memperluas
ekspor dengan satu unit langsung akan meningkatkan pendapatan dengan hanya $
14,99. Biaya tidak langsung penerimaan berkurang pada 100 unit yang seharusnya
dijual dengan harga asli, bagaimanapun, akan menjadi hanya $ 1, sehingga
pendapatan marjinal pada penjualan ekspor akan menjadi $ 13,99. Oleh karena itu
akan lebih menguntungkan dalam hal ini untuk memperluas ekspor daripada
penjualan domestik, meskipun harga yang diterima pada ekspor lebih rendah.
Contoh ini bisa dibalik, dengan insentif adalah untuk
harga yang lebih rendah di dalam negeri dari penjualan luar negeri. Namun,
harga diskriminasi mendukung ekspor lebih umum. Sejak pasar internasional yang
tidak sempurna terintegrasi karena kedua biaya transportasi dan proteksionis
hambatan perdagangan, perusahaan domestik biasanya memiliki bagian yang lebih
besar dari pasar domestik daripada mereka dari pasar luar negeri. Hal ini
biasanya berarti bahwa penjualan di luar negeri relatif banyak dipengaruhi oleh
harga mereka dibandingkan penjualan domestik mereka. Sebuah perusahaan dengan
pangsa pasar 20 persen tidak perlu memotong harga sebanyak dua kali lipat
penjualan seperti perusahaan dengan pangsa 80 persen. Jadi perusahaan biasanya
melihat diri mereka seperti memiliki lebih sedikit daya monopoli, dan insentif
yang lebih besar untuk menjaga rendahnya harga mereka, terhadap ekspor dari
pada penjualan domestik.
Dumping secara luas dianggap sebagai praktek yang tidak
adil dalam perdagangan internasional. Tidak ada kebaikan ekonomi pembenaran
mengenai dumping karena sangat berbahaya, tetapi hukum perdagangan AS melarang
perusahaan asing dari dumping di pasar kami dan secara otomatis membebankan
tarif saat dumping ditemukan.
Dumping Timbal-Balik
Analisis dumping menunjukkan bahwa diskriminasi harga
benar-benar dapat menimbulkan perdagangan internasional. Misalkan ada dua
monopoli, masing-masing memproduksi barang yang sama, satu di dalam negeri dan
satu di luar negeri. Untuk menyederhanakan analisis, asumsikan bahwa kedua
perusahaan memiliki sama marjinal biaya. Misalkan juga bahwa ada beberapa biaya
transportasi antara dua pasar, sehingga jika perusahaan membebankan harga yang
sama akan tidak ada perdagangan. Dengan tidak adanya perdagangan, monopoli
setiap perusahaan akan tidak terbantahkan.
Jika kita memperkenalkan kemungkinan dumping, namun
perdagangan mungkin muncul. Setiap perusahaan akan membatasi jumlah yang
dijualnya di pasar dalam negeri, diakui bahwa jika mencoba untuk menjual lebih
banyak barang akan menurunkan harga pada penjualan yang ada dalam negeri. Jika
suatu perusahaan dapat menjual lebih sedikit di pasar lain, namun akan menambah
keuntungannya bahkan jika harga lebih rendah daripada di pasar dalam negeri,
karena efek negatif pada harga penjualan yang ada akan menimpa pada perusahaan
yang lain, bukan pada dirinya sendiri. Jadi setiap perusahaan memiliki insentif
untuk "serangan" pasar lainnya tentang, menjual beberapa unit dengan
harga yang (setelah dikurangi biaya transportasi) lebih rendah dari harga pasar
domestik tetapi masih di atas biaya marjinal.
Jika kedua perusahaan melakukan hal ini, bagaimanapun,
hasilnya akan menimbulkan perdagangan meskipun ada (dengan asumsi) ada
perbedaan awal dalam harga barang di dua pasar, dan meskipun ada beberapa biaya
transportasi. Bahkan lebih khusus, ada akan menjadi dua arah perdagangan produk
yang sama. Sebagai contoh, sebuah pabrik semen di negara A mungkin pengiriman
semen ke B negara sementara pabrik semen di B melakukan sebaliknya. Itu situasi
di mana lead pembuangan untuk perdagangan dua arah dalam produk yang sama
dikenal sebagai timbal balik dumping.
·
Ekonomi Eksternal dan
Perdagangan Internasional
Dalam perdagangan model persaingan monopolistik dianggap
bahwa skala ekonomi yang menimbulkan perdagangan internasional terjadi pada
tingkat perusahaan individu. Artinya, setiap perusahaan tertentu yang lebih
besar output dari produk, biaya lebih rata-rata rendah. Yang tak terelakkan
hasil ekonomi seperti skala pada tingkat perusahaan adalah persaingan tidak
sempurna, yang pada gilirannya memungkinkan praktek-praktek seperti dumping.
Namun, sebagaimana kita utarakan sebelumnya dalam bab
ini, tidak seluruh gejala skala terjadi pada tingkat perusahaan individual.
Karena berbagai alasan, tidak jarang terjadi pemusatan produksi suatu industri
yang hanya satu atau beberapa lokasi menurunkan biaya yang ditanggung industri
yang bersangkutan, sekalipun jika perusahaan individual di industri tersebut
tetap kecil. Misalnya, suatu industri yang terkonsentrasi secara geografis bisa
memberikan pasar lokal lebih beragam jasa yang terspesialisasi yang mendukung
kegiatan industri tersebut, atau untuk pasar yang lebih besar dan lebih
fleksibel di jenis-jenis pekerja yang terspesialisasi. Keuntungan dari adanya
konsentrasi dari perusahaan-perusahaan berperan nyata dalam menentukan lokasi
dari berbagai aktivitas ekonomi di Amerika Serikat. Di antara contoh yang telah
dikenal baik ialah kosentrasi pembuat semikonduktor di “Silicon Valley”
California, konsentrasi perusahaan-perusahaan komputer sejenis di sekitar Route
128 di Massachussets, dan – lebih besar dari yang manapun – konsentrasi
perusahaan-perusahaan keuangan dan perbankan di New York. Bisa jadi bahwa
faktor-faktor yang sama menjelaskan keunggulan nasional yang kokoh di
industri-industri yang tidak memiliki keunggulan nyata dalam sumberdaya –
misalnya, Swiss sebagai pengekspor jam.
Ekonomi Eksternal dan Pola Perdagangan
Jika terdapat skala ekonomis eksternal, suatu negara yang
memiliki produksi besar disuatu industri akan cenderung, hal-hal lain tetap,
memiliki biaya yang rendah dalam memproduksi suatu barang. Ini menciptakan
dampak berantai yang nyata, karena suatu negara yang memproduksi suatu barang
dengan murah akan cenderung memproduksi barang tersebut dalam jumlah banyak.
Ekonomis eksternal yang kuat cenderung memperkuat pola perdagangan antar
industri yang berlalu, apapun sumber-sumber asalnya: negara-negara yang berawal
sebagai produsen besar di suatu industri, tidak peduli alasannya, cenderung
akan tetap sebagai produsen besar. Perusahaan-perusahaan itu bisa demikian
sekalipun negara lain tertentu secara potensial dapat menghasilkan barang
tersebut dengan lebih murah.
Misalkan skala ekonomis dalam memproduksi jam sepenuhnya
merupakan faktor eksternal bagi perusahaan, dan karena tidak ada skala ekonomis
pada tingkat perusahaan, industri jam di setiap negara terdiri dari banyak
perusahaan persaingan sempurna yang kecil-kecil. Karena itu persaingan
menyebabkan harga jam turun ke tingkat biaya rata-ratanya.
Perdagangan dan Kesejahteraan dengan Ekonomi Eksternal
Perdagangan berdasarkan ekonomi eksternal memiliki lebih
efek tidak pasti pada kesejahteraan nasional dibandingkan dengan perdagangan berdasarkan
keunggulan komparatif atau perdagangan berdasarkan skala ekonomi di tingkat
perusahaan. Mungkin ada keuntungan bagi perekonomian dunia dari pemusatan
produksi dalam industri tertentu untuk mewujudkan ekonomi eksternal. Di sisi
lain, tidak ada jaminan bahwa negara yang tepat akan menghasilkan subjek yang
baik untuk ekonomi eksternal, dan mungkin bahwa usaha berdasarkan ekonomi
eksternal sebenarnya dapat meninggalkan negara lebih buruk dibandingkan karena
tidak adanya perdagangan.
Dinamis Meningkatkan Pengembalian
Beberapa ekonomi eksternal yang paling penting mungkin
timbul dari akumulasi pengetahuan. Ketika sebuah perusahaan individu
meningkatkan produk atau teknik produksi melalui pengalaman, perusahaan lain
yang cenderung meniru perusahaan dan medapat manfaat dari pengetahuan tersebut.
Ini kelebihan pengetahuan menimbulkan situasi di mana biaya produksi dari perusahaan
individual jatuh sebagai industri secara keseluruhan akumulasi pengalaman. Perhatikan
bahwa ekonomi eksternal yang timbul dari akumulasi pengetahuan agak berbeda
dari ekonomi eksternal dianggap sejauh ini, dimana biaya industri tergantung
pada arus keluaran. Dalam situasi biaya alternatif industri tergantung pada
pengalaman, biasanya diukur dengan output kumulatif industri sampai saat ini.
Komentar
Posting Komentar